Gunung Semeru Erupsi, ini Penampakan Wedus Gembel di Atas Rumah Warga

Senin, 5 Desember 2022 14:17 Reporter : Muhammad Farih Fanani
Gunung Semeru Erupsi, ini Penampakan Wedus Gembel di Atas Rumah Warga Gunung Semeru Erupsi, ini Penampakan Wedus Gembel di Atas Rumah Warga. ©2022 Merdeka.com/instagram.com/sandiuno

Merdeka.com - Pada Minggu (4/12) kemarin, Gunung Semeru kembali memuntahkan lahar dan menyebabkan keluarnya awan panas.

Muntahan awan panas Gunung Semeru menyebabkan penumpukan abu secara tebal ke arah tenggara dan selatan. Bahkan tinggi muntahannya mencapai kurang lebih 1.500 meter di atas puncak.

Sebuah video amatir memperlihatkan awan panas atau wedus gembel Gunung Semeru yang membumbung tinggi. Awan panas itu berada tepat di atas perumahan warga. Berikut penampakannya.

2 dari 5 halaman

Gunung Semeru Meletus

gunung semeru erupsi ini penampakan wedus gembel di atas rumah warga

©2022 Merdeka.com/instagram.com/sandiuno

Gunung Semeru kembali meletus, sumber awan panas dari guguran berasal dari tumpukan di ujung lidah lava yang berada sekitar 800 meter dari puncak gunung.

Akibat dari letusan Gunung Semeru itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meminta masyarakat untuk tetap waspada dan melakukan evakuasi.

Masyarakat juga dilarang untuk melakukan aktivitas pada jarak 500 meter dari tepi sungai di sepanjang Besuk Kobokan. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi aliran lahar dan perluasan awan panas.

3 dari 5 halaman

Awan Panas Berada di Atas Rumah Warga

gunung semeru erupsi ini penampakan wedus gembel di atas rumah warga
©2022 Merdeka.com/instagram.com/sandiuno

Sebuah video yang diunggah oleh akun Instagram Sandiaga Uno memperlihatkan wedus gembel atau awan panas dari Gunung Semeru yang membumbung tinggi.

Awan panas yang besar itu berada tepat di atas rumah milik warga. Terlihat awan yang sangat hitam menutupi cahaya matahari yang masuk dan membuat warga khawatir.

“Ini dia wedus gembel sudah sampai di sini, di atas saya. Ini situasinya berada di Besuk Kobokan,” ujar suara di dalam video.

4 dari 5 halaman

Imbauan Petugas

gunung semeru erupsi ini penampakan wedus gembel di atas rumah warga
©2022 Merdeka.com/instagram.com/sandiuno

Di video tersebut, petugas yang sedang berada di lokasi juga mengingatkan kepada para personel untuk selalu berhati-hati ketika melakukan evakuasi.

Hal itu karena lava panas dari Gunung Semeru sudah mulai turun dan masuk ke jalur Kajar Kuning dan Besuk Kobokan.

“Untuk personel yang naik hati-hati tetap di batas Gunung Sawur. Karena lava panasnya turun ke jalurnya Kajar Kuning sama Besuk Kobokan,” ujar petugas dalam video tersebut.

5 dari 5 halaman

Video Wedus Gembel berada di Atas Rumah Warga

Video wedus gembel dari Gunung Semeru tersebut viral di media sosial dan berhasil memancing perhatian dan simpati publik.

Berikut ini adalah videonya:

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Sandiaga Salahuddin Uno (@sandiuno)

[mff]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini