Jokowi: WTP Bukan Tujuan Akhir, tapi Gunakan Uang Rakyat Sebaik-baiknya

Kamis, 23 Juni 2022 13:00 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Jokowi: WTP Bukan Tujuan Akhir, tapi Gunakan Uang Rakyat Sebaik-baiknya Presiden Jokowi. ©2022 Merdeka.com/Istimewa

Merdeka.com - Pemerintah pusat kembali meraih predikat wajar tanpa pengecualian atau WTP dari Badan Pengelola Keuangan (BPK) untuk Laporan hasil pemeriksaan atas laporan keuangan 2021.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut, WTP bukanlah tujuan akhir. Namun, tang paling utama ialah menggunakan uang rakyat sebaik mungkin.

"Predikat WTP bukanlah tujuan akhir, tujuannya adalah bagaimana kita mampu menggunakan uang rakyat sebaik-sebaiknya," kata Jokowi di Istana Bogor seperti dikutip lewat virtual, Kamis (23/6).

Jokowi menginstruksikan bawahannya untuk mampu mengelola uang rakyat secara transparan dan akuntabel. Sehingga masyarakat betul-betul merasakan manfaatnya.

"Saya ingin menegaskan lagi kepada para menteri kepala lembaga dan kepala daerah agar segera menindaklanjuti dan menyelesaikan semua rekomendasi pemeriksaan BPK," ucap Jokowi.

Eks Wali Kota Solo ini lalu mengucapkan terimakasih atas kerja sama BPK yang selalu memberi masukan dan dukungan dalam pengelolaan keuangan negara. "Kita bekerja bersama untuk mewujudkan pengelolaan keuangan negara yang akuntabel dan transparan yang semakin efektif dan terpercaya," tutup Jokowi.

2 dari 2 halaman

Tahun yang Berat

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersyukur, pemerintah pusat kembali mendapat predikat wajar tanpa pengecualian atau WTP dari Badan Pengelola Keuangan (BPK) untuk Laporan hasil pemeriksaan atas laporan keuangannya.

Menurut Jlokowi hal itu merupakan sebuah pencapaian yang baik di tahun yang berat.

"Alhamdulillah tahun 2021 bahwa BPK memberikan opini wajar tanpa pengecualian, ini merupakan pencapaian yang baik di tahun yang sangat berat di 2021 dan hasil laporan ini akan menjadi landasan untuk pemerintah untuk terus melakukan perbaikan," kata Jokowi di Istana Bogor seperti dikutip lewat daring, Kamis (23/6).

Jokowi menambahkan, pemerintah akan menindaklanjuti rekomendasi yang disampaikan BPK terkait semua kelemahan harus segera diperbaiki.

Menurut dia, terutama adalah sistem pengendalian interen dan ketidakpatuhan terhadap perundang-undangan yang berdampak terhadap kepada kewajaran penyajian Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) 2021.

Jokowi berharap, dengan perbaikan yang bisa segera dilakukan, ke depannya tata kelola keuangan negara bisa akan semakin baik lagi. Sebab predikat WTP bukanlah tujuan akhir bagi Jokowi.

"Predikat WTP bukanlah tujuan akhir, tujuannya adalah bagaimana kita mampu menggunakan uang rakyat sebaik-baiknya, mengelola dan memanfaatkan secara transparan dan akuntabel sehingga masyarakat betul-betul merasakan manfaatnya," kata dia. [idr]

Baca juga:
Dapat Opini WTP dari BPK, Jokowi: Pencapaian Baik di Tahun yang Berat
Berkaca Bandara Kulon Progo, Jokowi Yakin Pembangunan IKN Lancar
Jokowi: Kita Masih Dalam Situasi yang Penuh Ketidakpastian
Aksi Menteri Basuki Cairkan Suasana Minta Jokowi dan Puan Minum Kelapa Muda
Hadapi Krisis Pangan, Jokowi Minta Masyarakat Tanam Komoditas di Lahan Terlantar
Jokowi: Kalau Ada yang Ragu Ibu Kota Pindah atau Tidak, UU Sudah Disahkan
Jokowi: Kita Belum Sembuh dari Covid, 5 Hari Belakangan Kasus Naik Lagi

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini