4 Kerugian ekonomi dampak dari Gunung Agung erupsi

Rabu, 6 Desember 2017 06:00 Reporter : Harwanto Bimo Pratomo
Panorama Gunung Agung. ©2017 Merdeka.com/Arie Basuki

Merdeka.com - Erupsi Gunung Agung di Bali telah berdampak cukup signifikan pada kehidupan masyarakat Tanah Air. Selain banyaknya jadwal penerbangan tertunda, penduduk Bali terdampak oleh rusaknya lahan pertanian dan menurunnya jumlah wisatawan.

Presiden Joko Widodo ( Jokowi) telah memerintahkan jajarannya untuk bekerja maksimal memberikan perlindungan bagi warga yang tinggal di sekitaran Gunung Agung. Presiden Jokowi meminta apabila hal tak diinginkan terjadi seperti letusan agar tak ada warga yang menjadi korban.

"Saya juga perintahkan ke kepala BNPB, kemudian TNI, Polri, Basarnas dan kementerian terkait untuk bekerja memberikan dukungan kepada pemerintah provinsi daerah yang ada di Bali dalam rangka penanganan pengungsi semua harus dibackup. Saya minta jangan sampai ada korban karena terkena letusan," kata Presiden Jokowi.

Kementerian Perhubungan juga diminta oleh Kepala Negara untuk mewaspadai penerbangan selama erupsi Gunung Agung. Dia juga meminta wisatawan yang hendak pulang namun terkendala karena bandara ditutup untuk dicarikan solusinya.

"Para wisatawan yang terdampak karena bandara ditutup agar ditangani dilayani sebaik-baiknya. Jangan sampai mereka tidak terurus pulang atau keluar dari Bali karena bandaranya tertutup. Saya minta Menhub, Menpar, Gubernur Bali dan Bupati di Bali menangani ini juga. Saya terus memonitor perkembangan yang ada di Bali," ujarnya.

Presiden Jokowi juga meminta warga sekitaran Gunung Agung untuk tak panik. Dia juga meminta warga menuruti untuk diimbau mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Atas fenomena bencana ini, merdeka.com merangkum setidaknya empat dampak merugikan bagi Bali dan Indonesia.

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.