Manfaat Lidah Buaya Untuk Rambut Bayi, Merangsang Pertumbuhan Rambut

Selasa, 27 Juli 2021 09:05 Reporter : Khulafa Pinta Winastya
Manfaat Lidah Buaya Untuk Rambut Bayi, Merangsang Pertumbuhan Rambut Ilustrasi gel lidah buaya. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Sinisa Botas

Merdeka.com - Manfaat lidah buaya untuk rambut bayi ternyata cukup banyak. Selain bermanfaat untuk kesehatan kulit, kandungan vitamin dan mineral di dalamnya juga bisa bantu menyehatkan rambut termasuk pada bayi. Kandungan vitamin A,B,C dan E, serta antioksidan yang tinggi sangat baik untuk perawatan kulit dan rambut.

Tak heran, jika aloe vera atau lidah buaya banyak digunakan sebagai bahan dasar dalam pembuatan berbagai produk kecantikan. Mulai dari produk perawatan rambut, badan, sampai wajah. Untuk para orang tua, bisa mencoba memanfaatkan lidah buaya ini sebagai bahan alami untuk merawat rambut si kecil.

Selain untuk penampilan, rambut juga berfungsi untuk melindungi kulit kepala dari paparan sinar matahari. Inilah mengapa menjaga kesehatan rambut termasuk hal yang penting untuk dilakukan, terutama untuk bayi.

Lantas, apa sajakah manfaat lidah buaya untuk kesehatan rambut bayi? Simak ulasan selengkapnya dilansir dari laman klikdokter dan berbagai sumber, Selasa (27/7):

2 dari 4 halaman

1. Merangsang Pertumbuhan Rambut

Lidah buaya memang merupakan salah satu bahan alami yang banyak digemari karena manfaatnya yang beragam. Lalu, kandungan apa sebenarnya yang dimiliki lidah buaya? Lidah buaya sebagai bahan alami untuk perawatan rambut mengandung zat seperti:

Allantoin, sebagai anti-inflamasi (bagus bagi mereka yang memiliki kulit sensitif) dan bisa memperbaiki tekstur kulit. Jaringan yang rusak akan diperbaiki dan sel-sel baru akan dirangsang untuk diproduksi.

Anti-oksidan, termasuk di dalamnya beta karoten, vitamin C, dan vitamin E. Kandungan tersebut baik untuk regenerasi sel pada rambut.

Anti-mikroba dan anti-bakteri. Hal ini bisa membantu rambut tetap bersih dan terhindar dari bakteri yang bisa menyebabkan ketombe.

Saponin dan astringent, keduanya juga merupakan zat anti-bakteri yang juga bisa membantu menyerap kelebihan minyak di kulit kepala.

Lignin, zat yang mampu menembus hingga ke dalam sel kulit untuk menahan kadar air dan mencegah dehidrasi.

Dari beberapa kandungan yang ada di dalam lidah buaya, bahan alami ini bermanfaat untuk membantu merangsang pertumbuhan rambut si kecil. Vitamin dan mineral yang ada di dalam lidah buaya berperan penting dalam membantu pertumbuhan rambut.

Untuk menunjang pertumbuhan rambut yang panjang dan kuat, lidah buaya mengandung vitamin C yang dapat merangsang pertumbuhan rambut. Selain itu, tanaman ini juga kaya akan mineral berupa seng, besi, dan kalsium yang menunjang pertumbuhan rambut lebih cepat dan kuat.

2. Mencegah Kerontokan

ilustrasi lidah buaya
©Pixabay/mozo190

Salah satu penyebab kerontokan rambut adalah kurangnya nutrisi atau kulit kepala yang terlalu kering. Lidah buaya bisa membantu regenerasi sel dan menjaga kelembapan di kulit kepala.

Vitamin B12 dan asam folat juga terkandung dalam gel lidah buaya. Kedua komponen ini dapat berfungsi untuk mencegah kerontokan rambut.

3. Rangsang Produksi Keratin

Keratin merupakan protein rambut yang bertanggung jawab terhadap kesehatan dan pertumbuhan rambut. Pada lidah buaya terkandung 20 dari 22 asam amino esensial termasuk metionin dan lisin yang sangat efektif dalam produksi keratin.

3 dari 4 halaman

4. Mengembalikan Kilau Rambut

ilustrasi lidah buaya
©Pexels/Ave Calvar Martinez

Untuk bayi dan anak-anak, memiliki rambut yang sehat dan berkilau tentu menjadi dambaan para orang tua. Aktivitas di luar ruangan yang terlalu sering bisa membuat rambut menjadi kusam.

Para orang tua bisa memanfaatkan lidah buaya sebagai bahan alami untuk perawatan rambut anak. Sebab, kandungan anti-oksidan di dalamnya bisa membuat rambut terbebas dari radikal bebas sehingga membuat rambut kembali berkilau.

Selain itu, kombinasi vitamin C, A dan E yang terkandung dalam tanaman ini juga membantu pergantian sel dan mendorong pertumbuhan sel yang sehat. Caranya, bisa dengan mencampurkan gel lidah buaya dan putih telur. Kemudian oleskan di rambut anak dan diamkan selama 15 menit sebelum dibilas hingga bersih.

5. Menenangkan Kepala yang Gatal

Lidah buaya juga disebut ampuh untuk membantu menenangkan kepala yang gatal. Dilansir dari Klikdokter, disebutkan bahwa sebuah studi  yang dilakukan pada tahun 1998 menemukan bahwa lidah buaya dapat membantu mengobati peradangan di kepala yang menjadi penyebab ketombe. Hal ini terkait dengan kandungan asam folat yang berfungsi sebagai antiperadangan.

Kulit kepala yang gatal terutama pada si kecil juga tidak melulu disebabkan karena ketombe.  Hal ini biasanya disebabkan oleh perkembangan mikroba di kulit kepala yang kurang baik. Nah, selain anti-mikroba, lidah buaya juga memiliki fungsi anti-inflamasi yang bisa mengurangi rasa gatal dan iritasi di kulit kepala.

4 dari 4 halaman

6. Membersihkan Rambut Secara Efektif

Lidah buaya dapat membersihkan folikel rambut secara efisien dan melepaskan minyak berlebih ataupun sisa-sisa produk rambut lain yang digunakan. Tenang saja, lidah buaya tidak akan melukai helai rambut si Kecil dan berbeda dengan bahan kimia yang terdapat dalam produk rambut lainnya.

7. Mempertahankan PH Kulit Kepala

Melansir dari laman allthingshair, range kadar pH di kulit dikategorikan mulai dari 0-10. Jika kulit Anda berada di angka 1-2, maka kulit bersifat acidic, sedangkan di angka 9-10 kulit bersifat alkaline.

Saat keseimbangan pH di kulit kepala terganggu, permasalahan ini dapat menimbulkan masalah kulit kepala yang membuat tidak nyaman. Terlalu acidic bisa membuat kulit iritasi dan kemerahan, terlalu alkaline dapat membuat kulit mengelupas.

Untuk memiliki kadar ph kulit yang seimbang pada bayi, Anda bisa menjaganya dengan lidah buaya agar pH kulit kepala anak tetap berada pada angka 5,5.





[khu]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini