Ini Cara Hemat Kuota Internet Ponsel Saat WFH, Dijamin Gak Boros

Rabu, 25 Maret 2020 12:55 Reporter : Mutia Anggraini
Ini Cara Hemat Kuota Internet Ponsel Saat WFH, Dijamin Gak Boros 7 cara mudah hemat kuota internet. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Mewabahnya virus corona membuat pemerintah mengeluarkan kebijakan Work From Home (WFH) atau Kerja Dari Rumah. Tak cuma WFH, adanya pandemi corona mengharuskan pelajar belajar di rumah.

Dengan melakukan WFH, tentu Anda membutuhkan sambungan internet agar bisa menyelesaikan pekerjaan dengan target yang ditentukan. Biasanya agar terhubung dengan internet, sebagian besar orang tethring ke ponsel.

Tentunya dengan tethring ke ponsel akan menyedot banyak kuota data. Terlebih bila tidak bisa mengontrol penggunaan. Maka kuota data pun boros dan cepat terkuras. Namun tidak perlu khawatir, ada beberapa cara agar hemat kuota internet saat WFH. Berikut ulasannya dari berbagai sumber:

1 dari 9 halaman

Update Aplikasi via Wi-Fi

Seringkali kuota dapat cepat habis untuk digunakan pada aplikasi-aplikasi yang membutuhkan update secara berkala. Untuk meminimalisir hal tersebut, manfaatkan secara penuh Wi-Fi di sekitar Anda.

Namun, apabila tidak terdapat Wi-Fi di sekitar Anda pada saat itu juga, Anda dapat melakukan update pada aplikasi di lain waktu. Secara tidak langsung, Anda menyimpan kuota internet ponsel Anda pada aplikasi yang sedang dan lebih Anda butuhkan.

2 dari 9 halaman

Aktifkan Data Saver di Berbagai Aplikasi

Penggunaan internet pada aplikasi tentu menggunakan data. Namun, Anda dapat menekan penggunaan data melalui data saver yang ada di berbagai aplikasi. Aktifkan data saver tersebut sehingga beberapa konten seperti gambar dan video dapat Anda pertimbangkan sendiri untuk diunduh atau tidak.

Dengan begitu, Anda akan menyimpan banyak kuota internet ponsel Anda untuk kebutuhan akses pada aplikasi yang lebih Anda butuhkan. Anda juga dapat mengaktifkan data saver pada aplikasi mesin pencarian secara langsung seperti Google, Opera Mini, dan lain sebagainya.

3 dari 9 halaman

Pilih dan Gunakan Aplikasi Sesuai Kebutuhan

Agar tetap melakukan pekerjaan Anda sekaligus berhemat, Anda dapat memilih beberapa aplikasi. Prioritaskan aplikasi yang mendukung untuk Anda bekerja. Hindari aplikasi-aplikasi yang membutuhkan kuota internet lebih banyak.

Hindari aplikasi seperti media sosial ketika Anda sedang bekerja di rumah. Selain dapat menghabiskan kuota internet, fokus Anda dalam bekerja juga akan terganggu.

4 dari 9 halaman

Perhatikan Penggunaan Instagram

Instagram merupakan media sosial yang popular di kalangan banyak orang. Banyak fitur yang menghibur, Instagram merupakan media sosial dengan penyajian kontennya yaitu gambar dan video.

Dengan mengakses gambar dan video, kuota internet Anda akan lebih cepat boros. Tipsnya, Anda dapat mengakses aplikasi ini ketika pekerjaan Anda telah selesai lebih dahulu. Namun, apabila pekerjaan Anda tetap membutuhkan aplikasi ini, maka Anda harus lebih berhati-hati ketika mengakses konten yang ada di dalamnya.

5 dari 9 halaman

Aktifkan Peringatan Batasan Penggunaan Data

Pemakaian total kuota internet pada ponsel seringkali tidak bisa diketahui pada saat kita sedang melakukan penjelajahan. Untuk dapat menghemat kuota internet pada ponsel, Anda dapat mengaktifkan sebuah peringatan yang ada di ponsel Anda.

Anda dapat mengaktifkan peringatan batasan penggunaan data. Pasang Batasan penggunaan data pada angka yang Anda inginkan. Dengan begitu, ponsel akan memperingatkan Anda untuk lebih berhati-hati dalam menggunakan data internet Anda.

6 dari 9 halaman

Terapkan Mode Offline

Mode offline akan membantu Anda pada saat Anda sedang tidak berada pada jaringan internet. Pada beberapa aplikasi seperti YouTube dan Maps, Anda dapat menghidupkan mode offline.

Simpan konten yang Anda butuhkan dan akses pada saat mode offline tersebut dinyalakan. Maka, kuota internet ponsel Anda tidak akan berkurang apabila Anda mengakses konten tersebut secara berulang-ulang.

7 dari 9 halaman

Matikan Fitur Auto-Download

Beberapa aplikasi pada ponsel Anda terdapat konten gambar dan video sebagai pendukung seperti aplikasi chatting. Jelas, Anda akan lebih membutuhkan kuota internet agar dapat menerima gambar dan video yang ada. Seringkali pula, pada beberapa aplikasi terdapat auto-download sebagai fiturnya.

Untuk meminimalisir penggunaan kuota internet pada ponsel, Anda cukup mematikan fitur auto-download tersebut sehingga tindakan seperti mengunduh konten yang berupa gambar dan video, dapat Anda atur sendiri.

8 dari 9 halaman

Batasi Tindakan Pengunggahan

Tidak hanya membatasi tindakan pengunduhan (download), Anda juga dapat mengontrol laju penggunaan internet pada ponsel dengan membatasi untuk melakukan pengunggahan. Konten gambar dan video merupakan konten yang membutuhkan kuota internet yang lebih dibandingkan dengan tulisan.

Anda dapat mengunggah suatu dokumen apabila penting dan mendesak untuk dilakukan. Untuk itu, Anda perlu mempertimbangkan kembali daftar prioritas kewajiban Anda ketika bekerja dari rumah.

9 dari 9 halaman

Manfaatkan Fitur Multiple Video Call

Jika Anda ingin menghubungi kerabat, maksimalkan penggunaan fitur multiple videocall. Dengan fitur tersebut, Anda dapat menghemat penggunaan kuota untuk melakukan video call ke banyak kerabat atau rekan kerja dalam satu waktu. Sehingga, penggunaan kuota internet juga dapat ditekan.

[mta]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini