Harga emas ANTAM, emas putih, dan emas 22 karat paling lengkap dan update

Jumat, 4 Mei 2018 17:00 Reporter : Indra Cahya
Harga emas ANTAM, emas putih, dan emas 22 karat paling lengkap dan update

Merdeka.com - Dari dulu hingga sekarang, emas adalah investasi yang menjanjikan. Persiapan masa depan dengan berinvestasi logam mulia banyak jadi pilihan karena banyak hal: mulai dari kualitasnya yang tak akan berubah, rendahnya risiko, hingga status glamor yang sudah menempel di benak masyarakat ketika mendengar kata emas.

Emas pun merupakan instrumen investasi yang punya ukuran beragam. Mulai dari 1 gram saja, hingga puluhan dan ratusan gram, bahkan kilogram. Tak bisa dipungkiri, emas masih jadi salah satu pilihan terbaik dalam berinvestasi dalam bentuk komoditi. Bahkan di era maraknya mata uang kripto seperti Bitcoin yang dianggap sebagai investasi Zaman Now, harga emas hari ini masih diburu dan tetap jadi komoditi investasi.

Berbagai metode dilakukan masyarakat terhadap investasi emas mereka, mulai dari menabung dalam bentuk emas hingga menjadikannya modal usaha. Namun, teknik klasik mengambil untung dari investasi emas tak pernah ditinggalkan, yakni mengamati harga emas hari ini, membeli emas tersebut di harga murah, lalu menjualnya kembali ketika harga meroket.

Emas sendiri merupakan logam mulia yang harganya cenderung naik terus di tiap tahunnya. Jarang terjadi fenomena di mana harga emas menurun secara signifikan. Hal ini wajar karena emas adalah sumber daya yang tak dapat diperbaharui, sehingga keberadaannya makin lama akan makin langka.

Nah, bagi Anda pengamat harga emas, pegiat investasi emas, atau pemula yang baru saja ingin memasuki dunia investasi, berikut akan kami jabarkan harga emas hari ini berdasarkan jenisnya.

Harga emas hari ini

Berdasarkan pengamatan Merdeka.com di berbagai website terpercaya, saat ini (4/5) harga emas berada di angka 655.000 per gram. Ini adalah harga emas hari ini dan setiap waktu akan selalu berganti. Untuk update harga emas setiap saat, Anda bisa dengan mudah mengamati harga emas lewat tautan ini.

Harga emas Antam

Salah satu harga emas yang jadi patokan adalah yang berasal dari unit bisnis pengolahan dan penjualan dari PT Aneka Tambang atau PT Antam. Atau secara mudah, hal ini sering dirujuk dengan sebutan harga emas antam.

PT ANTAM adalah produsen logam mulia terpercaya, di mana dulu PT Antam adalah milik Pemerintah melalui BUMN. Namun pada November 2017 silam, PT Antam berada di bawah PT Indonesia Asahan Alumunium atau Inalum milik Pemerintah, namun membuat PT Antam bukan lagi jadi BUMN.

Butik Emas Antam di Denpasar Gede Nadi Jaya©2015 Merdeka.com

Meski demikian, harga emas Antam tetap jadi rujukan bagi mereka yang ingin berinvestasi emas. Pasalnya, Antam adalah produsen emas paling kredibel di Tanah Air. Tak heran Harga emas Antam adalah yang paling dicari keberadaannya.

Untuk skala nasional biasanya harga emas Antam bisa kita pantau dari harga emas di sentra penjualan Pulogadung. Melansir laman Logam Mulia, harga emas antam saat ini (4/5) berada di angka 655.000 per gram. Angka per gram ini akan turun jika Anda membeli makin banyak gram emas.

Antam sendiri menjual emas dengan ukuran mulai dari 1 gram hingga 500 gram, tentu dengan harga emas yang berbeda-beda. Harga emas Antam bisa dicek di tautan resmi Logam Mulia ini.

Harga emas putih

Emas putih merupakan komoditi investasi yang juga menarik minat masyarakat. Digadang-gadang, emas putih merupakan campuran logam mulia yang lebih kuat ketimbang emas kuning, di mana hal ini membuat emas putih lebih mudah dibentuk. Harga emas putih sendiri merupakan alternatif lebih murah ketimbang platinum atau alumunium.

Salah satu kekurangan dari emas putih adalah kandungan nikel yang bisa membuat iritasi bagi mereka yang alergi. Selain itu, lapisan rhodium yang merupakan pembuat kilau di emas putih, cukup mudah pudar.

Nah mari kita bicara soal harga emas putih. Harga emas putih hari ini sendiri lazimnya lebih mahal dari harga emas kuning, dilihat dari sifat yang berbeda yang mempengaruhi bahan campurannya. Harga emas putih yang lebih tinggi dipengaruhi komposisi emas putih yang merupakan emas murni ditambah nikel. Saat ini, harga emas putih hari ini berada di angka 529.000 per gram.

Harga emas 22 karat

Emas 22 karat adalah emas yang tingkat kemurniannya tak setinggi emas seperti emas Antam. Prosentase kemurnian dari emas 22 karat biasanya adalah 91.6 persen, lalu dicampur logam lain seperti perak. Hal ini mempengaruhi nilai jual dan harga emas 22 karat, yang sudah pasti harga emas 22 karat sedikit lebih murah ketimbang emas Antam.

Harga emas 22 karat berada di angka 473.000 untuk harga jual. Sementara untuk harga beli 450.000.

Harga emas London

Emas London adalah emas batangan yang diproduksi oleh perusahaan luar negeri. Biasanya, pecahan umum dari logam emas ini adalah 1 kilogram. Cirinya, biasanya emas London memiliki cap atau logo dari perusahaan yang memproduksinya. Harga emas London berada di angka 544.466 per gram, atau dalam kurs Dollar AS, harganya 40,97 Dollar per gram. [idc]

Topik berita Terkait:
  1. Harga Emas
  2. Emas
  3. Antam
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini