KKP rogoh Rp 764 M bangun 1.068 kapal bantuan untuk nelayan

Selasa, 18 April 2017 17:34 Reporter : Anggun P. Situmorang
kapal nelayan. ©2012 Merdeka.com/aris andrianto

Merdeka.com - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berkomitmen akan membangun kapal bantuan nelayan sebanyak 1.068 unit tahun ini. Di mana, pada tahun sebelumnya, KKP telah membangun kapal bantuan sebanyak 1.719 unit.

Pengadaan kapal bantuan tahun ini menelan dana sebesar Rp 764,28 miliar. Dana tersebut nantinya akan digunakan untuk pembangunan 1.068 kapal, pembangunan 20 lokasi bengkel mesin, penyediaan 2.990 unit alat penangkapan ikan (API) dan pengurusan 400 sertifikat kapal.

Direktur Jenderal Perikanan Tangkap Sjarief Widjaja mengatakan program pembagian kapal kepada nelayan merupakan salah satu cara signifikan dalam membantu nelayan meningkatkan pendapatan. Selain itu, program pembagian kapal bantuan diklaim dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta mengoptimalkan sumber daya perikanan tangkap.

"Potensi perikanan lndonesia meningkat, sejak diberlakukannya moratorium kapal asing. Pemberantasan IUU fishing yang masif serta pelarangan alat penangkapan ikan yang merusak lingkungan. Hal ini juga berkontribusi meningkatkan hasil tangkapan nelayan," ujar Sjarief di Gedung Mina Bahari II, Jakarta, Selasa (18/4).

Adapun, rincian kapal yang akan dibangun adalah kapal berukuran di bawah 5 GT sebanyak 449 unit, kapal 5 GT 498 unit, kapal berbobot 10 GT 92 unit dan kapal dengan berat 20 GT sebanyak 3 unit. Kemudian 20 unit kapal ukuran 30 GT dan 3 unit kapal penangkap berukuran 120 GT dari baja. Selain itu, akan dibangun pula kapal pengangkut berukuran 100 GT dari baja sejumlah 3 unit.

Sjarief menjelaskan jumlah bantuan kapal perikanan dengan ukuran di bawah 30 GT lebih banyak dibandingkan dengan ukuran 30 GT ke atas. Hal tersebut bertujuan untuk memberdayakan nelayan kecil agar mampu memanfaatkan sumber daya ikan yang berlimpah.

"Ikan tidak hanya ada di tengah laut, bahkan sudah ke pinggir karena dampak kebijakan KKP tentang keberlanjutan sumber daya ikan. Kita akan memberikan pelatihan kepada nelayan-nelayan kecil agar mampu mengoperarasikan kapal dan alat penangkapan ikan bantuan KKP," ungkapnya.

Kapal bantuan KKP nantinya akan dilengkapi dengan alat penangkapan ikan (API) sebanyak 2.990 paket. Bantuan alat penangkapan ikan itu terdiri dari gillnet dengan 59 spesifikasi, trammelnet 2 spesifikasi, rawai hanyut 3 spesifikasi, rawai dasar 3 spesifikasi, bubu 5 spesifikasi, pancing tonda 1 spesifikasi, pole and line 1 spesifikasi dan handline 15 spesifikasi.

"Tentu kita harapkan dengan dilengkapi API tangkapan nelayan akan maksimal. Disamping itu, untuk memudahkan dan memfasilitasi nelayan memperbaiki mesin dari kapalnya disiapkan pula bengkel di 20 Pelabuhan," pungkasnya.

[sau]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.