Kemenristekdikti Beri Penghargaan 5 Startup Inspiratif Karya Anak Bangsa

Rabu, 10 April 2019 14:05 Reporter : Yayu Agustini Rahayu
Kemenristekdikti Beri Penghargaan 5 Startup Inspiratif Karya Anak Bangsa Indonesia Startup Summit 2019. ©2019 Merdeka.com/Yayu Agustini Rahayu

Merdeka.com - Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi memberikan penghargaan kepada 5 startup terbaik. Kelima startup tersebut dinilai sebagai karya paling menginspirasi dari kalangan startup dalam payung PPBT (Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi) dengan 5 kategori.

Menristekdikti Mohamad Nasir menjelaskan dengan kemampuan inovasi teknologi, maka suatu bangsa dapat mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya yang dimiliki secara efektif dan efisien.

"Memberikan nilai tambah pada produk teknologi serta akhirnya memberikan kontribusi yang sayang signifikan terhadap perekonomian," kata dia dalam acara Indonesia Startup Summit 2019, di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Rabu (10/4).

Dia menyebutkan, inovasi dan teknologi akan menjadi faktor terpenting dalam peningkatan kualitas hidup suatu bangsa di masa depan. "Kami akan terus konsisten menjaga kualitas inovasi, teknologi dan komersialitas dari karya startup terbaik anak bangsa dalam program PBBT," imbuhnya.

Kelima startup tersebut di antaranya adalah kategori The Most Inspiring Startup yaitu Compac Motorcycle dengan nama foundernya adalah Suwanto. Kemudian kategori The Most Social Impact jatuh kepada startup Aruna Indonesia. Kategori The Most Breakthrough Startup yaitu Juragan Kapal dengan produknya Kapal Pelat Datar.

Lalu kategori The Most Growing Startup jatuh kepada motor Gesits yang merupakan kolaborasi Institut Teknologi Sepuluh November dengan Wijaya Karya Kontruksi selaku mitra industri. Terakhir, kategori The Most Competitive Innovation jatuh kepada Katalis Merah Putih dengan foundernya Prof. Dr Subagio. [azz]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini