Pengertian Kreativitas Menurut Para Ahli, Pahami Cara Melatih dan Mengembangkannya

Kamis, 18 Agustus 2022 12:29 Reporter : Kurnia Azizah
Pengertian Kreativitas Menurut Para Ahli, Pahami Cara Melatih dan Mengembangkannya kreativitas karya seni . ©REUTERS

Merdeka.com - Pengertian kreativitas adalah keterampilan membayangkan sesuatu yang baru, berbeda atau inovatif dan menciptakannya. Semua manusia itu kreatif. Jadi, kita dilahirkan dengan kekuatan kreativitas. Itu hanya perlu menemukan cara yang tepat untuk menggunakannya.

Beberapa orang memang kreatif sejak lahir seperti mungkin musisi. Tapi ada juga sejumlah orang yang dari waktu ke waktu meningkatkan keterampilan kreativitasnya, seperti contoh sosok Steve Jobs.

Pengertian kreativitas bisa sulit untuk didefinisikan. Bagaimanapun, seniman sepanjang sejarah tidak selalu mengerti dari mana ide-ide mereka berasal, sehingga sulit untuk mendefinisikan apa yang memungkinkan mereka mengeksekusi ide-ide mereka.

Seakan kian diperumit oleh tantangan untuk mengidentifikasi seperangkat kriteria yang masuk akal dalam semua kasus kreativitas, apakah itu artistik seperti musik, seni visual, tari atau non-artistik seperti sains, militer, bisnis, pribadi, kepemimpinan.

Namun selama beberapa dekade terakhir, semakin banyak peneliti pengertian kreativitas melakukan studi ilmiah tentang apa artinya menjadi kreatif.

Lantas, apa pengertian kreativitas itu? Simak ulasan informasi mengenai pengertian kreativitas menurut para ahli berikut ini, seperti dihimpun dari berbagai sumber, Kamis (18/8).

2 dari 7 halaman

Pengertian Kreativitas Secara Umum

kreativitas arsitek irak dalam kanvas
Kreativitas Arsitek Irak dalam Kanvas ©2021 REUTERS/Khalid al Mousily

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian kreativitas adalah kemampuan untuk mencipta. Pengertian kreativitas lainnya adalah daya cipta.

Bahkan menurut KBBI, pengertian kreativitas memiliki empat arti. Kreativitas adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda.

Kreativitas memiliki arti dalam kelas nomina atau kata benda, sehingga kreativitas dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan.

Melansir dari Idea to Value yang mengutip Jurnal Penelitian Kreativitas yang dipimpin oleh Dr Mark Runco, menetapkan parameter untuk definisi standar kreativitas. Mereka menentukan pengertian kreativitas dalam setiap kasus, apa pun yang dinilai, perlu menunjukkan dua kriteria: orisinalitas dan efektivitas.

Sedangkan dikutip dari Dictionay.com, pengertian kreativitas adalah kemampuan untuk melampaui ide-ide tradisional, aturan, pola, hubungan, atau sejenisnya, dan untuk menciptakan ide-ide baru yang bermakna, bentuk, metode, interpretasi, dan sebagainya; orisinalitas, kemajuan, atau imajinasi.

Pengertian kreativitas adalah tindakan, ide, atau produk apa pun yang mengubah domain yang ada, atau yang mengubah domain yang ada menjadi domain baru.

Oleh karena itu, pengertian kreativitas adalah kemampuan untuk melakukan hal yang berbeda atau melakukan hal yang sama secara berbeda. Dengan menggunakannya Anda dapat memecahkan banyak masalah dalam kehidupan sehari-hari dengan perspektif baru.

Itu dapat menciptakan cara baru, lebih mudah atau lebih baik untuk melakukan pekerjaan yang sama. Ini adalah keterampilan yang membuat Anda hebat.

Baca juga:
Kumpulan Link Twibbon Peringati Hari Konstitusi 18 Agustus, Lengkap Ucapan di Medsos

3 dari 7 halaman

Pengertian Kreativitas Menurut Para Ahli

kreativitas karya seni
kreativitas karya seni ©REUTERS

1. Albert Einstein

Kreativitas adalah kecerdasan untuk bersenang-senang.

2. Clarkl Monstakis

Pengertian kreativitas adalah pengalaman mengekspresikan dan mengaktualisasikan identitas individu dalam bentuk terpadu antara hubungan diri sendiri, alam, dan orang lain (Seorang ahli dalam buku yang ditulis oleh Munandar terbitan tahun 1995)

3. James J. Gallagher (1985)

“Creativity is a mental process by which an individual creates new ideas or products, or recombines existing ideas and product, in fashion that is novel to him or her.”

Pengertian kreativitas adalah suatu proses mental yang dilakukan individu berupa gagasan atau produk baru, atau mengombinasikan antara keduanya yang pada akhirnya akan melekat pada dirinya.

4. Chaplin (1989)

Pengertian kreativitas adalah kemampuan menghasilkan bentuk baru menggunakan metode-metode baru.

5. Widayatun

Pengertian kreativitas adalah kemampuan memecahkan masalah yang memberikan individu mampu menciptakan ide-ide asli atau adaptif fungsi kegunaannya secara penuh untuk berkembang.

6. Semiawan (1997)

Pengertian kreativitas adalah kemampuan untuk memberikan gagasan baru dan menerapkannya dalam pemecahan masalah.

7. James R. Evans

Pengertian kreativitas adalah keterampialn menentukan pertalian baru dengan melihat subjek perspektif baru dan membentuk kombinasi-kombinasi baru dari dua atau lebih konsep dalam pikiran.

8. Csikzentmihalyi (dalam Munandar, 1995)

Pengertian kreativitas adalah sebagai produk berkaitan dengan penemuan sesuatu, memproduksi sesuatu yang baru, daripada akumulasi keterampilan atau berlatih pengetahuan dan mempelajari buku.

9. Supriadi (1994)

Pengertian kreativitas adalah kemampuan seseorang melahirkan sesuatu yang baru, baik berupa gagasan maupun karya nyata yang relatif berbeda dengan apa yang telah ada.

10. Santrock

Pengertian kreativitas adalah kemampuan seseorang untuk memikirkan sesuatu dengan cara baru dan tidak biasa serta mendapatkan solusi-solusi yang unik.

11. Munandar

Pengertian kreativitas adalah kemampuan mengombinasikan. memecah masalah, dan cerminan dari kemampuan operasional anak kreatif.

4 dari 7 halaman

Pengertian Kreativitas Menurut Para Tokoh

kreativitas karya seni
kreativitas karya seni ©REUTERS

Berikut ini beberapa pengertian kreativitas menurut para tokoh dan ahli seperti dirangkum dari laman California State University, Northridge:

1. Robert E. Franken

Pengertian kreativitas adalah sebagai kecenderungan untuk menghasilkan atau mengenali ide, alternatif, atau kemungkinan yang mungkin berguna dalam memecahkan masalah, berkomunikasi dengan orang lain, dan menghibur diri sendiri dan orang lain (Human Motivation edisi tiga)

Menurutnya, tiga alasan mengapa orang termotivasi untuk menjadi kreatif:

- kebutuhan akan stimulasi yang baru, bervariasi, dan kompleks
- perlu mengkomunikasikan ide dan nilai
- kebutuhan untuk memecahkan masalah

Untuk menjadi kreatif, Anda harus dapat melihat sesuatu dengan cara baru atau dari perspektif yang berbeda. Antara lain, Anda harus mampu menghasilkan kemungkinan baru atau alternatif baru. Tes kreativitas tidak hanya mengukur jumlah alternatif yang dapat dihasilkan orang, tetapi juga keunikan alternatif tersebut.

2. Robert W. Weisberg

Pengertian kreativitas adalah merujuk pada kapasitas untuk menghasilkan karya. Semua yang mempelajari kreativitas setuju bahwa untuk sesuatu menjadi kreatif, tidak cukup hanya menjadi baru: itu harus memiliki nilai, atau sesuai dengan tuntutan kognitif situasi. (Creativity - Beyond the Myth of Genius).

Baca juga:
Kumpulan Link Twibbon Peringati Hari Konstitusi 18 Agustus, Lengkap Ucapan di Medsos

5 dari 7 halaman

Ciri-Ciri Kepribadian Kreatif

kreativitas karya seni
kreativitas karya seni ©REUTERS

Masih dari lansiran yang sama, berikut ini ciri orang yang kreatif menurut Mihaly Csikszentmihalyi, dalam Creativity - Flow and the Psychology of Discovery and Invention:

  • Orang yang mengekspresikan pikiran yang tidak biasa, yang menarik dan merangsang - singkatnya, orang yang tampak sangat cerdas.
  • Orang yang mengalami dunia dengan cara baru dan orisinal. Ini adalah individu-individu (kreatif secara pribadi) yang persepsinya segar, yang penilaiannya berwawasan luas, yang mungkin membuat penemuan-penemuan penting yang hanya diketahui oleh mereka.
  • Individu yang telah mengubah budaya kita dalam beberapa cara penting. Karena prestasi mereka menurut definisi publik, lebih mudah untuk menulis tentang mereka, misalnya, Leonardo Da Vinci, Edison, Picasso, Einstein.

Sedangkan ciri-ciri kepribadian kreatif sebagai berikut:

  • Individu yang kreatif memiliki banyak energi, tetapi mereka juga sering diam dan tenang.
  • Individu yang kreatif cenderung cerdas, namun juga naif pada saat yang sama.
  • Individu yang kreatif memiliki kombinasi antara main-main dan disiplin, atau tanggung jawab dan tidak bertanggung jawab.
  • Individu kreatif bergantian antara imajinasi dan fantasi semut di satu ujung, dan rasa realitas yang berakar di ujung lainnya.
  • Orang-orang kreatif tampaknya memiliki kecenderungan yang berlawanan pada kontinum antara ekstroversi dan introversi.
  • Individu yang kreatif juga luar biasa rendah hati dan sekaligus bangga.
  • Individu kreatif sampai batas tertentu lolos dari stereotip peran gender yang kaku dan memiliki kecenderungan ke arah androgini.
  • Umumnya, orang-orang kreatif dianggap pemberontak dan mandiri.
  • Kebanyakan orang kreatif sangat bersemangat tentang pekerjaan mereka, namun mereka juga bisa sangat objektif tentang hal itu.
  • Keterbukaan dan kepekaan individu-individu kreatif sering membuat mereka menderita rasa sakit namun juga banyak kenikmatan.
6 dari 7 halaman

Ciri-Ciri Kreativitas

kreativitas karya seni
Kreativitas karya ©REUTERS

Menurut Utami Munandar (2009:10) ciri-ciri kreativitas bisa dibedakan jadi dua, yakni ciri kognitif (aptitude) dan ciri non-kognitif (non-aptitude). Ciri kognitif (aptitude) sendiri terdiri dari orisinalitas, fleksibilitas, kelancaran dan elaboratif. Sedangkan ciri nonkognitif meliputi motivasi, kepribadian, dan sikap kreatif.

Sementara menurut Pedoman Diagnostik Potensi Peserta Didik (Depdiknas 2004:19) dalam Nurhayati (2011: 10), disebutkan bahwa ciri kreativitas adalah seperti berikut:

1. Menunjukan rasa ingin tahu yang luar biasa.

2. Menciptakan berbagai ragam dan jumlah gagasan guna memecahkan persoalan.

3. Sering mengajukan tanggapan yang unik dan pintar.

4. Berani mengambil risiko.

5. Suka mencoba.

6. Peka terhadap keindahan dan segi estetika dari lingkungan.

Selanjutnya jika menurut Conny R. Semiawan (2009:136) ciri-ciri kreativitas adalah:

1. Berani mengambil resiko.

2. Memainkan peran yang positif berfikir kreatif.

3. Merumuskan dan mendefinisikan masalah.

4. Tumbuh kembang mengatasi masalah.

5. Toleransi terhadap masalah ganda (ambigutiy).

6. Menghargai sesama dan lingkungan sekitar.

Baca juga:
Kumpulan Link Twibbon Peringati Hari Konstitusi 18 Agustus, Lengkap Ucapan di Medsos

7 dari 7 halaman

Cara Berpikir Kreatif dan Meningkatkan Kreativitas

kreativitas karya seni

kreativitas karya seni ©REUTERS

Kreativitas adalah tentang membuat hal-hal sulit menjadi sederhana tetapi mengembangkan pemikiran kreatif sedikit sulit. Sejatinya kita dilahirkan dengan kemampuan untuk menjadi kreatif.

Kreativitas adalah tentang berpikir di luar kotak dan mengambil risiko untuk menyelesaikannya. "Untuk menjalani kehidupan yang kreatif, kita harus menghilangkan rasa takut akan kesalahan" - Joseph Chilton Pearce.

Berikut ini beberapa cara berpikir kreatif dan meningkatkan kreativitas seperti dilansir dari Lapaas Understanding Creativity:

1. Pemetaan Pikiran

Tony Buzan menemukan teknik luar biasa untuk mengajarkan membuat mind mapping. Ini adalah alat untuk menangkap semua pikiran Anda di satu tempat. Kadang-kadang kita bisa berhenti mengambil napas tetapi sangat sulit untuk menghentikan pikiran kita.

Pemetaan pikiran membantu mengatur semua pemikiran dan memberikan arahan pada ide. Itu hanya dimulai dengan menuliskan ide Anda dan menghubungkan semua pemikiran yang terkait dengannya, dalam bentuk kata-kata dan gambar. Ini membantu Anda untuk membuka pikiran Anda.

2. Brainstorming

Cara berpikir kreatif dan meningkatkan kreativitas selanjutnya dengan brainstorming. Ini adalah teknik yang paling terkenal untuk menghasilkan ide-ide baru. Sebagian besar startup memulai dengan teknik luar biasa ini.

Brainstorming berarti mengambil satu masalah atau ide dan mendiskusikannya, dalam kelompok. Brainstorming membantu untuk mengeksplorasi semua ide Anda secara detail. Jadi, Anda mendapatkan solusi untuk masalah dan arah untuk sebuah ide.

3. Lakukan Aktivitas Otak

Kreativitas adalah tentang mendorong otak Anda bekerja. Otak membutuhkan banyak energi untuk berpikir kreatif. Penelitian mengatakan bahwa otak kanan kita dibuat untuk membuat hal-hal kreatif.

Langkah yang bisa Anda lakukan untuk menerapkan salah satu aktivitas otak, seperti:

  • Bernapaslah melalui sisi kiri hidung
  • Tonton, dengarkan konten positif.
  • Pelajari beberapa keterampilan baru.
  • Lakukan aktivitas yang memberikan tekanan pada otak Anda, misalnya, Memecahkan teka-teki, Hubungkan titik-titik.
  • Mencoba tertawa.

Itulah beberapa pengertian kreativitas menurut para ahli, lengkap dengan ciri-ciri dan cara mengembangkannya. Yakinlah bahwa kita semua kreatif dan bisa menciptakan kreativitas. Semua bergantung dari cara kita memandu otak dalam menyelesaikan sejumlah kasus dalam kehidupan.

Baca juga:
Kumpulan Link Twibbon Peringati Hari Konstitusi 18 Agustus, Lengkap Ucapan di Medsos

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini