Bagasi Berbayar, Bandingkan Berapa Biaya dari 5 Maskapai Nasional

Jumat, 18 Januari 2019 07:00 Reporter : Merdeka
Bagasi Berbayar, Bandingkan Berapa Biaya dari 5 Maskapai Nasional Petugas bagasi pesawat maskapai Jepang. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Moda transportasi udara sedang menjadi buah bibir masyarakat. Bagaimana tidak, usai harga tiket pesawat tinggi beberapa pekan lalu, saat ini maskapai nasional ramai-ramai menerapkan bagasi berbayar dari sebelumnya gratis.

Isu dimulai dari langkah Lion Air yang ingin menghapus bagasi gratis, kemudian diikuti oleh maskapai Citilink. Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mengkritik langkah tersebut karena dianggap trik menaikkan tiket dari maskapai Low-Cost Carrier (LCC).

Membahas bagasi, sebetulnya berapa harga kelebihan bagasi tiap maskapai? Berdasarkan informasi dari maskapai yang dirangkum Liputan6.com, berikut perbandingan kelebihan bagasi 5 maskapai.

Reporter: Tommy Kurnia

Sumber: Liputan6

1 dari 5 halaman

Sriwijaya Air

Sriwijaya Air. ©2014 merdeka.com/arie basuki

Sriwijaya Air memberikan bagasi gratis untuk kelas ekonomi seberat 20 kilogram untk booking tiket sebelum akhir Januari. Sesudanya bagasi gratis yang tersedia adalah 10 kilogram (Kg).

Misal, penumpang yang memiliki kelebihan hingga 20 Kg, maka yang harus dibayar hanya 10 Kg. Maksimal kelebihan bagasi adalah 64 Kg yang kemudian dibagi menjadi dua kali masing-masing 32 Kg, demikian penjelasan Call Center Sriwijaya Air ketika dihubungi Liputan6.com.

Sebagai gambaran, kelebihan bagasi dari Jakarta ke Makassar adalah Rp 45.000 per Kg. Lalu, Jakarta ke Manado via Ujungpandang dan Ternate, Rp 96.000 per Kg.

Sriwijaya Air juga responsif di akun Twitternya dalam menjawab kelebihan bagasi.

2 dari 5 halaman

Citilink

Citilink. ©2018 Merdeka.com

Maskapai Citilink secara detail menampilkan biaya bagasi per kg berdasarkan durasi penerbangan. Namun, ada perbedaan antara biaya melalui konter check in dan situs resmi perseroan

Misal, bagasi lebih untuk penerbangan kurang dari 59 menit seharga Rp 15.000 per Kg melalui konter, namun bila melakukannya lewat situs maka menjadi Rp 40.000 (5 Kg) dan Rp 80.000 (10 Kg).

Selengkapnya, klik di sini untuk membandingkan harga kelebihan bagasi di Citilink.

3 dari 5 halaman

AirAsia

AirAsia terima A320neo. Istimewa©2016 Merdeka.com

AirAsia memberikan kemudahan luar biasa bagi penumpang dalam membandingkan harga kelebihan bagasi.

Cukup klik di sini, dan bandingkan harga kelebihan bagasi sebelum dan setelah booking, lengkap dengan ketentuan alat olahraga. Tinggal masukan data bandara keberangkatan dan tujuan.

Misal, Jakarta ke Bali memberikan gratis bagasi untuk 15 Kg. Lalu menjadi Rp 88.000 pada berat 20 Kg dan seterusnya. Maksimal kelebihan adalah 40 Kg.

4 dari 5 halaman

Batik Air

Maskapai Batik Air. ©2018 Merdeka.com/Saud Rosadi

Saat Liputan6.com menghubungi bagian layanan penumpang Batik Air, dijelaskan bahwa maksimal kelebihan bagasi di Batik Air adalah 30 Kg. Sebagai gambaran, bagi rute Jakarta ke Manado mencapai Rp 300.000. Jakarta ke Surabaya mencapai Rp 480.000. Jakarta ke Bali Rp 570.000.

Penumpang bisa menghubungi kontak Batik Air untuk meminta informasi lebih lanjut.

5 dari 5 halaman

Lion Air

Lion Air. ©2016 Merdeka.com/iqbal s nugroho

Lion Air akan meniadakan bagasi gratis mereka. Sebelumnya sempat beredar harga bagasi Lion Air untuk penerbangan tiga jam.

Mulai 8 Januari, harga bagasi tambahan 5 Kg menjadi Rp 155.000, lalu tiap kelipatan 5 kilogram akan terus bertambah hingga mencapai Rp 930.000 di angka 30 Kg.

  [bim]

Baca juga:
Susul Citilink, Garuda Indonesia dan Sriwijaya Akan Pasang WiFi Gratis di Pesawat
Operasi Perdana WiFi Gratis di Pesawat, Citilink Beri Hadiah dan Kejutan
Pasang WiFi di 50 Pesawat Citilink Habiskan dana USD 40 Juta
Sriwijaya Air Pakai Cara Unik ini Kenalkan Asal Muasal Nama Maskapai
Angkut 345 Jemaah Umrah, Garuda Indonesia Solo - Madinah Resmi Mengudara
Citilink Jadi Maskapai Pertama di Asia Pasific Hadirkan WiFi Gratis di Penerbangan

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini