Bos Bappenas Catat Angka Pengangguran Naik Hingga 50 Persen Akibat Covid-19

Selasa, 28 Juli 2020 13:55 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Bos Bappenas Catat Angka Pengangguran Naik Hingga 50 Persen Akibat Covid-19 Kepala Bappenas Suharso Monoarfa. ©2020 Merdeka.com/Sulaeman

Merdeka.com - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Suharso Monoarfa mencatat akibat pandemi Covid-19 buat angka pengangguran di Indonesia meningkat. Dia mengatakan kenaikan cukup meningkat hingga 50 persen.

"Angka pengangguran hari ini cukup lumayan kenaikannya sekitar 3,7 juta dalam hitungan Bappenas. 3,7 juta sebuah angka yAng relatif besar. Karena sekarang itu kita itu sekitar 7 jutaan. Jadi dengan 3,7 juta artinya karena pandemi ini ada kenaikan 50 persen dari yang ada," kata Suharso usai rapat terbatas bersama Presiden Jokowi terkait Rancangan Postur Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun 2021, Selasa (28/7).

Sebab itu nantinya pemerintah akan memulihkan sektor-sektor yang berimbas akibat Covid-19, yaitu dengan cara memberikan stimulus. "Ini yang akan kita pulihkan. Bagaimana pada tahun 2021 secara bertahap hal seperti ini kita bisa atasi," kata Suharso.

Tidak hanya itu, pihaknya juga nantinya akan membuat desain untuk menangani sektor-sektor yang terkena pandemi. Terutama sektor industri, pariwisata, hingga kesehatan.

"Maka desain program yang akan kita lakukan adalah terhadap pekerjaan-pekerjaan atau program-program atau kegiatan-kegiatan prioritas yang bisa memulihkan ekonomi," ungkap Suharso. [azz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini