Gandeng Swasta, Kemampuan RI Imunisasi Vaksin Covid-19 Capai 11 Juta Kali/Bulan

Senin, 30 November 2020 19:47 Reporter : Merdeka
Gandeng Swasta, Kemampuan RI Imunisasi Vaksin Covid-19 Capai 11 Juta Kali/Bulan Erick Thohir. ©2020 Merdeka.com/Ronald

Merdeka.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, kembali menegaskan bahwa pemerintah akan menggandeng pihak swasta dalam program vaksinasi Covid-19. Hal itu diutarakannya saat mengadakan rapat bersama Komisi VI DPR RI, Senin 30 November 2020.

Menteri Erick mengatakan, kerja sama pengadaan vaksin Covid-19 tersebut dilakukan agar tercipta inovasi dan transformasi. Sehingga itu bisa membangun ekosistem yang sehat antara perusahaan BUMN dan swasta.

Sebagai contoh, pemerintah dan perusahaan milik negara dalam proses vaksinasi mandiri per bulannya hanya bisa melakukan penyuntikan vaksin sekitar 2,3 juta kali.

"Angka 2,3 juta itu rumah sakit BUMN, klinik dan lain-lain. Tetapi footprint swasta dengan rumah sakit dan kliniknya bisa 11 juta," kata Menteri Erick Thohir, Senin (30/11).

Menurut dia, suka tidak suka kerja sama antara BUMN dan swasta ini harus disinergikan. Sebab tidak mungkin proses vaksinasi kepada masyarakat hanya menjadi tugas BUMN saja.

"Akhirnya yang rugi masyarakat. Kenapa? Kalau penugasnya 75 juta kita bisa memvaksin dengan footprint kita sebulan 2 juta, sampai kapan?," ungkap Menteri Erick.

"Tetapi kalau kita bersama swasta jadi 13 juta, Insya Allah kan vaksinansi sendiri bisa berjalan 8-9 bulan," dia menambahkan.

Baca Selanjutnya: Menristek: Vaksin Merah Putih Bisa...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini