Jembatan Holtekamp Siap Diresmikan Juli 2019

Senin, 1 April 2019 10:06 Reporter : Merdeka
Jembatan Holtekamp Siap Diresmikan Juli 2019 Menteri PUPR di Jembatan Holtekamp. ©2019 Liputan6.com

Merdeka.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan, proyek Jembatan Holtekamp di Kota Jayapura, Papua bisa selesai pengerjaannya dan diresmikan pada Juli 2019 mendatang. Dia mengatakan, proyek konstruksinya kini tinggal pengaspalan jalan akses jembatan menuju wilayah perbatasan Skouw sepanjang kira-kira 7 kilometer (Km).

"Ini sudah selesai, tinggal nanti ada jalan pendekat yang dari jembatan ini ke Skouw. Masih ada 7 Km lagi yang belum diaspal, kini sedang dalam pengerjaan. Sudah ada kontraknya, mungkin selesai bulan Juli," jelasnya saat mengunjungi Jembatan Holtekamp, Jayapura, seperti dikutip Senin (1/4).

Menurut data dari Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR, pengerjaan Jembatan Holtekamp tinggal menyisakan jalan akses sekitar 7 Km menuju Skouw dengan progres 74,49 persen. Adapun total pengerjaan jalan akses Jembatan Holtekamp sepanjang 9,95 Km memiliki nilai kontrak Rp 237 miliar dengan asal pendanaan dari anggaran Kementerian PUPR.

Proses konstruksi jembatan telah dimulai sejak 2015 lewat kolaborasi BUMN Karya. PT PAL Indonesia merakit dua box baja pelengkung bentang utama jembatan di Surabaya, untuk kemudian pengerjaan lapangan dilakukan tiga kontraktor, yakni PT PP (Persero), PT Hutama Karya (Persero) dan PT Nindya Karya (Persero).

Proyek ini total menghabiskan dana sekitar Rp 1,87 triliun, dengan sokongan dana khusus APBN dari Kementerian PUPR senilai Rp 1,3 triliun.

Menteri Basuki juga mengungkapkan terdapat sejumlah usul penamaan baru bagi Jembatan Holtekamp di Kota Jayapura, Papua. Ide nama baru ini disebutkannya selaras dengan titik lokasi dimana jembatan berada, yakni di Teluk Youteva.

"Ada usulan penamaan jembatan ini. Salah satunya adalah Jembatan Youteva, karena ini memang di daerah Teluk Youteva. Jadi sangat relevan sekali usulan nama itu," ungkap dia.

"Saya akan sampaikan kepada bapak Presiden (Jokowi) kalau ini namanya diusulkan sebagai Jembatan Youteva," tambah dia yang akan menemani Jokowi dalam kunjungannya ke Papua.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana
Sumber: Liputan6.com [bim]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini