Kondisi Makro Membaik, RI jadi Negara Incaran Investor

Selasa, 20 Agustus 2019 14:42 Reporter : Merdeka
Kondisi Makro Membaik, RI jadi Negara Incaran Investor Peluncuran IDX30. ©2012 Merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Director & Chief Investment Officer, Fixed Income PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI), Ezra Nazula menyebut bahwa kondisi makro perekonomian domestik Indonesia saat ini tercatat membaik.

Hingga akhir Juli 2019, pasar saham dan obligasi Indonesia mencatatkan kinerja positif yaitu 3,16 persen dan 9,54 persen secara berurutan. Sementara nilai tukar Rupiah terhadap USD menguat 2,56 persen pada periode yang sama.

"Selain itu, membaiknya peringkat utang Indonesia dalam 2 tahun terakhir mendorong perbaikan premi risiko yang tercermin pada penurunan credit default swap (CDS). Sementara itu, stabilitas Rupiah menjadi kunci penting untuk meningkatkan sentimen investasi dan kepercayaan investor," tuturnya di Jakarta, Selasa (20/8).

Di sisi lain, berkurangnya tensi gejolak politik dan harapan akselerasi policy reform mendorong penguatan pasar saham Indonesia.

"Pasar saham berpotensi mengalami penguatan lebih lanjut dengan dukungan beberapa katalis. Itu seperti pemangkasan lanjutan suku bunga BI, stabilitas politik, dan kabinet pemerintahan baru yang solid terutama di bidang ekonomi," ujarnya.

Ezra mengungkapkan, daya tarik pasar saham dan obligasi Indonesia kini tercatat semakin meningkat. "Kenaikan peringkat utang Indonesia yang konsisten dalam 2 tahun terakhir membuat Indonesia menjadi destinasi investasi yang menarik, khususnya bagi pasar obligasi," pungkasnya.

Reporter: Bawono Yadika

Sumber: Liputan6.com [idr]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini