Hari Ini, Rupiah Menguat Sentuh Rp13.992 per USD

Kamis, 24 Oktober 2019 10:43 Reporter : Yayu Agustini Rahayu
Hari Ini, Rupiah Menguat Sentuh Rp13.992 per USD idr rupiah. shutterstock

Merdeka.com - Nilai tukar (kurs) Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) menguat di perdagangan hari ini, Kamis (24/10). Rupiah dibuka di level Rp14.010 per USD, atau menguat dibanding penutupan kemarin di 14.031 per USD.

Mengutip Bloomberg, Rupiah masih terus menguat hingga sentuh level Rp13.992 per USD. Meski demikian, Rupiah kembali melemah ke level Rp14.010, dan saat ini berada di Rp14.011 per USD.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 13.996 per USD. Menguat jika dibandingkan dengan patokan pada tanggal (23/10) yang ada di angka 14.051 per USD.

Kurs dolar AS sedikit berubah terhadap sekeranjang mata uang utama pada akhir perdagangan Rabu (Kamis pagi WIB), karena pelaku pasar mencerna perkembangan mengenai ketidakpastian Brexit.

Direktur Riset Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Berly Martawardaya, menegaskan pentingnya ketahanan energi terhadap stabilitas makro, salah satunya nilai tukar Rupiah. Sebagai contoh, dia menjelaskan, defisit neraca perdagangan akibat impor migas menyebabkan nilai tukar Rupiah terhadap Dolar AS menjadi tidak stabil.

Maka dari itu, pemerintah perlu memerhatikan kinerja sektor migas, misalnya dengan mendorong eksplorasi. "Dampak dari energi ini sangat besar tidak hanya produksi tapi stabilitas Rupiah karena sebagian besar defisitnya migas kita hanya setengah yang hanya bisa diproduksi dan impor kita beli dalam Dolar," kata dia, dalam diskusi, di Jakarta, Senin (21/10).

Dia menambahkan, saat ini tingkat konsumsi BBM terus meningkat sementara produksi dalam negeri menurun. Untuk memenuhi kebutuhan BBM, jalan yang ditempuh adalah dengan melakukan impor. [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini