Kapal Asing Terbukti Melanggar di Indonesia Akan Diberikan Ke Koperasi Nelayan

Jumat, 7 Desember 2018 13:04 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Kapal Asing Terbukti Melanggar di Indonesia Akan Diberikan Ke Koperasi Nelayan tni tangkap kapal asing di aceh. ©2016 merdeka.com/yan muhardiansyah

Merdeka.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan tengah menyiapkan mekanisme penindakan terhadap kapal asing yang melakukan ilegal fishing di Indonesia. Kapal yang terbukti bersalah akan diserahkan kepada pemerintah untuk ditindak.

"Itu tunggu pengadilan. Sekarang sedang kita (bahas). Jadi berapa kapal yang mau dibawa ke pengadilan kemudian pengadilan itu memutuskan, serahkan pada pemerintah," kata dia, di Kantornya, Jakarta, Kamis (6/12).

Pemerintah kemudian akan menentukan tindakan hukum yang diberikan kepada kapal bersangkutan. "Bisa macam-macam langkahnya. Bisa diberikan ke koperasi nelayan, bisa diberikan ke pendidikan, bisa juga dijadikan rumpon. Kalau sudah tidak dipakai dijadikan rumpon," kata dia.

Pembahasan mengenai hal tersebut masih terus berlanjut. Namun demikian, terdapat beberapa poin yang sudah disepakati, misalnya terkait definisi kapal asing dan kapal Indonesia.

"Jadi nanti kami rapat lagi. Rapat kemarin sudah kita pilahkan apa pengertian kapal asing. Jadi kapal asing yang kita beli dari manapun kalau sudah dimiliki orang Indonesia sudah resmi milik Indonesia, kriteria sudah ya sudah nggak ada nama kapal asing lagi, ya kapal orang Indonesia," jelasnya.

"Kalau kau bikin salah, ya kau ditindak sesuai peraturan undang-undang. Jadi jangan dibilang tidak boleh kapal asing beroperasi di sini. Ya kalau sudah milik kamu," tandasnya. [idr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini