PCR Test Adalah untuk Diagnosis Covid-19, Kenali Perbedaan, Keakuratan Swab & Rapid

Kamis, 4 Maret 2021 10:06 Reporter : Kurnia Azizah
PCR Test Adalah untuk Diagnosis Covid-19, Kenali Perbedaan, Keakuratan Swab & Rapid PCR Test. Liputan6/Faizal Fanani ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Saat ini, seluruh dunia masih berjibaku melawan wabah virus corona Covid-19. Meski sudah ada pengadaan vaksin, namun tak dapat dipungkiri kebiasaan 3M masih terus digalakkan. Sudah satu tahun Indonesia menghadapi pandemi ini.

Semenjak kemunculannya, masyarakat mulai mencari tahu informasi yang jelas. Sampai mulai mengenal adanya deretan istilah ilmiah, seperti PCR test, Swab dan Rapid. Sebagai tolak ukur pengujian seseorang, apakah telah terinfeksi atau tidak. Beberapa di antaranya memiliki masa kadaluwarsa dan harus dilakukan tes ulang.

Seperti diketahui, PCR test adalah singkatan dari polymerase chain reaction, atau tes reaksi berantai polimerase. Ini adalah tes diagnostik yang menentukan apakah Anda terinfeksi. Dengan menganalisis sampel untuk melihat apakah sampel tersebut mengandung materi genetik dari virus.

Para ahli mengatakan, pengujian diagnostik menjadi salah satu alat kesehatan masyarakat yang paling kuat, untuk mencegah penyebaran virus corona Covid-19. Tes tersebut mengidentifikasi orang-orang yang mungkin membutuhkan perawatan.

Tak sedikit masyarakat yang masih mempertanyakan keakuratannya. Berikut pengertian PCR test adalah untuk mendiagnosis Covid-19, beserta mengenali perbedaan dengan Swab dan Rapid.

Baca Selanjutnya: PCR Test Adalah...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini