Fungsi Asam Lambung bagi Pencernaan Manusia, Ketahui Cara Menjaga Kesehatannya

Rabu, 11 Mei 2022 14:08 Reporter : Mutia Anggraini
Fungsi Asam Lambung bagi Pencernaan Manusia, Ketahui Cara Menjaga Kesehatannya ilustrasi lambung. medicalxpress.com

Merdeka.com - Fungsi asam lambung ternyata banyak memberikan manfaat bagi tubuh. Hal tersebut terutama pada saluran pencernaan manusia.

Secara umum, fungsi lambung secara keseluruhan ialah mencerna dan menyerap sari-sari makanan yang masuk ke dalam tubuh setelah melalui mulut. Letak lambung sendiri yakni tepat di dalam rongga perut sebelah kiri.

Pada dasarnya, lambung memiliki tiga bagian penting untuk dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Di antaranya yakni bagian atas yang disebut kardiak, fundus atau bagian tengah, serta pilorus yang merupakan bagian bawah.

Peran serta lambung untuk mencerna makanan tersebut tak lain didukung oleh berbagai enzim serta asam yang dihasilkan di dalamnya. Sementara, tak sedikit yang menganggap bahwa asam lambung justru tidak berperan banyak bagi tubuh.

Anggapan itu pun dapat dipastikan tidak benar. Sebab, asam lambung justru memiliki peran penting di dalam saluran pencernaan.

Maka dari itu, fungsi asam lambung tersebut hendaknya selalu dijaga agar tetap bekerja secara normal. Lantas, apa saja sebenarnya fungsi asam lambung bagi kinerja saluran pencernaan? Melansir dari berbagai sumber, berikut ulasan selengkapnya mengenai beberapa fungsi asam lambung hingga cara menjaga kesehatannya.

2 dari 7 halaman

Fungsi Asam Lambung bagi Pencernaan

Pada dasarnya, lambung memiliki beberapa getah yang dihasilkan melalui kelenjar-kelenjar. Kelenjar tersebut secara langsung akan menghasilkan getah atau enzim saat manusia mulai mengenali bentuk, aroma, warna, hingga selera terhadap makanan tertentu.

Sejumlah getah tersebut dalam skala besar mengandung asam lambung atau HCl, pepsin, musin, dan renin. Dari beberapa getah tersebut, asam lambung memiliki fungsi yang cukup penting bagi tubuh.

ilustrasi pencernaan
istockphoto.com

Beberapa peran dan fungsi asam lambung tersebut antara lain sebagai berikut,

1. Sebagai Disinfektan

Fungsi asam lambung yang pertama yakni sebagai disinfektan. Seperti yang kita ketahui, manusia terus mengonsumsi berbagai jenis makanan dan secara langsung masuk ke dalam tubuh.

Asam lambung ini lah yang menjadi perisai bagi tubuh pertama kali. Dengan asam lambung, makanan yang berhasil masuk ke dalam saluran pencernaan akan melalui proses penyaringan terlebih dahulu.

Jika ditemukan kuman dan bakteri, maka asam lambung akan secara langsung bekerja untuk membunuh patogen tersebut. Maka dari itu, fungsi asam lambung yang satu ini cukup penting di dalam proses pencernaan.

3 dari 7 halaman

2. Membantu Proses Pencernaan

Tak hanya membantu tubuh di dalam membunuh kuman dan penyakit pada makanan, fungsi asam lambung yang kedua yakni membantu usus dalam proses pencernaan. Asam lambung yang dihasilkan tersebut secara langsung dapat merangsang usus, hati, serta pankreas untuk bekerja secara optimal.

ilustrasi pencernaan

shutterstock.com

Seperti yang diketahui, ketiga organ tersebut juga berperan penting di dalam proses mencerna makanan. Jika asam lambung tak mampu bekerja dengan baik, maka fungsi dari ketiga organ tersebut juga dapat terganggu.

Maka dari itu, menjaga produksi asam lambung agar tetap stabil dan normal penting untuk dilakukan. Selain diperoleh kesehatan pada saluran pencernaan, menjaga produksi asam lambung agar tetap normal juga dapat mengoptimalkan kinerja berbagai organ lain di dalam tubuh.

4 dari 7 halaman

3. Mempercepat Reaksi saat Mencerna Makanan

fungsi lambung

©2020 Merdeka.com

Fungsi asam lambung yang ketiga selain sebagai disinfektan dan merangsang ketiga organ lainnya yakni mempercepat reaksi pada saat proses mencerna makanan. Hal tersebut secara khusus terjadi dengan meningkatkan reaksi antara air dan zat gizi protein di dalam lambung.

Percepatan reaksi antara air dan protein tersebut tak lain berguna untuk memperlancar sistem pencernaan. Jika kadar asam lambung cenderung berlebih, maka kondisi lambung akan mengalami gangguan.

Secara otomatis, maka reaksi antara air dan zat gizi protein juga dapat terganggu. Akibatnya, fungsi lambung dapat menurun dan saluran pencernaan tidak bekerja secara optimal.

5 dari 7 halaman

4. Mencerna Zat Gizi Protein

Selain itu, fungsi asam lambung yang terakhir yakni untuk mencerna zat gizi berupa protein dalam makanan. Hal tersebut lantaran lambung memiliki enzim yang mampu mengubah pepsinogen menjadi pepsin.

5 tanda kondisi usus yang kurang baik ternyata bukan cuma masalah pencernaan saja
©Shutterstock

Maka dari itu, sumber bahan pangan yang mengandung protein seperti daging dan kacang-kacangan cenderung dicerna dalam waktu yang cukup panjang. Maka dari itu, memperhatikan jumlah serta kadar gizi pada makanan menjadi penting untuk dilakukan.

Jika tidak, maka yang terjadi adalah meningkatnya atau justru menurunnya fungsi asam lambung di dalam saluran pencernaan. Beberapa gangguan yang dapat terjadi apabila lambung mengalami masalah yakni seperti maag, GERD, dan lain sebagainya.

6 dari 7 halaman

Cara Menjaga Kesehatan Lambung

Setelah mengetahui fungsi asam lambung, maka langkah selanjutnya yang perlu diperhatikan yakni dengan menerapkan beberapa cara untuk menjaga kesehatan lambung dan saluran pencernaan. Beberapa cara tersebut antara lain sebagai berikut.

1. Memperhatikan Pola Makan

Cara yang pertama yaitu dengan senantiasa memperhatikan pola makan. Langkah yang satu ini dapat dilakukan dengan memperhatikan waktu makan serta asupan gizi yang dikonsumsi setiap hari.

2. Menjaga Waktu Istirahat

Cara yang kedua yakni dengan menjaga durasi dan waktu istirahat. Jika tubuh kekurangan jam istirahat yang cukup, maka asam lambung cenderung menjadi bermasalah. Hal ini lah yang turut menyebabkan berbagai permasalahan kesehatan, termasuk maag hingga GERD.

3. Kelola Stres

Stres juga dapat menyebabkan fungsi asam lambung menjadi terganggu. Maka dari itu, ada baiknya untuk selalu mengelola stres dengan melakukan berbagai kegiatan yang menyenangkan jiwa dan raga.

7 dari 7 halaman

4. Menghindari Rokok dan Minuman Beralkohol

Cara yang selanjutnya yakni menghindari berbagai asupan yang cenderung mampu mengakibatkan gangguan pada lambung. Di antaranya yakni dengan menghindari konsumsi alkohol serta rokok.

5. Menghindari Makanan Pemicu Asam Lambung

9 penyebab asam lambung naik
klikdokter.com ©2020 Merdeka.com

Selain rokok dan alkohol, penting juga bagi kita untuk senantiasa terhindar dari berbagai makanan pemicu meningkatnya produksi asam lambung. Berbagai makanan dan minuman tersebut antara lain seperti olahan kopi, cokelat, daging, asam, hingga lemak jenuh.

6. Mengonsumsi Air Putih

Hal yang tak kalah penting untuk menjaga kesehatan lambung yakni dengan mengonsumsi air putih dengan cukup. Usahakan untuk selalu mengonsumsi air putih sebanyak 8 gelas setiap harinya.

[mta]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini