Kisah Mbah Bingah Pahlawan Lingkungan, Naik Turun Gunung Merbabu Gendong 40 Kg Sampah

Senin, 14 September 2020 11:04 Reporter : Khulafa Pinta Winastya
Kisah Mbah Bingah Pahlawan Lingkungan, Naik Turun Gunung Merbabu Gendong 40 Kg Sampah Kisah Mbah Bingah. Twitter/@kitabisacom ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Predikat sebagai pecinta alam yang sesungguhnya mungkin cocok disematkan untuk mbah Bingah. Bagaimana tidak, ia rela memunguti sampah-sampah yang dibuang sembarangan oleh oknum tak bertanggung jawab di gunung Merbabu.

Sosok Mbah Bingah (63) pun belakangan menjadi viral di media sosial karena aksinya. Di usianya yang tak lagi muda, ia menggendong berpuluh-uluh kilogram sampah dan membawanya menuruni gunung seorang diri. Berikut ulasannya:

2 dari 6 halaman

Viral di Media Sosial

kisah mbah bingah
Twitter/@kitabisacom ©2020 Merdeka.com

Dilansir dari unggahan akun Twitter @kitabisacom pada Selasa, (8/9) lalu, memperlihatkan perjuangan mbah Bingah memunguti sampak di atas gunung dan membawanya seorang diri di atas punggungnya. Setelah viral, video tersebut pun mendapat banyak komentar positif dari warganet. Kisah Mbah Bingah seolah menjadi tamparan keras bagi para pendaki yang membuang sampah sembarangan di atas gunung.

"Mbah Bingah adalah definisi pencinta alam sesungguhnya. Semoga kebaikanmu mendatangkan berkah yang menggunung," tulis keterangan unggahan tersebut.

3 dari 6 halaman

Gendong Puluhan Kilogram Sampah Setiap Hari

kisah mbah bingahTwitter/@kitabisacom ©2020 Merdeka.com


Dalam video, terlihat Mbah Bingah tengah menggendong sekarung besar sampah di punggungnya. Menurut keterangan, setiap harinya Mbah Bingah bisa mengangkut sampah seberat 30-40 kilogram. Berbagai jenis sampah mulai dari botol plastik hingga kertas-kertas ia kumpulkan untuk dibawa turun.

"Ada malaikat tak bersayap di Gunung Merbabu," tulis keterangan video.

4 dari 6 halaman

Mbah Bingah Bilang Suka dengan Pekerjaannya

kisah mbah bingahTwitter/@kitabisacom ©2020 Merdeka.com


Setelah mengumpulkan dan membawa turun sampah-sampah, ia lantas menjualnya kepada pengepul untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Meski hasilnya tak seberapa, Mbah Bingah mengaku menyukai pekerjaannya tersebut karena membuat gunung menjadi bersih dan bebas sampah.

"Ia suka pekerjaannya, karena bikin gunung bersih," lanjut keterangan video.

5 dari 6 halaman

Suka Berbagi

kisah mbah bingahTwitter/@kitabisacom ©2020 Merdeka.com


Dalam video, dikatakan jika Mbah Bingah selalu menysihkan penghasilannya dari hasil memulung untuk berbagi bersama para lansia yang ada di sekitar tempat tinggalnya.

"Sudah tiga tahun mbak (memulung), Ingin bagi-bagi sembako ke lansia di pelosok," kata Mbah Bingah dikutip dari akun Twitter @kitabisacom.

6 dari 6 halaman

Video

Berikut video Mbah Bingah yang naik turun gungung membawa puluhan kilogram sampah setiap hari, dilansir dari akun Twitter @kitabisacom:

[khu]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini