Harga kambing untuk hewan kurban naik Rp 300.000 per ekor

Rabu, 25 Juli 2018 16:52 Reporter : Idris Rusadi Putra
Harga kambing untuk hewan kurban naik Rp 300.000 per ekor kambing. shutterstock

Merdeka.com - Harga kambing untuk hewan kurban di Kota Solo mulai mengalami kenaikan sekitar Rp 200.000 - Rp 300.000 per ekor seiring dengan meningkatnya permintaan dari masyarakat.

"Saat ini kambing pejantan yang siap untuk hewan kurban kalau yang berukuran kecil mulai dari Rp 1,4 juta. Kalau di hari normal harganya Rp 1,3 juta per ekor," kata salah satu pedagang kambing Irfan, di Pasar Semanggi Solo, Rabu.

Bahkan, sejak sebelum bulan Ramadan lalu harga kambing terus mengalami kenaikan. Menurut dia, jika dibandingkan dengan saat ini kenaikannya sekitar Rp 300.000 per ekor.

Dia mengatakan untuk kambing berukuran besar mencapai Rp 3,3 juta per ekor. Harga tersebut kemungkinan akan terus meningkat hingga mendekati jelang Hari Raya Idul Adha.

Jika melihat tahun lalu puncak permintaan akan terjadi pada H-3 hingga H+3 Lebaran Idul Adha. Oleh karena itu, saat ini dia belum menambah stok penjualan kambing. "Saat ini stok saya hanya sekitar 200 ekor. Nanti kalau mendekati Lebaran saya akan penuhi kapasitas kandang, maksimal 700 ekor," katanya seperti ditulis Antara.

Dia mengatakan pada tahun lalu khusus untuk kebutuhan Lebaran Idul Adha bisa menjual kambing hingga 800 ekor.

Pedagang lain, Muhalim mengatakan jika pada hari normal harga kambing di kisaran Rp 1,5 juta per ekor saat ini naik menjadi Rp 1,7 juta per ekor "Kalau saat ini kambing yang saya jual harganya paling tinggi Rp2,5 juta/ekor. Harga ini tergantung dari bobotnya," katanya.

Namun demikian, permintaan saat ini masih stabil, yaitu dalam satu hari terjual 1-2 ekor. Menurut dia, jelang Lebaran dalam satu hari penjualannya bisa sampai puluhan ekor.

Baca juga:
Persiapan Asian Games, Anies larang pemotongan hewan kurban dekat pacuan kuda Pulomas
Larangan berjualan hewan kurban di sekitar Equestrian Park
Baru rayakan Idul Adha, warga adat Bonokeling kumpul di Desa Pekuncen Banyumas
Warga adat Bonokeling rayakan Idul Adha 14 September
Menhub minta anak buah lembur layani arus balik libur Idul Adha
Saat Wali Kota Tangsel Airin mengipasi sate untuk makan anak yatim

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Idul Adha
  3. Harga Pangan
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini