Luhut: Bandara Kertajati akan jadi bandara terbaik ke-2 di RI

Kamis, 24 Mei 2018 12:03 Reporter : Merdeka
Luhut: Bandara Kertajati akan jadi bandara terbaik ke-2 di RI Luhut. ©2017 Merdeka.com/Yayu Agustini Rahayu

Merdeka.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengatakan Bandara Kertajati akan menjadi bandara terbaik kedua di Indonesia setelah Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Secara ultimate, dengan memiliki total lahan sekitar 3.000 hektare.

"Ini akan menjadi bandara terbaik ke-2 setelah Cengkareng. Karena di sini akan jadi aerocity dan juga menjadi hub," kata Luhut di Bandara Kertajati, Kamis (24/5).

Selain itu, akan terkoneksi dengan berbagai infrastruktur transportasi seperti Pelabuhan Patimban, Jalan Tol Cipali dan jalur kereta api. Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) pun telah siap melayani penerbangan pesawat dan melayani penumpang. Rencananya pada awal Juni akan ada penerbangan komersil.

Untuk tahap awal, memang bandara ini baru bisa melayani 5-6 juta penumpang per tahunnya. Namun potensi pasar yang bisa dilayani Bandara Kertajati ini sangatlah besar. Selain masyarakat Majalengka, bandara ini juga bisa melayani masyarakat Cirebon, Bandung, Karawang dan Purwakarta.

Tak hanya itu, selama ini masyarakat Jawa Barat harus ke Jakarta jika ingin melakukan penerbangan umroh ataupun haji. Nantinya, semua itu bisa dilayani di Bandara Kertajati. Saat ini, masyarakat Jawa Barat tercatat menjadi yang paling banyak peserta umroh dan haji.

"Kereta Capat Jakarta-Bandung link ke sini, kemudian diperpanjang ke Jogja, Solo dan Surabaya. Ini pengembangan lima sampai sepuluh tahun ke depan," paparnya.

Reporter: Ilyas Istianur Praditya

Sumber: Liputan6.com [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini