LRT Jabodebek Bakal Diuji Coba Juni 2019

Jumat, 15 Februari 2019 11:01 Reporter : Merdeka
LRT Jabodebek Bakal Diuji Coba Juni 2019 pembangunan jalur LRT di Tol Jagorawi. ©2016 Merdeka.com/Muhammad Luthfi Rahman

Merdeka.com - PT Adhi Karya Tbk menjadwalkan akan melakukan uji coba perdana LRT Jabodebek pada Juni 2019. Uji coba ini dilakukan seiring progres pembangunannya yang cukup baik.

Direktur Operasional II Adhi Karya, Pundjung Setya Brata mengatakan, uji coba perdana pada Juni ini akan dilakukan untuk lintas Cibubur-Cawang.

"Pada Juni kita akan uji coba kereta pertama yang dipesan dari INKA. Mungkin akan uji coba dari Cibubur ke Ciracas misalnya," ucap Pundjung di Hotel Grandhika, Jakarta, Jumat (15/2).

Sampai saat ini, konstruksi kereta api ringan Jabodebek baru mencapai 58 persen dan akan resmi dioperasikan pada April 2021. LRT Jabodebek akan testing dan commisioning pada Maret 2021 dan beroperasi penuh pada April 2021.

Hingga Februari 2019, pembangunan proyek yang menghubungkan Bogor-Depok-Jakarta dan Bekasi-Jakarta telah mencapai 58 persen. Progres pembangunan konstruksi LRT Jabodebek yang paling cepat adalah trase Cibubur-Cawang yang telah lebih dari 78 persen.

Sementara untuk seksi Bekasi Timur-Cawang, proyek konstruksi masih terkendala pembebasan lahan milik masyarakat. Tercatat, masih ada sekitar 12 hektare di Bekasi Timur yang disebut-sebut menjadi penghambat.

Meski belum rampung, empat rangkaian kereta LRT sudah terparkir di belakang Cibubur, dua kereta di Dukuh Atas, empat kereta di Cawang, dan sisanya diparkir di Depo PT Kereta Api Indonesia (Persero). Totalnya ada 31 rangkaian kereta yang masing-masing terdiri dari enam gerbong.

Reporter: Ilyas Istianur Praditya

Sumber: Liputan6.com [idr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini