Ibu Kota Pindah ke Kalimantan, Harga Tanah di Jakarta Bakal Turun?

Senin, 26 Agustus 2019 18:09 Reporter : Merdeka
Ibu Kota Pindah ke Kalimantan, Harga Tanah di Jakarta Bakal Turun? pertumbuhan ekonomi. ©2019 Merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah resmi mengumumkan ibu kota negara akan dipindah dari Jakarta ke Penajam Paser Utara & Kukar, Kalimantan Timur. Dengan demikian, pusat pemerintahan akan pindah ke Kalimantan dan pusat bisnis masih akan tetap di Jakarta.

Namun demikian, berbagai pendapat mewarnai kebijakan pemerintah dalam memindahkan Ibu kota. Salah satu perdebatan yang muncul dari realisasi pemindahan Ibu kota ini ialah bagaimana nasib DKI Jakarta ke depannya.

Ekonom Centre of Reform on Economics (CORE), Piter Abdullah mengungkapkan, pindahnya status Ibu kota dari DKI Jakarta ke luar Jawa tak akan menghilangkan potensi Jakarta sendiri.

Menurutnya, Jakarta sebagai kota metropolitan akan tetap menjadi pusat bisnis dengan distribusi yang memadai baik bagi bisnis domestik hingga global.

"Dengan pindahnya status Ibu kota dari Jakarta ke luar Jawa saya yakin tidak akan membuat Jakarta kehilangan potensinya. Jakarta tetap akan menjadi pusat bisnis di Indonesia," ujarnya kepada Liputan6.com, Senin (26/8).

"Selain itu memang saya melihat banyak pihak yang khawatir kepindahan ibu kota ini membuat harga property di Jakarta akan jatuh. Justru dengan kepindahan ini saya perkirakan akan membuat Jakarta bisa lebih berkembang," kata dia.

Piter melanjutkan, pasca kepindahan Ibu kota baru nanti, Pemerintah bisa saja menetapkan Jakarta tetap sebagai daerah khusus dan bisa juga menggabungkan Jabodetabek sebagai provinsi baru.

Reporter: Tommy Kurnia

Sumber: Liputan6.com [idr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini