29.945 Warga Terdampak Erupsi Gunung Semeru Sudah Dapat Akses Listrik

Senin, 5 Desember 2022 19:26 Reporter : Siti Ayu Rachma
29.945 Warga Terdampak Erupsi Gunung Semeru Sudah Dapat Akses Listrik Erupsi Gunung Semeru. ©2021 REUTERS/Willy Kurniawan

Merdeka.com - Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo mengatakan, sebanyak lebih dari 29 ribu pelanggan PLN di wilayah terdampak erupsi Gunung Semeru yang terjadi pada hari Minggu kemarin (4/12) saat ini kembali mendapatkan listrik.

Pihaknya telah berhasil memulihkan pasokan listrik sebanyak 116 gardu distribusi dari 121 gardu yang sebelumnya terdapat. Sehingga pasokan listrik ke 29.945 pelanggan di Kecamatan Pronojiwo, Rowokangkung, Candipuro dan Pasirian kembali menyala.

"Hingga malam kemarin, kami telah berhasil melakukan manuver jaringan Penyulang Pronojiwo sehingga pasokan listrik bisa terdistribusi ke wilayah yang memungkinkan dan sudah dinyatakan aman," ujar Darmawan dalam keterangn resmi, Senin (5/12).

Dia mengungkapkan untuk 5 gardu lainnya kondisi terakhir masih dipadamkan untuk alasan keselamatan, dikarenakan wilayah tersebut terdampak cukup parah sehingga masih menunggu situasi dan kondisi yang lebih kondusif. Saat ini, masyarakat wilayah tersebut seluruhnya telah dievakuasi di posko-posko pengungsian.

"Sudah 116 gardu yang telah berhasil dinormalkan, sebanyak 5 gardu masih dipadamkan karena berada pada wilayah yang terdampak cukup parah. Namun, masyarakat di lokasi tersebut sudah berada di tempat-tempat pengungsian dan mendapat layanan listrik PLN," terangnya.

Namun demikian, dia memastikan beberapa wilayah pengungsian yang tersebar baik di Candipuro maupun Pronojiwo jaringan listriknya dalam kondisi aman serta dapat digunakan untuk melayani masyarakat yang terdampak erupsi. [azz]

Baca juga:
Bupati Lumajang Minta Penghuni Ponpes di Zona Merah Gunung Semeru Dievakuasi
Viral Penghuni Ponpes di Lumajang Menolak Dievakuasi saat Gunung Semeru Erupsi
Video Relawan Evakuasi Warga Sekitar Gunung Semeru, Ada yang Menolak
BNPB Pastikan Erupsi Gunung Semeru Tak Sebabkan Tsunami
Upaya Warga Selamatkan Barang Berharga Usai Erupsi Dahsyat Semeru

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini