Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Manfaat Retinol untuk Wajah yang Bisa Bikin Auto Glowing, Pahami Cara Pakainya

Manfaat Retinol untuk Wajah yang Bisa Bikin Auto Glowing, Pahami Cara Pakainya Serum retinol. © Somethinc

Merdeka.com - Manfaat retinol untuk wajah bisa dibilang cukup luar biasa. Sebab, retinol disebut-sebut sebagai skincare kunci untuk membuat wajah tampak lebih awet muda.

Retinol merupakan zat turunan dari vitamin A dan disebut efektif untuk memperlambat munculnya tanda penuaan dini. Kita bisa menemukan retinol pada berbagai merek produk perawatan wajah.

Retinol atau retinoid biasanya hadir dalam bentuk serum, toner, hingga pelembab. Produk-produk berbahan retinol ini umumnya mengandung bahan aktif asam retinoat dalam dosis rendah.

Lalu, apa saja manfaat retinol untuk kulit wajah? Simak ulasan selengkapnya dilansir dari laman Alodokter dan berbagai sumber, Kamis (30/6/2022):

Manfaat Retinol untuk Wajah

1. Buat Wajah Tampak Awet Muda

Retinol atau retinoid disebut-sebut mampu membantu memperlambat pross penuaan kulit karena mambu memelihara fungsi lapisan terluar kulit atau epidermis.

Selain menjaga lapisan epidermis sebagai pelindung tubuh, retinol juga bisa membuat kulit menjadi lebih terhidrasi dan mencegah penurunan produksi kolagen.

Dari beberapa manfaat itulah yang membuat retinol atau retinoid ini sangat bermanfaat untuk mencegah penuaan dan membuat kulit tampak lebih awet muda.

2. Perbaiki Tekstur Kulit

Manfaat retinol selanjutnya ialah mampu memperbaiki tekstur kulir. Retinol yang memiliki kandungan bahan aktif asam retinoat ini memiliki molekul kecil yang membuatnya mudah masuk ke bawah lapisan epidermis. Saat berada di lapisan tengah kulit, retinol akan memberikan efek pengelupasan, sehingga baik untuk proses regenerasi kulit. Dengan demikian, lapisan kulit baru yang teksturnya lebih lembut dapat terbentuk.

holy grail skincare begini cara penggunaan retinol untuk maksimalkan perawatan kulit

©Shutterstock

3. Tingkatkan Elastisitas Kulit Selain memperbaiki tekstur kulit, retinol juga bisa membantu meningkatkan elastisitas kulit. Hal ini dikarenakan penggunaan retinol dapat meningkatkan ketebalan epidermis. Selain itu, retinol juga bisa merangsang produksi kolagen yang bagus untuk kulit wajah. Kolagen sendiri bermanfaat untuk mencegah kulit kering serta meningkatkan elastisitas dan kekenyalan kulit.

4. Memudarkan Bintik Hitam

holy grail skincare begini cara penggunaan retinol untuk maksimalkan perawatan kulit

©Shutterstock

Munculnya bintik hitam di wajah pasti merupakan masalah yang sering dihadapi orang setiap orang. Munculnya bintik hitam di wajah tentu akan membuat kurang nyaman dan mengurangi rasa percaya diri. Bintik-Bintik hitam di wajah bisa muncul dan disebabkan oleh paparan sinar matahari. Retinol diketahui dapat memudarkan bintik hitam dan memperbaiki kerusakan kulit akibat efek buruk sinar matahari.Selain itu, manfaat retinol untuk kulit wajah juga dapat mengatasi melasma atau hiperpigmentasi kulit.5. Cegah Jerawat Manfaat retinol terakhir ialah mmampu mencegah munculnya jerawat. Retinol mengandung agen komedolitik yang dapat mencegah pembentukan komedo atau jerawat di kulit wajah. Selain itu, penggunaan retinol yang tepat juga dapat merawat kulit berjerawat maupun bekas jerawat agar tidak semakin parah.

Hati-Hati dengan Retinol

Meski memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit wajah, retinol tak lepas dari efek samping. Penggunaan retinol yang tidak benar juga bisa membuat kulit malah menjadi kering dan iritasi. Efek samping ini juga bisa terjadi jika retinol digunakan bersamaan dengan bahan lain yang tak seharusnya, seperti asam salisilat atau benzoyl peroxide. Efek samping penggunaan retinol bisa berupa kemerahan, peradangan, sensitif, hingga gatal.Sebenarnya, efek samping ini bersifat sementara dan akan membaik dalam beberapa minggu setelah Anda terbiasa menggunakan retinol. Namun, jika efek samping ini terjadi terus-menerus dan justru memperburuk kondisi kulit wajah, segera hentikan penggunaannya.

serum retinol

© Whitelab

Cara Tepat Menggunakan Retinol

Sebenarnya, efek samping dari penggunaan retinol bisa diredam bila dipakai dengan benar. Berikut ini adalah panduan untuk menggunakan skincare berbahan retinol:1. Pilihlah Produk dengan Konsentrasi Terendah DuluBagi pemilik kulit sensitif atau orang yang baru pertama kali menggunakan skincare dengan kandungan retinol, pilihlah produk dengan konsentrasi rendah. Yaitu 0,1%, agar kulit bisa beradaptasi terlebih dahulu.Gunakan sekitar 1 sampai 2 kali saja dalam seminggu. Jika setelah 2 minggu pemakaian tidak ada efek yang muncul, baru Anda meningkatkan pemakaian menjadi 3 sampai 4 kali seminggu.2. Oleskan Pelembap setelah Retinol DigunakanSetelah kulit dibersihkan dan dikeringkan, Anda bisa mengoleskan retinol secukupnya ke wajah, kecuali area sekitar mulut dan mata. Kemudian, jangan lupa untuk mengoleskan pelembap agar menghidrasi kulit. Penting untuk tidak melewatkan penggunaan pelembap karena retinol bisa membuat kulit menjadi kering.3. Retinol Digunakan pada Malam HariRetinol sangat dianjurkan untuk dipakai hanya pada malam hari. Sebab, retinol bisa menyebabkan kulit menjadi lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari. Jangan lupa untuk menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 setiap akan beraktivitas di bawah terik matahari keesokan hari sesudah memakai retinol. Hal ini penting dilakukan guna meminimalkan efek samping dari retinol.4. Hindari Pemakaian Retinol Bersamaan dengan Kandungan TertentuJangan gunakan skincare yang mengandung retinol bersamaan dengan skincare lain yang mengandung alpha-hydroxy acid (AHA) dan beta-hydroxy acid (BHA) pada komposisinya.Penggunaan bahan-bahan tersebut secara bersamaan justru bisa meningkatkan risiko terjadinya iritasi kulit. Untuk itu, penting untuk mengetahui dan memperlajari kandungan skincare yang dipakai.Selain memperhatikan cara pemakaian retinol, Anda juga harus tahu bahwa tidak semua orang bisa menggunakan retinol. Misalnya ibu hamil dan ibu menyusui. Keduanya dilarang untuk menggunakan retinol karena dikhawatirkan bisa membahayakan kesehatan bayi.Dengan menerapkan cara pemakaian retinol yang benar, risiko terjadinya iritasi dan masalah kulit lainnya pun bisa diminimalkan. Dengan begitu, hasil yang diperoleh pun akan lebih maksimal. Namun, jika Anda ragu bisa coba untuk mengonsultasikan dengan dokter terlebih dulu.

(mdk/khu)
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
10 Skincare dengan Kandungan Retinol Terbaik, Ini Rekomendasi Terbaru 2024
10 Skincare dengan Kandungan Retinol Terbaik, Ini Rekomendasi Terbaru 2024

Kandungan retinol memiiki peran aktif untuk perawatan wajah. Ikuti rekomendasi produk skincare berikut ini!

Baca Selengkapnya
Bukan Pakai Retinol, Coba Pakai Cara Ini Biar Wajah Lebih Sehat
Bukan Pakai Retinol, Coba Pakai Cara Ini Biar Wajah Lebih Sehat

Metode skin cycling ini bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan kulit dan mencegah iritasi dengan membatasi penggunaan bahan aktif.

Baca Selengkapnya
Perbedaan Retinoid dan Retinol, Awas Jangan Sampai Tertukar
Perbedaan Retinoid dan Retinol, Awas Jangan Sampai Tertukar

Banyak orang belum mengetahui perbedaan antara retinoid dan retinol. Yuk, simak perbedaan keduanya di sini!

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
5 Rekomendasi Produk Skincare dengan Retinol yang Cocok untuk Kulit Sensitif
5 Rekomendasi Produk Skincare dengan Retinol yang Cocok untuk Kulit Sensitif

Jangan langsung pakai retinol dengan konsentrasi tinggi jika kulit sensitif dan masih coba-coba.

Baca Selengkapnya
5 Tips Memilih Skincare yang Aman untuk Wajah Lebih Sehat dan Glowing
5 Tips Memilih Skincare yang Aman untuk Wajah Lebih Sehat dan Glowing

Banyaknya produk skincare yang beredar di pasaran, terkadang membuat kita bingung, produk seperti apa yang cocok dengan kulit kita, ini tips mudah memilihnya.

Baca Selengkapnya
Manfaat Pelembap Kulit Wajah yang Digunakan Secara Rutin, Bikin Penampilan Makin Glowing
Manfaat Pelembap Kulit Wajah yang Digunakan Secara Rutin, Bikin Penampilan Makin Glowing

Pelembap kulit wajah menjadi salah satu produk wajib yang penting untuk menciptakan wajah glowing alami.

Baca Selengkapnya
Manfaat Skincare untuk Usia 40 Tahun ke Atas, dan Tips Memilih skincare yang Sesuai
Manfaat Skincare untuk Usia 40 Tahun ke Atas, dan Tips Memilih skincare yang Sesuai

Skincare sangat penting untuk digunakan apalagi jika sudah memasuki usia 40 tahun keatas. Pakai skincare anti aging untuk mencegah munculnya tanda-tanda penuaan

Baca Selengkapnya
Penting, Ini yang Harus Diperhatikan saat Pakai Skincare di Usia 30 Tahunan
Penting, Ini yang Harus Diperhatikan saat Pakai Skincare di Usia 30 Tahunan

Skincare adalah kebutuhan, tidak peduli berapa usiamu. Namun, usia 30 tahun menjadi titik rawan karena kulit mulai kehilangan elastisitasnya.

Baca Selengkapnya
Apakah Perlu Memasukkan Skincare AHA dan BHA untuk Perawatan Kulit Harian?
Apakah Perlu Memasukkan Skincare AHA dan BHA untuk Perawatan Kulit Harian?

AHA dan BHA memiliki peran penting dalam perawatan karena berfungsi untuk eksfoliasi kulit. Yuk simak untuk menetahui lebih dalam!

Baca Selengkapnya