Lion Air Beli Boeing 737 Max 8 Karena Dijanjikan Lebih Irit Bahan Bakar

Selasa, 12 Maret 2019 19:26 Reporter : Harwanto Bimo Pratomo
Lion Air Beli Boeing 737 Max 8 Karena Dijanjikan Lebih Irit Bahan Bakar Boeing milik Lion Air. ©2016 Merdeka.com/iqbal s nugroho

Merdeka.com - Lion Air Group mengungkapkan alasannya memilih Boeing 737 Max 8. Lion Air mengaku memilih Boeing jenis Max karena dijanjikan penghematan konsumsi bahan bakar yang cukup signifikan.

Managing Director Lion Air Group, Daniel Putut, menyatakan penghematan yang dijanjikan pihak Boeing untuk seri Max mencapai 11 persen. "Mereka janjikan 11 persen efisiensi dari bahan bakar," ujarnya seperti dikutip dari Antara dalam Indonesia Aviation Training & Education Conference (IATEC) 2019 di Jakarta, Selasa (12/3).

Dia menyebutkan paling banyak Boeing 737 Max 8 adalah untuk penerbangan ke China dan Umrah. Untuk penerbangan umrah, Lion Air akan diganti dengan pesawat Airbus. "Untuk ke Timur Tengah digantikan dengan pesawat 'wide body'," katanya.

Dia mengaku penundaan pengoperasian serta kedatangan pesawat tersebut tidak mengganggu operasional Lion Air karena sedang musim sepi.

Sebelumnya, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan mengambil langkah untuk melakukan inspeksi larang terbang sementara pesawat terbang Boeing 737 MAX 8 di Indonesia. Langkah tersebut diambil terkait jatuhnya Pesawat Ethiopian Airlines berjenis Boeing 737 Max 8.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Polana B. Pramesti mengatakan larangan dikeluarkan untuk memastikan bahwa pesawat Boeing yang beroperasi di Indonesia dalam kondisi laik terbang. Serta untuk menjamin keselamatan penerbangan di Indonesia.

[bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini