Menko Darmin Ramal Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II-2019 Capai 5,1 Persen

Jumat, 2 Agustus 2019 17:59 Reporter : Anggun P. Situmorang
Menko Darmin Ramal Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II-2019 Capai 5,1 Persen Darmin Nasution. ©Humas Kemenko Perekonomian

Merdeka.com - Badan Pusat Statistik (BPS) akan mengumumkan capaian pertumbuhan ekonomi pada kuartal II-2019 pada Senin (5/8) mendatang. Dalam kesempatan itu, BPS juga akan memaparkan Indeks Tendensi Bisnis dan Indeks Tendensi Konsumen.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Darmin Nasution memprediksi capaian pertumbuhan ekonomi kuartal II sebesar 5,1 persen. "Saya kira sih, akan ada di sekitar 5,1 persen," ujarnya saat ditemui di Kantornya, Jakarta, Jumat (2/8).

Menko Darmin mengatakan, konsumsi dan investasi akan memberi sumbangsih besar terhadap pertumbuhan ekonomi. Apalagi ada beberapa momentum yang terjadi sepanjang kuartal II di antaranya pemilihan umum dan Ramadan.

"Karena yang pertama investasinya juga oke. Yang kedua konsumsi rumah tangga juga masih oke. Ekonomi kita motor pertamanya, kan memang konsumsi masyarakat, baru investasi, baru ekspor impor sebenarnya," jelasnya.

Meski demikian, ekonomi kuartal II diakui tidak tumbuh cukup besar karena adanya gejolak ekonomi global yang turut memberi dampak ke dalam negeri. "Memang ekonomi dunia juga melambat, perdagangan melambat, ekspor kita masih belum. Impornya malah turun beberapa bulan ini," jelasnya.

Diketahui, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia pada Kuartal I-2019 hanya sebesar 5,07 persen. Capaian ini naik tipis apabila dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang hanya sebesar 5,06 persen.

"Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada Kuartal 1 2019 tumbuh 5,07 persen, naik tipis dibanding periode sebelumnya," kata Kepala BPS, Suhariyanto di Kantornya.

Suhariyanto mengatakan apabila dibandingkan secara year on year memang pertumbuhan ekonomi Indonesia tumbuh. Meski tidak signifikan pertumbuhan ini dinilai cukup baik. [idr]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini