Fokus Tekan Inflasi Pangan, Bos BI: Berdampak Langsung ke Kesejahteraan

Rabu, 10 Agustus 2022 10:32 Reporter : Sulaeman
Fokus Tekan Inflasi Pangan, Bos BI: Berdampak Langsung ke Kesejahteraan Gubernur BI, Perry Warjiyo. ©2020 Humas Bank Indonesia

Merdeka.com - Bank Indonesia (BI) terus mewaspadai tren lonjakan inflasi di Indonesia dalam beberapa waktu terakhir. Khususnya, inflasi pangan yang telah mencapai 10,47 persen hingga melewati semester I-2022.

Gubernur BI, Perry Warjiyo menyatakan, laju inflasi pangan tersebut harus segera diredam. Mengingat, berkaitan langsung dengan urusan perut rakyat.

"Ingat inflasi pangan itu adalah masalah perut, masalah rakyat, dan langsung ke kesejahteraan," kerasnya dalam Kick Off Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan melalui Youtube Bank Indonesia, Jakarta, (10/8).

Perry melanjutkan, dampak kenaikan inflasi pangan juga tak hanya erat dengan sektor ekonomi semata. Namun, dapat berdampak luas ke sektor sosial karena turunnya daya beli masyarakat.

"Inflasi pangan ini bukan masalah ekonomi saja, masalah sosial juga. Bagaimana nanti Oktober dan seterusnya, ada (tahun) politik" bebernya.

2 dari 2 halaman

Perkuat Peran TPID

tpid rev1

Maka dari itu, Perry mendorong penguatan kerjasama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) dalam upaya menekan laju inflasi pangan melalui operasi pasar dan kebijakan lainnya.

TPID merupakan wadah koordinasi dengan beranggotakan berbagai instansi pemerintah daerah, Badan Pusat Statistik (BPS), ketua pasar, serta perbankan.

"Jadi, mohon inflasi ini seperti layaknya kita ingin terus menegakkan kemerdekaan. Kita harus turunkan (inflasi pangan) paling tinggi 6 persen. Kalau bisa 5 persen," tutupnya.

[bim]

Baca juga:
BI: Pertumbuhan Kuartal II Sangat Tinggi Tapi Ekonomi Belum Pulih Benar
Sidak Harga Cabai Tinggi di Purwokerto, Ganjar Gerak Cepat Lakukan Evaluasi
Perhatikan Hal Ini Sebelum Masuk Masa Pensiun di Tengah Lonjakan Inflasi
Pemerintah Dinilai Tepat Beri Subsidi Pertalite dkk
Wamenkeu Ingatkan APBN Tak Bisa Lama jadi Penahan Kenaikan Inflasi
Inflasi RI 4,9 Persen per Juli, Wamenkeu: Harga Pangan Pendorong Utama
Wamendag Soal Ekonomi Tumbuh 5,44 Persen: Terlihat Perdagangan Rakyat Terus Meningkat

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini