Dibanding negara jiran, rasio kepemilikan mobil di Indonesia rendah

Sabtu, 3 Juni 2017 10:06 Reporter : Moch Wahyudi
Dibanding negara jiran, rasio kepemilikan mobil di Indonesia rendah Penjualan mobil. ©2015 merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Penjualan mobil di Tanah Air dinilai stagnan dalam tiga tahun terakhir. Kisarannya, satu juta mobil per tahun.

Demikian diungkap Juru Bicara PT Astra International (Tbk) Yulian Warman di Bogor, seperti dikabarkan Antara, Sabtu (3/6).

"Pasar mobil di Indonesia menunjukkan angka sekitar 1 juta per tahun, setiap merk apapun di Indonesia rata-rata segitu," katanya.

Sedangkan ekspor berkisar 200 ribu sampai 600 ribu mobil per tahun. Ini menunjukkan rasio kepemilikan mobil di Indonesia masih lebih rendah ketimbang negara tetangga, semisal Malaysia dan Thailand.

Sebagai perbandingan, pada 2014-2015, setiap seribu orang di Indonesia yang memiliki mobil hanya 45 orang. Sedangkan di Malaysia sudah 165 orang, dan Thailand sudah 300-an orang.

"Pada negara maju lainnya bisa 600-an, seperti Jepang hampir 1 juta, satu orang satu mobil."

Kepala Cabang Auto 2000 Bogor Jono Suhendi menambahkan, pertumbuhan penjualan mobil berbanding lurus dengan peningkatan kemampuan ekonomi masyarakat.

Di Kota Bogor, katanya, penjualan mobil tumbuh sekitar 600 unit per tahun. Sementara, di Kabupaten Bogor mencapai 1.500 mobil per tahun. [yud]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini