Bos BI Bocorkan Kunci Kembangkan Ekonomi Syariah di Indonesia

Jumat, 23 Agustus 2019 19:52 Reporter : Dwi Aditya Putra
Bos BI Bocorkan Kunci Kembangkan Ekonomi Syariah di Indonesia Gubernur BI Perry Warjiyo. ©2019 Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo menyebut bahwa ekonomi syariah ke depan bisa menjadi arus baru dalam perkembangan ekonomi di Indonesia. Sebab, dengan jumlah populasi dan penduduk muslim terbanyak, perkembangan ekonomi syariah akan semakin besar.

"Saya menyampaikan sedikit ilmu, tadi kita sudah menyimak pak kyai potensi RI sangat besar, bahwa ekonomi syariah bisa menjadi arus baru perkembangan ekonomi ke depan," ujarnya di Jakarta, Jumat (23/8).

Perry membeberkan setidaknya ada beberapa kunci dalam mengembangkan ekonomi syariah sebagai potensi pertumbuhan ekonomi Indonesia. Salah satunya adalah komitmen dan kebijakan pemerintah yang mendukung.

Kemudian selanjutnya adalah melalui sinergi program antar institusi pemerintahan. Terakhir tak kalah penting yakni bagaimana melakukan sinergi dengan kelembagaan swasta lewat asosiasi.

"Tiga hal itu harus menjadi pesan utama dari muktamar ini dalam mendorong perkembangan ekonomi syariah," kata dia.

Sebelumnya, Wakil Presiden RI terpilih periode 2019-2024, Ma'ruf Amin mengatakan, ekonomi syariah sangat potensial menjadi variable penting terciptanya arus ekonomi di Indonesia. Hipotesis tersebut, setidaknya didasarkan atas beberapa hal seperti keniscayaan middle income group.

Berkaca pada data Bappenas, kata Ma'ruf, pertumbuhan masyarakat berpendapatan menengah di Indonesia akan mendominasi perekonomian sampai 2040. Di mana sebagian besar mereka adalah umat islam. Sehingga dapat dikatakan kelas menengah muslim mengalami peningkatan.

"Itu menunjukkan semakin besarnya kekuatan ekonomi islam di Indonesia. Saya optimis Indonesia akan menjadi pusat kebangkitan ekonomi islam," kata Ma'ruf yang juga sebagai Ketua Dewan Pimpinan Pusat IAEI. [idr]

Topik berita Terkait:
  1. Bank Indonesia
  2. Ekonomi Syariah
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini