Mengenal Djoko Susanto, Founder Alfamart yang Kekayaannya Naik Dua Kali Lipat

Sabtu, 10 Desember 2022 09:00 Reporter : Merdeka
Mengenal Djoko Susanto, Founder Alfamart yang Kekayaannya Naik Dua Kali Lipat Alfamart. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Nama Djoko Susanto mungkin tak asing bagi sebagian orang. Dia adalah founder Alfamart. Saat ini, nilai kekayaannya naik lebih dari dua kali lipat karena lonjakan pada penjualan franchise minimarket itu. Selain itu, kekayaannya juga naik karena perluasan jaringan lokasi toko.

Mengutip Forbes, dengan kekayaan senilai USD 4,1 miliar atau sekitar Rp63,9 triliun, Djoko Susanto kini menduduki 10 besar dalam daftar 50 orang terkaya di Indonesia.

Sumber Alfaria Trijaya, atau yang dikenal sebagai Alfamart menambahkan lebih dari 1.000 minimart tahun lalu sehingga jumlah total tokonya menjadi lebih dari 19.500.

Pada 2021 lalu, laba bersih Alfamart melonjak hampir 84 persen menjadi Rp 1,9 triliun, dan membukukan kenaikan lebih lanjut sebesar 46 persen dalam enam bulan pertama tahun ini.

Menurut Fitch Ratings, kembalinya aktivitas normal pasca pandemi telah ‘secara tidak proporsional’ menguntungkan operator minimart di Indonesia, yang bergegas membuka toko baru setelah Hero Supermarket Indonesia menutup jaringan hypermarketnya tahun lalu karena penjualan yang lesu.

Dikenal sebagai raksasa minimarket terbesar kedua di Indonesia, Sumber Alfaria Trijaya mengalokasikan hingga Rp3,5 triliun tahun ini untuk membuka 1.000 minimarket dan memperpanjang sewa toko yang ada.

Tak hanya itu, aplikasi belanja onlinenya Alfagift juga terus mengalami peningkatan pengguna, dengan lebih dari 10 juta unduhan pada pertengahan November 2022.

Perusahaan itu pada Juni 2022 membeli 2,2 persen saham di bank syariah online Bank Aladin seharga Ep 500 miliar, memungkinkan nasabah bank untuk melakukan setoran dan penarikan tunai di toko Alfamart.

2 dari 2 halaman

Siapa Djoko Susanto?

Djoko Susanto mendirikan Alfamart pada tahun 1989. Namun dia telah mundur dari manajemen perusahaannya satu dekade lalu.

Putrinya, yakni Feny Djoko Susanto telah mengambil kendali perusahaan induk sebagai presiden komisaris pada tahun 2014 dan anak bungsunya, Budiyanto Djoko Susanto, sebagai komisaris.

Sementara itu, putra sulung Djoko Susanto, yakni Hanto Djoko Susanto menjalankan cabang properti Alfaland sebagai presiden direktur dan CEO.

Alfaland Baru-baru ini bermitra dengan operator jalan tol Jasa Marga untuk membangun dan mengoperasikan hotel di 27 rest area yang dikelola oleh perusahaan milik negara tersebut.

Reporter: Natasha Khairunisa Amani

Sumber: Liputan6.com [idr]

Baca juga:
Ini 3 Orang Terkaya di Indonesia Berasal dari Dunia Teknologi
Daftar Terbaru 20 Orang Terkaya di Indonesia, Segini Nilai Hartanya
Fakta-Fakta Orang Terkaya dari Indonesia versi Forbes
Kisah Sukses Low Tuck Kwong Hingga Dinobatkan Jadi Orang Terkaya Nomor 3 di Indonesia

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini