Ini Perusahaan yang Bakal Tergabung di Holding BUMN Asuransi

Rabu, 15 Januari 2020 19:13 Reporter : Merdeka
Ini Perusahaan yang Bakal Tergabung di Holding BUMN Asuransi Direktur Utama Jasa Raharja, Budi Rahardjo S. ©Liputan6.com/ayulestari wpn

Merdeka.com - Direktur Utama Jasa Raharja Budi Rahardjo menyambangi Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk membahas holding BUMN asuransi dan penjaminan. Dia menjelaskan, nantinya holding asuransi ini akan beranggotakan 4 perusahaan.

"Kalau masalah holding memang sudah di kita dilibatkan untuk pembentukan holding perasuransian dan penjaminan dan sudah proses ke rencana antara kegiatan (RAK) antarlembaga dan sebagainya," ungkap Budi di Kementerian BUMN, Rabu (15/1).

Nantinya, holding ini akan diketuai oleh PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia sebagai induknya, sementara PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo), Perum Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo), PT Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo) dan Jasa Raharja akan menjadi anggota holding.

Meski demikian, Budi menyatakan pembentukan holding asuransi ini tidak ada kaitannya dengan penyelamatan Jiwasraya. "Tidak ada, cuma itu yang saya bilang," ujarnya.

1 dari 1 halaman

Holding BUMN Asuransi untuk Selamatkan Jiwasraya

asuransi untuk selamatkan jiwasraya

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, pembentukan holding asuransi menjadi salah satu cara untuk menyelamatkan Jiwasraya. Nantinya, uang nasabah akan dicicil melalui dana holding asuransi sebesar Rp1,5 triliun.

"Kan ada step nya, pembentukan holding itu nanti akan ada cashflow (arus kas) Rp1,5 triliun kita bisa cicil ke depan. Juga nanti ada aset saham yang mungkin bisa dilepas itu bisa," ujar Erick di Kantor Kemenlu, Jakarta, Kamis (9/1).

Pemerintah terus berupaya menyelesaikan kasus Asuransi Jiwasraya. Hal tersebut perlu dilakukan agar kepercayaan masyarakat terhadap investasi di Indonesia terjaga.

"Kita tahu pertumbuhan ekonomi tinggi. Tapi pengelolaan Good Corporate Governance (GCG) tidak ada. Gimana publik bisa percaya, gimana bursa bisa melemah. Kemarin bursa melemah karena orang tidak ada yang percaya, akhirnya invest lagi di tempat lain. Karena itu kita memastikan ini berjalan dengan baik," paparnya.

Reporter: Athika Rahma

Sumber: Liputan6.com [azz]

Baca juga:
Jiwasraya Bakal Mulai Cicil Pembayaran Polis di Kuartal II
Erick Thohir Angkat Suara Soal Holding BUMN Rumah Sakit
Strategi Erick Thohir Cicil Dana Nasabah Jiwasraya
Kebijakan Mengejutkan Erick Thohir Sepanjang 2019 Guna Benahi Perusahaan BUMN
Agus Tjahajana Jadi Komisaris Utama Holding Pertambangan Inalum
Penyelamatan Jiwasraya, Presiden Jokowi Resmikan Holding BUMN Asuransi Hari Ini

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini