Pengertian Resensi Sebagai Pandangan Terhadap Buku, Kenali Tujuan dan Strukturnya

Selasa, 1 September 2020 12:46 Reporter : Kurnia Azizah
Pengertian Resensi Sebagai Pandangan Terhadap Buku, Kenali Tujuan dan Strukturnya Ilustrasi buku. ©Shutterstock.com/Shai_Halud

Merdeka.com - Pengertian resensi menjadi tolak ukur penilaian terhadap buku, baik fiksi, sejarah, hingga non fiksi. Pandangan terhadap buku akan membuat orang lain menerima evaluasi kualitas yang bisa dipilih sesuai kesukaan pembaca.

Selain itu memahami pengertian resensi, terkadang menjadi perlu dilakukan oleh para pelajar saat menerima tugas menulis resensi buku. Semua ini akan membantu dalam menyusun penulisan saat menyampaikan pendapat yang tepat pada buku.

Berikut pengertian resensi sebagai pandangan terhadap buku, beserta mengenali tujuan dan strukturnya.

2 dari 9 halaman

Pengertian Resensi

realistik su blackwell

©2015 Merdeka.com/Su Blackwell


Melansir dari Libguides, pengertian resensi adalah deskripsi menyeluruh, analisis kritis, evaluasi kualitas, makna, dan signifikansi sebuah buku. Sering kali ditulis dalam kaitan dengan penelitian sebelumnya tentang topik tersebut.

Para profesor menetapkan resensi buku sebagai praktik menganalisis teks ilmiah yang kompleks, dengan cermat dan untuk menilai kemampuan.

Kemudian pengertian resensi yang dikutip dari Study, resensi adalah memberikan pendapat Anda tentang sebuah buku. Hal ini mencakup ringkasan singkat buku, informasi latar belakang tentang penulis dan topik, serta evaluasi konten. Selama menulis resensi, asumsikan bahwa audiens Anda belum membacanya, serta bahas topik dan ide buku dengan jelas.

3 dari 9 halaman

Pendekatan untuk Resensi

Mengutip dari Libguides, terdapat dua pendekatan yang perlu ditentukan sebelum memulai review atau resensi buku. Setelah mengenal pengertian resensi, berikut pendekatan resensi:

ilustrasi buku©2014 Merdeka.com/shutterstock/monticello

1. Descriptive Review

Resensi deskriptif menyajikan isi dan struktur buku seobyektif mungkin. Serta mendeskripsikan informasi penting tentang tujuan dan otoritas buku.

Selanjutnya menyatakan maksud dan tujuan penelitian atau resensi Anda. Sering kali memasukkan bagian-bagian yang dikutip dari teks yang menyorot elemen-elemen kunci dari karya tersebut.

4 dari 9 halaman

2. Critical Review

Pendekatan berikutnya, tinjauan kritis yang mendeskripsikan dan mengevaluasi buku dalam kaitannya dengan standar sastra dan sejarah. Serta membandingkan bukti dari teks, dalam banyak kasus, dan penelitian orang lain.

Sesuai dengan namanya critical review, Anda bisa mencakup pernyataan tentang apa yang penulis coba lakukan, mengevaluasi seberapa baik Anda yakin penulis telah berhasil memenuhi tujuan penelitian. Serta menyajikan bukti untuk mendukung penilaian Anda.

5 dari 9 halaman

Tujuan Resensi

ilustrasi buku©©2012 Shutterstock/Tischenko Irina


Melihat dari sudut pandang pengertian resensi, nampak beberapa tujuan penting yang hendak dicapai dari karya tertentu. Mengacu pada pengertian resensi, ada beberapa tujuan resensi secara umum dilansir dari Maxmanroe dan Salamadian, sebagai berikut:

  • Menyampaikan ulasan atau penilaian terhadap suatu karya, supaya bisa diketahui oleh khalayak.
  • Membantu pembaca atau penikmat karya untuk memahami gambaran, serta penilaian dari sebuah karya secara lebih ringkas dan mendalam.
  • Mengetahui kelebihan dan kekurangan yang ada pada karya yang diresensi.
  • Menguji kualitas sebuah karya dan membandingkannya dengan karya lainnya.
  • Membantu pembaca atau penikmat karya untuk mengenal latar belakang, maupun tujuan sebuah karya dibuat.
  • Memberi masukan atau rekomendasi pada sang pembuat karya berupa kritik serta saran.
  • Menarik pembaca untuk ikut andil mendiskusikan karya yang diulas atau diresensi.
  • Memberi informasi dan pemahaman secara komprehensif mengenai karya yang diresensi.
6 dari 9 halaman

Struktur Teks Resensi

Sebelum menulis resensi, alangkah baiknya memahami strukturnya. Karena tidak bisa sembarangan, terdapat penyusunan yang telah disesuaikan, yakni:

Identitas

Bagian pertama ini mencakup judul buku, nama pengarang, penerbit, tahun terbit, tebal halaman, dan dimensi buku. Bagian ini bisa saja tidak dinyatakan secara langsung, seperti saat Anda menyesuaikan dengan resensi identitas film dan lagu.

Orientasi

Bagian yang berfungsi sebagai pembuka. Berisi mengenai kelebihan suatu karya, seperti penghargaan yang pernah diterima dari karya tersebut.

Sinopsis

Struktur resensi yang ketiga, sinopsis berisi ringkasan yang menggambarkan pemahaman penulis terhadap keseluruhan isi sebuah karya.

Analisis

Bagian analisis menjelaskan mengenai keberadaan unsur-unsur cerita, seperti tema, penokohan, dan alur.

Evaluasi

Struktur terakhir mengenai evaluasi terhadap kelebihan dan kekurangan suatu karya yang diresensi.

7 dari 9 halaman

Tips Menulis Resensi

Melansir dari Libguides, terdapat beberapa hal yang bisa diterapkan untuk membuat resensi yang baik dengan mengikuti beberapa tips urutan berikut ini:

1. Memberikan Ringkasan Singkat

Mendeskripsikan tentang konten kepada pembaca. Termasuk topik penelitian dan ruang lingkup analisis, serta gambaran umum dari perspektif, argumen, dan tujuan buku secara keseluruhan.
Beberapa contoh kalimat, seperti "Buku ini menunjukkan ...," "Studi ini menunjukkan ...," atau "Penulis berpendapat ...,".

8 dari 9 halaman

2. Mengembangkan Strategi Penilaian

Tidak ada pendekatan metodologis yang pasti untuk menulis resensi buku dalam ilmu sosial. Meski begitu, Anda perlu berpikir kritis tentang masalah penelitian yang sedang diteliti sebelum mulai menulis.

Sehingga Anda dituntut untuk bisa mengembangkan argumen tentang nilai pekerjaan yang sedang dipertimbangkan dengan jelas. Serta mengartikulasikan argumen itu saat Anda menulis penilaian yang terorganisir dan didukung dengan baik. Bisa dengan membuat daftar pertanyaan yang harus dijawab saat Anda membaca buku.

9 dari 9 halaman

3. Mempertimbangkan Informasi tentang Penulis

Setelah membuat resensi terhadap keseluruhan isi karya atau buku, Anda bisa mempertimbangkan beberapa informasi tentang penulis dan penyajian informasi secara umum.

Pertanyaan perihal penulis: Siapa penulisnya? Kebangsaan, persuasi politik, pendidikan, minat intelektual, sejarah pribadi, dan konteks sejarah dapat memberikan detail penting tentang bagaimana sebuah karya terbentuk?.

Pertanyaan presentasi karya: Apa genre bukunya? Dari disiplin apa itu muncul? Apakah itu sesuai atau menyimpang dari konvensi genrenya?.

Beberapa contoh pertanyaan tersebut akan memberikan standar historis atau kontekstual lain yang menjadi dasar evaluasi Anda.

[kur]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini