Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan
Contoh Recount Text Soal Liburan Bahasa Inggris, Ada Struktur dan Ciri Khasnya?

Contoh Recount Text Soal Liburan Bahasa Inggris, Ada Struktur dan Ciri Khasnya?

Apakah untuk membuat recount text diperlukan struktur dan juga ciri khas? Berikut ulasannya.

Contoh recount text soal liburan bahasa Inggris bisa ditemukan di ragam jenis sosial media yang sudah ada.

Ini juga bisa menjadi salah satu referensi, khususnya bagi para pelajar yang sedang mencari contoh recount text.

Tiap guru biasanya akan memberikan tugas membuat recount text sederhana saat awal tahun ajaran baru. 

Recount text ini umumnya berisikan tentang pengalaman selama liburan sekolah. Namun, terkadang untuk memulai merangkai kalimat demi kalimat memang cukup sulit. 

Terlebih apabila membuat recount text tentang liburan berbahasa Inggris. Tak ada salahnya untuk melihat ragam contoh recount text tentang liburan sebagai referensi.

Bukan hanya itu, sebelum membuatnya sebaiknya para pelajar memahami lebih dulu struktur dan ciri khas recount text itu sendiri.

Lalu bagaimana contoh recount text tentang liburan dalam bahasa Inggris? Apakah untuk membuat recount text diperlukan struktur dan juga ciri khas?

Melansir dari beragam sumber, berikut adalah ulasan selengkapnya, Rabu (6/12).

Ciri Khas Recount Text 

Recount text mempunyai beberapa ciri khas yang bisa digunakan guna mengidentifikasi jenisnya. Recount text biasanya ditulis dalam bentuk past tense.

Ciri Khas Recount Text <br>

Sebab recount text memiliki tujuan menyampaikan kejadian atau pengalaman yang suda dialami oleh penulis ataupun tokoh yang diceritakan dalam tulisan. Di dalam recount text, adverb yang menunjukkan waktu juga digunakan.

Hal itu bertujuan untuk menyampaikan informasi terkait kapan kejadian maupun peristiwa terjadi. Antara lain seperti, yesterday, last week, last month dan last year.

Recount text mengandung kata sambung waktu, contohnya seperti next atau after. Tak hanya itu, teks ini biasanya mengandung keterangan tempat seperti at the zoo, at the park, at the school, at the home.

Struktur Recount Text

Recount text sendiri memiliki tiga struktur yang harus diketahui sebelum Anda membuatnya. Adapun stukturnya antara lain seperti:

Struktur Recount Text<br>

1. Orientation

Orientation bertujuan untuk menyampaikan bagian informasi dasar terkait kejadian atau peristiwa yang ingin penulis sampaikan kepada para pembaca.

2. Events

Penulis pada bagian ini akan menceritakan kisah terkait kejadian atau pengalaman yang ingin dibagikan kepada pembaca. Bisanya akan disampaikan secara kronolis atau sesuai dengan urutan waktu kejadian.

3. Reorientation

Di. bagian ini penulis diharapkan untuk memberi ringkasan kejadian dan pengalaman yang telah dituangkan dalam cerita. Selain itu, Anda juga bisa memberikan pendapat, kesan hingga pesan terkait dengan recount text yang telah ditulis.

Contoh Recount Text: Chaotic Situation in The Market

Last week, I went to a traditional market to buy some daily needs. As usual, I go there alone and bring a shopping list.

After arriving at the market, I started searching the tings I needed one by one.

While I was bargaining the price of some fruits, I saw a crowded condition where there was a thief beaten by a lot of people.

it was so terrible. I didn’t want to see the condition to get worse so I called police.

A few minutes later, police came and calmed down the situation. Asking the fruit seller, I knew that the thief tried to steal someone’s wallet but someone saw him and shouted loudly.

After that, suddenly many people roughed him up hardly.

It was a scaring moment I experienced last week and I hoped that it will never happen again in the future.

Artinya:

Suasana Keos di Pasar

Minggu lalu, saya pergi ke pasar tradisional untuk membeli beberapa kebutuhan sehari-hari. Seperti biasa, saya pergi ke sana sendirian dengan membawa daftar belanja.

Setelah tiba di pasar, saya mulai mencari yang saya butuhkan satu per satu. Ketika saya sedang menawar harga dari beberapa buah, saya melihat kondisi yang ramai di mana ada seorang pencuri yang dipukuli oleh banyak orang. itu sangat mengerikan.

Saya tidak ingin melihat kondisi ini memburuk sehingga saya menelepon polisi. Beberapa menit kemudian, polisi datang dan menenangkan situasi.

Setelah bertanya kepada penjual buah, saya tahu bahwa pencuri itu mencoba mencuri dompet seseorang tetapi seseorang yang lain melihatnya dan berteriak dengan keras. Setelah itu, tiba-tiba banyak orang yang berbuat kasar terhadapnya.

Itu adalah momen menakutkan yang saya alami minggu lalu dan saya berharap itu tidak akan pernah terjadi lagi di masa depan.

Contoh Recount Text: Fishing 

Last week, l went to the lake for fishing. It was the suitable time for fishing because I had nothing to do. I went there with my friends. I woke up earlier in the morning and prepared everything. Not long after that, my friends came and we went to the lake we have decided before to start fishing.


Arriving at the lake, I directly searched the best spot to get a giant fish. After searching for about ten minutes, finally I found the spot. It was under the big tree at the bank of the lake. 

I threw my hook as far as I could then I waited for the fish eating my bait.

It had been 15 minutes and i finally saw the sign that there was a fish eating my bait. I tried to pull it up and i succeeded. I got a three kilogram fish. I was so excited. I threw the hook again and again. I got more than ten fish that day.

I enjoyed the moment so much that i didn’t realized that the sun had already set. I called my friends and we went home. I got so many fish that day even though i was so tired. I think i will visit the spot again in the next holiday.

Artinya:

Memancing

Minggu lalu, saya pergi ke danau untuk memancing. Hari itu adalah waktu yang tepat untuk memancing karena saya sedang tidak memiliki beban pekerjaan. Saya pergi ke sana bersama teman-teman saya.Saya bangun pagi-pagi dan menyiapkan segalanya. Tidak lama setelah itu, teman-teman saya datang dan kami pergi ke danau yang telah kami putuskan sebelumnya untuk mulai memancing. Sesampainya di danau, saya langsung mencari tempat terbaik untuk mendapatkan ikan raksasa. Setelah mencari sekitar sepuluh menit, akhirnya saya menemukan tempat itu.

Tempat tersebut di bawah pohon besar di tepi danau. Saya melemparkan hook saya sejauh yang saya bisa lalu menunggu ikan memakan umpan saya.

Sudah 15 menit terlewati dan saya akhirnya melihat tanda bahwa ada ikan yang memakan umpan saya. Saya mencoba untuk menariknya dan saya berhasil. Saya mendapat ikan seberat tiga kilogram.

Saya sangat bersemangat. Saya melemparkan hook lagi dan lagi. Saya mendapat lebih dari sepuluh ikan hari itu.

Saya sangat menikmati momen tersebut sehingga saya tidak menyadari bahwa matahari telah terbenam. 

Saya memanggil teman-teman saya dan kami pulang ke rumah.Saya mendapat begitu banyak ikan hari itu meskipun saya sangat lelah. Saya pikir saya akan mengunjungi tempat itu lagi di liburan berikutnya.

Contoh Recount Text: A Trip to Borobudur Temple

Three years ago, I and my classmates visited Borobudur Temple. We went to Borobudur temple by bus. We left our school at nine o’clock. It took us 24 hours to arrive there. I arrived there nine o’clock the next day. Along the road, we saw many vehicles, unique houses, prominent buildings, and some other tourists.

After we arrived at the Borobudur temple, one of my teachers went to buy tickets. After we waited him for a moment we entered into Borobudur temple area. 

Then we went up to the top of the temple. Borobudur temple was built at Budur Village, Magelang, Jawa Tengah by Syailendra Dynasty.

Borobudur Temple is the biggest temple in the world. It has 504 statues and 1.400 reliefs. From the top of the temple we can see such beautiful scenery.

I and my friends went around the temple together. Finally, after having some visits, we should go to the hotel to stay and continue our study tour the next day.

We felt tired that day but we felt so happy to visit Borobudur temple which is well-known as one of the greatest legacies Indonesia has ever had.



I hope the temple can be loved by all of the visitors and the government.

Artinya:

Perjalanan ke Candi Borobudur

Tiga tahun yang lalu, saya dan teman-teman sekelas saya mengunjungi Candi Borobudur. Kami pergi ke Candi Borobudur naik bus. Kami meninggalkan sekolah kami pada pukul sembilan.

Kami butuh 24 jam untuk tiba di sana. Saya tiba di sana pukul Sembilan pada hari berikutnya. Sepanjang jalan, kami melihat banyak kendaraan, rumah unik, bangunan-bangunan penting, dan beberapa wisatawan lain.

Setelah kami tiba di Candi Borobudur, salah satu guru saya pergi untuk membeli tiket. Setelah kami menunggu dia sejenak kami masuk ke kawasan candi Borobudur.

Kemudian kami naik ke puncak candi. Candi Borobudur dibangun di desa Budur, Magelang, Jawa Tengah oleh Dinasti Syailendra. Candi Borobudur adalah candi terbesar di dunia.

Candi ini memiliki 504 patung dan 1.400 relief. Dari puncak candi kita bisa melihat pemandangan yang indah. Saya dan teman-teman berkeliling candi bersama. Akhirnya, setelah mengunjungi beberapa tempat, kita harus pergi ke hotel untuk menginap dan melanjutkan study tour kami hari berikutnya.

Kami merasa lelah hari itu tapi kami merasa sangat senang untuk mengunjungi Candi Borobudur yang terkenal sebagai salah satu warisan terbesar yang pernah dimiliki Indonesia. Saya berharap candi dapat dicintai oleh semua pengunjung dan juga pemerintah.

Contoh Recount Text: Climbing

Last holiday, I went to the Tanggamus Mountain in Tanggamus district, Lampung. I have never climbed it before. I went there with some of my friends. We started climbing at 7 p.m. It was so dark but I felt no worry because all of my friends were professional climber.

We climbed slowly and enjoyed the moment. After climbing for about 7 hours, we could reach the top of the mountain. There were a lot of other climbers who reached that top faster than us.

We waited the sun rose while cooking some food and drinking coffee to get warmed.

Others sang some songs together, shared stories or lied on the ground to take a rest.

After seeing the sun rose, we prepared tend because we wanted to stay there for three days. We really enjoyed the moment and did so many interesting activities there. After all, that was my greatest experience I have ever had in my life. It was really tiring but i was very happy.

Artinya:

Mendaki

Liburan kemarin, saya pergi ke Gunung Tanggamus di Kabupaten Tanggamus, Lampung. Saya belum pernah mendakinya sebelumnya. Saya pergi ke sana bersama beberapa teman saya. Kami mulai mendaki pukul 7 malam. Waktu itu sangat gelap tapi saya tidak merasa khawatir karena semua teman saya adalah pendaki profesional.

Kami mendaki perlahan dan menikmati momen itu. Setelah mendaki sekitar 7 jam, kita bisa mencapai puncak gunung. Ada banyak pendaki lain yang mencapai puncak itu lebih cepat dari kami. 

Kami menunggu matahari terbit sambil memasak beberapa makanan dan minum kopi untuk menghangatkan badan.

Yang lainnya menyanyikan beberapa lagu bersama, berbagi cerita atau rebahan di tanah untuk beristirahat.


Setelah melihat matahari terbit, kami menyiapkan tenda karena kami akan tinggal di sana selama tiga hari. Kami benar-benar menikmati momen itu dan melakukan begitu banyak aktivitas menarik di sana.

Bagaimana pun, itu adalah pengalaman paling keren yang pernah saya alami dalam hidup saya. Kegiatan itu sangat melelahkan tetapi saya sangat senang.

Contoh Recount Text: My Grandpas Hometown

Two weeks ago, I and my family were in my grandpa’s hometown. it is our annual agenda every holiday in the end of Semester. Unfortunately, it was rainy season there.

It rained almost every day there. We had no enough time to visit some tourism places there because of the rain.

We had no enough sunlight even to dry up our laundries. As a result, we just stayed at home almost all day long. Seeing the condition, we decided to make an interesting activity indoor to spend the holiday together.

The activity we chose that day was making funny videos directed by me. Finishing the videos, we edited them and made them uploaded in youtube.

By doing this, we could kill our boredom of staying at home because of the rain and made a creative activity instead.

Artinya:



Dua minggu yang lalu, saya dan keluarga saya berada di kampung halaman kakek. ini adalah agenda tahunan kami setiap liburan di akhir Semester. Sayangnya, di sana sedang musim hujan.

Hujan turun hampir setiap hari di sana. Kami tidak punya cukup waktu untuk mengunjungi beberapa tempat wisata di sana karena hujan. Kami tidak punya cukup sinar matahari bahkan untuk sekedar mengeringkan pakaian kami. Akibatnya, kami hanya tinggal di rumah hampir sepanjang hari.

Melihat kondisi ini, kami memutuskan untuk membuat kegiatan yang menarik dalam ruangan untuk menghabiskan liburan bersama. Kegiatan yang kami pilih hari itu adalah membuat video lucu yang disutradarai oleh saya.

Setelah menyelesaikan videonya, kami mengeditnya dan mengunggahnya ke youtube.

Dengan melakukan hal ini, kami bisa membunuh kebosanan tinggal di rumah seharian karena hujan dan membuat aktivitas kreatif sebagai gantinya.

5 Contoh Recount Text Tentang Liburan dalam Bahasa Inggris, Kenali Pula Struktur & Ciri Khasnya
5 Contoh Recount Text Tentang Liburan dalam Bahasa Inggris, Kenali Pula Struktur & Ciri Khasnya

Berikut contoh recount text tentang liburan dalam Bahasa Inggris beserta struktur dan ciri khasnya.

Baca Selengkapnya icon-hand
7 Contoh Report Text Singkat Berbagai Tema dalam Bahasa Inggris Lengkap Beserta Terjemahannya
7 Contoh Report Text Singkat Berbagai Tema dalam Bahasa Inggris Lengkap Beserta Terjemahannya

Paragraf report text bisa jadi salah satu cara anda memahami teks dalam Bahasa Inggris.

Baca Selengkapnya icon-hand
Contoh Teks Report Singkat Beragam Tema Bahasa Inggris Lengkap Beserta Terjemahannya
Contoh Teks Report Singkat Beragam Tema Bahasa Inggris Lengkap Beserta Terjemahannya

Simak contoh teks report Bahasa Inggris dengan berbagai tema berikut ini.

Baca Selengkapnya icon-hand
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Contoh Cerita Singkat Sejarah, Ketahui Ciri-Ciri dan Struktur Penulisannya
Contoh Cerita Singkat Sejarah, Ketahui Ciri-Ciri dan Struktur Penulisannya

Cerita sejarah memuat beragam peristiwa penting di masa lalu.

Baca Selengkapnya icon-hand
Cara Membuat Paragraf Deskripsi yang Mudah, Begini Contohnya
Cara Membuat Paragraf Deskripsi yang Mudah, Begini Contohnya

Sebagai langkah awalnya, kita dapat senantiasa mengetahui dan memahami mengenai pengertian hingga struktur di dalamnya.

Baca Selengkapnya icon-hand
Cerita Sejarah Singkat Beserta Struktur Penulisannya, Perlu Diketahui
Cerita Sejarah Singkat Beserta Struktur Penulisannya, Perlu Diketahui

Cerita sejarah dapat memberikan banyak pelajaran bagi kita.

Baca Selengkapnya icon-hand
140 Kosa Kata Bahasa Inggris 6 Huruf tentang Benda, Lengkap Disertai Artinya
140 Kosa Kata Bahasa Inggris 6 Huruf tentang Benda, Lengkap Disertai Artinya

Kosa kata Bahasa Inggris 6 huruf dapat menambah pengetahuan kita.

Baca Selengkapnya icon-hand
Kata-Kata Lelah dalam Bahasa Inggris dan Artinya, Bantu Ungkapkan Perasaan
Kata-Kata Lelah dalam Bahasa Inggris dan Artinya, Bantu Ungkapkan Perasaan

Kata-kata lelah dalam bahasa Inggris bisa ungkapkan perasaan hati.

Baca Selengkapnya icon-hand
5 Contoh Teks Argumentasi Singkat dengan Berbagai Tema, Pahami Pula Ciri-Cirinya
5 Contoh Teks Argumentasi Singkat dengan Berbagai Tema, Pahami Pula Ciri-Cirinya

Berikut contoh teks argumentasi singkat dengan berbagai tema beserta ciri-cirinya.

Baca Selengkapnya icon-hand