Cara Merawat Kuku Patah yang Tak Boleh Sembarangan, Ketahui Penyebabnya

Kamis, 6 Oktober 2022 11:23 Reporter : Mutia Anggraini
Cara Merawat Kuku Patah yang Tak Boleh Sembarangan, Ketahui Penyebabnya Ilustrasi kuku. ©2012 Merdeka.com/Shutterstock/Africa Studio

Merdeka.com - Cara merawat kuku patah tak boleh sembarangan dilakukan. Kuku patah merupakan salah satu kondisi yang mungkin banyak membuat pemiliknya merasa khawatir.

Lantaran kuku patah, banyak hal yang senantiasa dapat terjadi. Selain dapat memicu rasa sakit, kuku yang patah juga tentu dapat mengganggu penampilan sehingga menjadi tak sedap untuk dipandang mata.

Sebaliknya, setiap orang tentu ingin memiliki kuku yang sehat dan tak mengalami kerusakan atau sekadar patah. Nah, jika kuku justru terlanjur patah, terdapat beberapa hal yang wajib diketahui.

Selain cara menanganinya, Anda perlu tahu mengenai penyebab hingga cara merawatnya dengan baik. Jangan salah, meski kecil, kuku juga pantas mendapatkan perawatan yang terbaik demi menunjang kesehatan serta penampilan Anda.

Lantas, apa saja sebenarnya penyebab, cara merawat, hingga cara menyambungkannya? Dilansir dari berbagai sumber, berikut merdeka.com ulas mengenai cara merawat kuku patah disertai cara menyambungkannya untuk Anda.

2 dari 7 halaman

Penyebab Kuku Mudah Patah

Sebelum memahami cara merawat kuku patah serta menyambungkannya, salah satu hal yang wajib diketahui adalah penyebabnya. Seperti halnya bagian tubuh lain, kuku yang patah dapat disebabkan karena adanya gangguan.

Gangguan tersebut yaitu dapat berasal dari dalam atau pun luar tubuh manusia. Seringkali, penyebab utamanya tak lain lantaran kuku kehilangan kelembapannya untuk terus tumbuh.

Secara khusus, berikut beberapa penyebab kuku mudah patah yang dapat Anda pahami.

tangan
©2018 Merdeka.com/Pixabay

1. Kurang Nutrisi

Pertama, penyebab dari kuku yang mudah patah adalah kurangnya nutrisi. Kandungan zat besi di dalam tubuh rupanya juga dibutuhkan kuku untuk tumbuh sehat dan tak mudah rapuh.

Sebab, zat besi berperan penting untuk menyebarkan kadar oksigen hingga ke seluruh tubuh termasuk kuku. Bila kurang terpenuhi, maka pertumbuhan kuku pun dapat terganggu hingga menyebabkan rapuh dan mudah patah.

3 dari 7 halaman

2. Kebiasaan Buruk

Kedua, kuku yang mudah patah juga dapat disebabkan oleh kebiasaan buruk yang seringkali dilakukan pemiliknya. Biasanya, kebiasaan buruk ini dapat mengakibatkan kuku menjadi rentan patah.

Misalnya, kebiasaan tersebut yakni mengetuk-ngetuk kuku di atas benda keras seperti meja atau keyboard. Jika hal ini secara terus menerus terjadi, maka kuku pun dapat menjadi rawan untuk mengalami patah atau pun terbelah.

ilustrasi kuku cantik
©2014 Merdeka.com/shutterstock/Africa Studio

3. Mengalami Stres

Penyebab ketiga dari kuku yang mudah patah adalah munculnya stres. Jika tubuh mengalami stres, maka kesehatan tentu akan mudah terganggu.

Salah satunya yakni pertumbuhan kuku yang diketahui mengalami peningkatan sekitar 1 milimeter per minggunya. Selain itu, terkadang stres dapat membuat Anda tak sengaja menggigit kuku hingga menyebabkannya mudah patah dan rusak.

4 dari 7 halaman

4. Terjadinya Infeksi Bakteri dan Jamur

Selain itu, terjadinya infeksi bakteri dan jamur juga dapat membuat kuku rentan rusak hingga patah. Dalam kondisi ini, jamur atau pun bakteri dapat menyerang bagian dalam dan permukaan kuku.

Biasanya, hal ini dapat disebabkan oleh lembapnya daerah kuku yang selalu tertutup rapat. Alhasil, kuku dapat mengalami kerusakan seperti berubah warna hingga menjadi patah.

ilustrasi kuku cantik
©2014 Merdeka.com/shutterstock/bokan

5. Mengidap Penyakit Tertentu

Terakhir, penyebab kuku yang mudah patah adalah penyakit. Penderita psoriasis biasanya seringkali memiliki bentuk permukaan kuku yang berlekuk dan mudah patah.

Selain psoriasis, penderita hipertiroid juga dapat menghambat asupan oksigen ke dalam kuku hingga membuatnya seringkali rentan patah. Beberapa penyakit lain yang juga dapat menyebabkan kuku patah adalah penyakit paru hingga jantung.

5 dari 7 halaman

Cara Merawat Kuku Patah

Setelah mengetahui penyebabnya, maka langkah selanjutnya yang dapat Anda pahami adalah mengenai cara merawat kuku patah. Beberapa tahapan berikut dapat Anda lakukan saat mengalami kuku patah baik di bagian tangan atau kaki.

Berikut beberapa tahapan dari cara merawat kuku patah.

1. Menghentikan Pendarahan Pada Kuku

Cara merawat kuku patah yang pertama adalah dengan menghentikan pendarahan pada kuku. Hal ini berlaku jika Anda mengalami patah kuku hingga pada area dalam hingga menyebabkan pendarahan.

Jika terjadi, maka hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan menghentikan pendarahannya. Lakukan dengan menekan bagian tersebut dengan kain bersih selama 10 menit.

wanita
www.frmheadtotoe.com

2. Bersihkan Luka Pada Kuku

Setelah pendarahan berhenti, maka langkah selanjutnya dalam cara merawat kuku patah adalah dengan membersihkan lukanya hingga menyeluruh. Caranya, cukup cuci bagian kuku dengan air mengalir serta sabun.

Pastikan tak ada bagian kotor yang tertinggal di permukaan luka. Setelah selesai, tepuk perlahan pada bagian luka dengan kain kering dan bersih.

6 dari 7 halaman

3. Oleskan Salep Antibiotik

Tahap ketiga, oleskan salep antibiotik yang dapat Anda peroleh di apotek terdekat. Anda dapat memperoleh beberapa jenis antiobiotik seperti Neosporin, Polysporin, atau lain sebagainya.

Setelah itu, pastikan permukaan luka telah mengering usai dibersihkan. Oleskan salep secara perlahan pada bagian yang diinginkan.

wanita
www.sheknows.com 

4. Pasang Perban

Selanjutnya, Anda dapat mengambil perban bersih lalu memotongnya dengan panjang yang cukup. Setelah itu, tempelkan pada area kuku yang patah lalu pasang secara perlahan.

Memasang perban ini bertujuan agar luka cepat mengalami pemulihan dan terhindar dari berbagai kotoran dan debu. Pastikan pula Anda juga mengganti perban tersebut secara rutin. Jika luka telah pulih, maka Anda dapat melepasnya.

7 dari 7 halaman

5. Rawat Kuku yang Tersisa

Terakhir, cara merawat kuku patah yakni dengan merawat kuku yang tersisa. Jika tak mengalami pendarahan, maka langkah yang Anda lakukan yakni dengan memotongnya secara perlahan.

Caranya, potong kuku mengikuti garis patahannya. Setelah itu, kikir bagian kuku yang tersisa secara perlahan hingga rapi dan halus.

Hindari untuk memotong patahan kuku hingga ke area dalam yang dapat menyebabkan pendarahan.

[mta]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini