TNI AU Punya Sosok Captain Marvel Letda Ajeng Tresna, Penerbang Tempur Wanita Pertama

Senin, 18 Mei 2020 09:53 Reporter : Billy Adytya
TNI AU Punya Sosok Captain Marvel Letda Ajeng Tresna, Penerbang Tempur Wanita Pertama Letda Ajeng Penerbang Tempur Wanita Pertama TNI AU. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Pada Senin (18/5) hari ini, sebanyak 42 perwira TNIAngkatan Udara (AU) akan dilantik serta disematkan secara simbolis wing penerbang oleh Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Yuyu Sutisna. Dalam pelantikan itu, terdapat dua perwira wanita TNI AU.

Salah satunya adalah, Letda Ajeng Tresna yang menjadi penerbang tempur wanita pertama dalam sejarah TNI AU. Ingin tahu seperti apa sosok wanita cantik ini? Berikut ulasannya dari berbagai sumber.

2 dari 6 halaman

Dilantik pada Acara Wisuda Sekbang

Pelantikan dan penyematan secara simbolis oleh Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Yuyu Sutisna akan dilakukan pada 42 perwira pada hari Senin (18/5) hari ini.

letda ajeng penerbang tempur wanita pertama tni au
©2020 Merdeka.com

Prosesi tersebut akan berlangsung tepatnya dalam acara Wisuda Siswa Sekolah Penerbang (Sekbang) Angkatan ke-97 atau 'Wingday' di Auditorium IG. Dewanto, Mabesau, Cilangkap, Jakarta Timur.

Dalam 42 perwira yang akan dilantik, terdapat 2 perwira wanita TNI AU dan 2 perwira TNI AD. Salah satu dari dua perwira wanita itu ialah Letda Ajeng Tresna Dwi.

3 dari 6 halaman

Upacara Sederhana

Berlangsung secara sederhana, upacara yang dilakukan di dua tempat yakni di Mabesau dan Wisma Adisutjipto Yogyakarta ini tetap memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku terkait pandemi virus corona (covid-19).

Penyematan wing penerbang serta pemberian trofi pada lulusan terbaik dan salah seorang perwakilan siswa dari TNI AD oleh Kasau dilangsungkan di Mabesau.

Sedangkan wisudawan lain tetap mengikuti rangkaian upacara ini dari Wisma Adisutjipto Yogyakarta dengan menggunakan sambungan video call.

4 dari 6 halaman

Penerbang Tempur Wanita Pertama

Layaknya karakter superhero diceritakan pada seri 'The Avengers' yaitu 'Captain Marvel' sosok wanita yang merupakan pilot tempur handal ada di muka bumi, kini Indonesia memiliki sosok tersebut untuk pertama kalinya. Letda Pnb Ajeng Tresna Dwi Wijayanti, S.Tr.(Han) merupakan seorang penerbang tempur wanita atau fighter pertama dalam sejarah TNI AU.

letda ajeng penerbang tempur wanita pertama tni au
©2020 Merdeka.com

Wanita cantik itu diketahui akan mulai mengabdi di Skadron Udara 15 Wing Udara 3 Lanud Iswahjudi Magetan. Dalam pengabdiannya, pesawat tempur T50i Golden Eagle-lah yang akan dioperasikan oleh Letda Ajeng.

5 dari 6 halaman

Miliki Tekad Bulat

Ajeng memiliki tekad begitu bulat untuk menjadi seorang fighter lantaran para instrukturnya selalu memberikan dorongan melalui motivasi besar, setelah mengetahui kemampuan fisik, psikis serta bakat terbang yang dimilikinya. Hal itu tengah diungkapkan Ajeng saat melakukan wawancara jarak jauh bersama Kasubdispenum Dispenau dengan pada Minggu (17/5) sore kemarin.

"Saya hanya menjalani dengan serius dan menikmati semua tahapan latihan terbang hingga akhir. Para instruktur menyemangati saya agar bisa menjadi fighter dan sekarang hal tersebut terwujud," tegas Ajeng.

6 dari 6 halaman

Belum Pernah Menonton Film Captain Marvel

Sosoknya kini dapat diibaratkan mirip dengan salah satu karakter film superhero 'Captain Marvel' yang dibintangi oleh Brie Larson sebagai tokoh utamanya. Dalam filmnya dikisahkan Caron Denver (Brie Larson) merupakan seorang pilot tempur wanita Angkatan Udara dan berubah menjadi seorang superhero.

letda ajeng penerbang tempur wanita pertama tni au
©2020 Merdeka.com

Namun Ajeng mengungkapkan dirinya belum pernah menonton film tersebut kala ditanya. Akan tetapi, kini ia berhasil menjadi pionir bagi juniornya kelak dan membuktikan bahwa wanita mampu menjadi seorang penerbang tempur TNI AU.

[bil]
Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. TNI
  3. TNI AU
  4. Trending
  5. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini