Mei 2017, penjualan mobil di Indonesia melampaui Thailand

Jumat, 30 Juni 2017 15:30 Reporter : Moch Wahyudi
Mei 2017, penjualan mobil di Indonesia melampaui Thailand Ilustrasi mobil dijual. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Penjualan mobil anyar di Asia Tenggara tercatat sebesar 281,366 unit pada Mei 2017. Meningkat sebesar lima persen ketimbang periode sama tahun lalu. Namun, stagnan jika dibandingkan dengan penjualan pada April 2017.

Kendati demikian, grafik penjualan mobil yang melemah di Thailand menimbulkan kecemasan di kalangan produsen otomotif.

Seperti diberitakan Nikkei Asian Review, Jumat (30/6), Thailand mencatatkan penjualan sebanyak 66,422 mobil atau tumbuh hanya satu persen pada Mei. Padahal, pertumbuhan penjualan mobil di Negeri Gajah Putih sempat tercatat dua digit selama Januari hingga April.

Penurunan tajam terjadi pada penjualan truk. Apesnya, truk mendominasi sekitar separuh dari total perniagaan kendaraan roda empat di Thailand.

Di sisi lain, penjualan mobil penumpang hanya tumbuh 4 persen. Padahal, pada bulan sebelumnya, bisa tembus 23 persen.

Sementara Indonesia, notabene pasar otomotif terbesar di Asia Tenggara, dinilai stabil. Penjualan mobil tercatat menjadi sebesar 93,775 unit atau tumbuh 6 persen pada Mei.

Kestabilan tersebut didorong oleh penjualan mobil murah ramah lingkungan yang rata-rata sebesar 20 ribu unit per bulan.

Secara keseluruhan, penjualan mobil di Asia Tenggara naik sebesar 8 persen menjadi 1,365 juta unit sepanjang Januari-Mei 2017. Dengan demikian, untuk pertama kali dalam tiga tahun terakhir, penjualan mobil secara agregat di Asia Tenggara tembus di atas 1,3 juta unit.

Selain Indonesia dan Thailand, ada empat negara lain yang menjadi pasar otomotif utama di Asia Tenggara. Yakni, Filipina, Malaysia, Vietnam, dan Singapura. [yud]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini