Di Istana Negara, Menko Airlangga Sentil Pengusaha yang Tak Nurut Pemerintah

Jumat, 2 Desember 2022 13:48 Reporter : Anisyah Al Faqir
Di Istana Negara, Menko Airlangga Sentil Pengusaha yang Tak Nurut Pemerintah Menko Airlangga. istimewa ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - CEO Forum 2022 di Istana Negara pagi ini dibuka dengan penampilan orkestra yang dipimpin Adi MS. Bengawan Solo menjadi salah satu lagu yang ditampilkan dalam forum yang mempertemukan para CEO dengan para menteri.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menyebut harmonisasi musik yang dimainkan dalam orkestra berjalan dengan rapi sehingga bisa dinikmati para tamu undangan.

Dia pun mengaku, ingin bisa mengelola ekonomi seperti Adi MS. Sayangnya, tidak semua pengusaha manut dengan kebijakan yang dikeluarkan pemerintah.

"Kalau kita kelola ekonomi maunya kita kaya konduktor Adi MS, semua nurut. Tapi di ekonomi, CEO ini sering lakukan improvisasi sendiri-sendiri, jadi nadanya beda-beda," katanya sambil bergurau di acara Kompas 100 CEO Forum 2022 di Istana Negara, Jakarta, Jumat (2/12).

Airlangga melanjutkan, orkestrasi dalam ekonomi sebenarnya meliputi 3 hal, stabilitas fiskal, moneter dan sektor riil. Bila ketiganya berjalan dengan baik, maka bisa menghasilkan harmoni dan ekonomi bisa bertahan dalam kondisi apapun.

"Kalau itu harmoni, ekonomi kita ini akan bertahan," kata dia.

Hanya saja dia menyadari kondisi ekonomi global di depan masih suram. Masih dipenuhi berbagai badai yang siap menghantam. Meski begitu dia meyakini sektor otomotif percaya diri tetap bisa bergerak dan berjalan.

"Kalau otomotif ini lebih confident karena kalau gelap atau badai kita masih bisa tim ekonomi bisa (bikin) lebih terang. Kalau otomotif tinggal nyalain lampu kuning beres Pak," katanya.

Baca juga:
Pemda Diminta Wujudkan Data Mumpuni Dorong Daya Saing Ekonomi Daerah
Sri Mulyani Minta Milenial Tak Terlena Janji Manis Indonesia Maju 2045
Pelaku Usaha Diminta Waspada, Konsumsi Rumah Tangga Mulai Melemah
Strategi Ganjar Ciptakan Iklim Investasi Murah, Cepat dan Bebas Pungli di Jateng
Infrastruktur Makin Rata, Jokowi Optimis Banyak Sumber Ekonomi Baru di Luar Jawa

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini