Lebih Banyak dari TKI, Diaspora Minta Pemerintah Bentuk Badan Pengelola Khusus

Sabtu, 10 Agustus 2019 15:00 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Lebih Banyak dari TKI, Diaspora Minta Pemerintah Bentuk Badan Pengelola Khusus Dino Patti Djalal. ©2014 merdeka.com/debby restu utomo

Merdeka.com - Chairman of the Board of Trustess IDN-Global, Dino Patti Djalal, menyampaikan sejumlah aspirasi dari diaspora Indonesia. Salah satunya usul agar pemerintah dapat membentuk Badan Nasional Diaspora.

"Aspirasi pertama, bentuk Badan Nasional Diaspora di Indonesia," kata dia, dalam Kongres Diaspora Indonesia ke-5 (CID-5), di Jakarta, Sabtu (10/8).

Badan ini dinilai penting, karena dapat menjadi koordinator diaspora Indonesia. Menurut dia, selama ini perhatian pemerintah masih terfokus pada TKI.

"TKI hanya sepertiga atau seperempat dari jumlah diaspora, yang non-TKI, yang profesional, yang dokter, yang guru, yang dosen, dan sebagainya. Siapa yang ngurus," ungkapnya.

Oleh kerena itu, dia pun mengharapkan pemerintah dapat menyiapkan sebuah wadah khusus untuk mengurus diaspora Indonesia.

"Usulan kita Badan Nasional TKI direvisi menjadi Badan Nasional TKI dan Diaspora Indonesia," tandasnya. [bim]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini