Jokowi: Hati-Hati 90 Persen Startup Gagal Saat Merintis

Senin, 26 September 2022 10:57 Reporter : Sulaeman
Jokowi: Hati-Hati 90 Persen Startup Gagal Saat Merintis Startup. © bmccanada.ca

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan pelaku usaha bisnis rintisan atau startup untuk lebih berhati-hati dalam menjalankan bisnisnya. Jokowi mencatat, sebanyak 80-90 persen bisnis startup harus tumbang akibat tidak mampu melihat kebutuhan pasar.

"Hati-hati 80 persen sampai 90 persen startup gagal saat merintis. Karena sekali lagi tidak melihat kebutuhan pasar yang ada," kata Jokowi saat membuka acara BUMN startup day tahun 2022 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Kabupaten Tangerang, Senin (26/9).

Belajar dari kasus tersebut, Jokowi meminta pelaku usaha di bidang startup untuk lebih jeli dalam melihat potensi pasar. Hal ini demi menghindari terjadinya kebangkrutan. "Berangkatnya mestinya dari kebutuhan pasar yang ada itu apa," tekan Jokowi.

Jokowi menambahkan, penyebab utama kegagalan bisnis startup juga diakibatkan oleh minimnya modal. Ini disebabkan minimnya suntikan modal ventura (venture capital) yang diberikan investor kepada perusahaan rintisan (start-up) yang memiliki prospek pertumbuhan jangka panjang.

Oleh karena itu, Presiden Jokowi meminta Kementerian BUMN untuk lebih aktif dalam pemberian modal dalam rangka pengembangan bisnis startup lokal. Dengan ini, Jokowi meyakini manfaat ekonomi digital akan lebih dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat.

"Ini nanti fungsinya venture capital, fungsinya BUMN agar ekosistem besar yang ingin kita bangun ini bisa saling sambung. Sehingga semuanya terdampingi dengan baik dan bisa tidak gagal untuk masuk ke pasar-pasar, ke peluang-peluang yang ada di negara kita," tandasnya. [azz]

Baca juga:
Jokowi
Jokowi
Indonesia Bakal Krisis Talenta Digital?
Kenang Rudy Ramawy, Rudiantara: Dia Buka Jalan Berjejaring dengan Silicon Valley
Rudy Ramawy, Bos Multipolar Meninggal Dunia
Peran Digital Start-Up Masih Sangat Minim dalam Budidaya Perikanan
Mau Kerja di Startup, Ini yang Perlu Gen Z Perhatikan!

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini