Imbas One Way saat Mudik, Bus Antar Kota Telat Datang hingga Semalam

Selasa, 17 Mei 2022 17:43 Reporter : Merdeka
Imbas One Way saat Mudik, Bus Antar Kota Telat Datang hingga Semalam Arus Mudik Tol Cikampek. ©2019 Merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mencatat sejumlah permasalahan pada angkutan bus antar kota selama periode mudik Lebaran 2022. Utamanya soal keterlambatan dalam mengangkut pemudik ke tempat tujuan.

"Mundurnya pemberangkatan hingga 10 jam, bahkan sampai satu malam karena bus telat datang akibat tertahan penerapan one way di jalan tol," kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi, Selasa (17/5).

Budi menceritakan, pemudik yang berlawanan arah dengan penerapan one way harus keluar ke jalan non-tol. Sehingga mengalami waktu perjalanan yang jauh lebih lama akibat tertahan kemacetan.

"Di jalan non-tol minim rest area dan sedikit rumah makan yang bekerja sama dengan perusahaan bus untuk melayani penumpang bus yang harus keluar jalan tol akibat penerapan one way," paparnya.

2 dari 2 halaman

Upaya yang Dilakukan

Berbagai upaya telah dikerahkan Kementerian Perhubungan. Salah satunya, mencari bus pengganti dengan bus pariwisata.

"Namun kelas pelayanan berbeda, karena bus pariwisata rata-rata tidak ada fasilitas toiletnya. Sehingga dilakukan pengembalian uang tiket sesuai kelas pelayanan yang diperoleh," kata Budi.

Ke depan, Budi mengatakan, Kemenhub memberi usul agar moda transportasi umum seperti bus antar kota diprioritaskan saat melaju di masa mudik Lebaran tahun depan.

"Kami usul memberikan prioritas terhadap angkutan umum pada saat dilakukan rekayasa lalu lintas di jalan lajur khusus contra flow (lawan arah) untuk angkutan umum," tutur Budi.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com

[idr]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini