Menkop Teten Libatkan Alumni Ikut Dampingi UMKM Lakukan Inovasi Produk

Sabtu, 13 Februari 2021 17:25 Reporter : Dwi Aditya Putra
Menkop Teten Libatkan Alumni Ikut Dampingi UMKM Lakukan Inovasi Produk Menkop dan UKM Teten Masduki. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Teten Masduki, mengajak seluruh alumni SMA Negeri 5 Bandung ikut mendampingi pelaku usaha UMKM di Tanah Air. Sebab, sektor ini menjadi salah satu yang terdampak akibat pandemi Covid-19.

"Kita Ikut mendampingi UMKM menghadapi situasi pandemi, penting dampingi UMKM adaptasi inovasi produk," kata Teten dalam acara ngorbol bareng alumni lima, Sabtu (13/2).

Dia mengatakan, saat ini pola konsumsi masyarakat sudah bergeser. Orang lebih senang belanja online ketimbang tatap muka atau secara langsung. Menurutnya peluang inilah yang harus didorong kepada pelaku UMKM untuk menuju digital.

"Ini perlu kita dorong digitalisasi UMKM kita, memang yang tumbuh adalah bisnis online. Saya kira ke depan bisnis digitalisasi akan tetap relevan," kata dia.

Dia memperkirakan, hingga tahun 2025 potensi ekonomi digital mencapai triliunan. Oleh sebab itu, jangan sampai ekonomi digital justru dikuasai oleh produk-produk asing.

"Bandung harus melahirkan ekonomi kreatif. Karakter produk jadi satu peluru yang dinanti. Upaya yang dilakukan alumni dampingi UMKM di tengah pandemi melakukan adaptasi dengan market baru dorong digitalisasi satu hal penting," jelas dia. [did]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini