Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Cara Mengetahui Golongan Darah dengan Mudah, Pahami Jenis-jenisnya

Cara Mengetahui Golongan Darah dengan Mudah, Pahami Jenis-jenisnya Ilustrasi golongan darah. ©shutterstock.com/Africa Studio

Merdeka.com - Setiap manusia memiliki keunikan masing-masing. Hal tersebut juga berlaku pada tubuh setiap orang yang cenderung memiliki keunikan tersendiri.

Begitu pula dengan golongan darah yang mengalir di tubuh manusia. Diketahui, terdapat beberapa jenis dari golongan darah yang cenderung berbeda antara satu orang dengan lainnya.

Hal tersebut yakni banyak dipengaruhi oleh faktor genetika yang dibawa setiap orang sejak dari dalam kandungan. Mengetahui golongan darah rasanya penting untuk dilakukan.

Dengan memahaminya, Anda dapat mendonorkan atau juga menerima transfusi darah secara aman. Untuk memperoleh informasi mengenai golongan darah, terdapat sejumlah cara mengetahui golongan darah yang dapat dilakukan dengan mudah.

Salah satunya yakni dengan melakukan tes golongan darah melalui pengambilan sampel. Lantas, apa saja sebenarnya cara mengetahui golongan darah untuk mendapatkan informasinya secara akurat? Melansir dari berbagai sumber, Selasa (8/2/2023), berikut ulasan selengkapnya mengenai tiga cara mengetahui golongan darah hingga jenis-jenisnya yang perlu dipahami.

Jenis-jenis Golongan Darah

Sebelum memahami cara mengetahui golongan darah, ada baiknya bagi kita untuk mempelajari jenis-jenisnya terlebih dahulu. Secara umum, jenis golongan darah dikategorikan ke dalam delapan kelompok.

Di antaranya yakni berupa A-positif, A-negatif, B-positif, B-negatif, O-positif, O-negatif, AB-positif serta AB-negatif. Namun, sebenarnya terdapat beberapa hal yang dapat menentukan golongan darah tertentu memiliki sifat positif atau negatif.

ilustrasi golongan darah

royalmassagewellness.com

Penyebabnya tak lain adalah antigen atau zat yang dapat memicu respon imun pada permukaan sel darah merah. Selain itu, terdapat pula antigen bersifat Rhesus yang membentuk darah tersebut akan berupa positif atau negatif.

Misalnya yakni sebagai berikut.

  • Golongan darah A memiliki antigen A
  • Golongan darah B memiliki antigen B
  • Golongan darah AB memiliki antigen A dan B
  • Golongan darah tipe O tidak menghasilkan antigen A atau B
  • Cara Mengetahui Golongan Darah

    Tes golongan darah merupakan salah satu cara mengetahui golongan darah setiap manusia. Sementara itu, tes golongan darah dapat dilakukan di berbagai kesempatan.

    Tes tersebut dapat menentukan jenis golongan darah Anda. Bahkan, dengan mengetahu golongan darah tersebut, Anda dapat menentukan kondisi kesehatan tubuh yang tengah dialami saat ini.

    Maka dari itu, tak heran jika para pasien di rumah sakit terkadang mendapatkan tes golongan darah bagi para tenaga kesehatan untuk menentukan tindakan selanjutnya.

    Sementara itu, tiga cara mengetahui golongan darah tersebut yakni dapat diuraikan sebagai berikut.

    darah

    ©2015 Merdeka.com

    1. Uji Klinis

    Cara mengetahui golongan darah yang pertama yakni dengan melakukan serangkaian tes atau uji klinis. Cara ini disebut sebagai salah satu metode yang paling ampuh untuk mengetahui jenis hingga golongan darah.

    Anda dapat mendatangi fasilitas kesehatan terdekat untuk meminta tes tersebut. Tak berselang lama, tenaga medis pun akan membantu Anda untuk mengambil sampel dan melakukan tes pada darah yang baru saja diambil.

    Selama uji klinis, sampel darah akan dicampur dengan antibodi atas golongan darah A serta B. Jika sel darah cenderung menempel dengan tipe B, maka Anda memiliki golongan darah B.

    Untuk memastikan hasilnya, langkah selanjutnya adalah reverse mengetik, artinya sampel darah tanpa sel darah merah yang disebut serum, dicampur dengan sel darah tipe A dan tipe B. Darah tipe A akan memiliki antibodi terhadap darah Tipe B dalam sampel dan darah tipe B akan memiliki antibodi terhadap darah Tipe A.

    2. Donor Darah

    Cara mengetahui golongan darah selanjutnya yakni dengan melakukan serangkaian tes donor darah. Cukup berbeda dengan uji klinis atas permintaan pribadi, donor darah justru cenderung memiliki kelebihan.

    Salah satunya ialah metodenya yang biasanya mudah dan tanpa mengeluarkan biaya. Sebab, ajang donor darah biasanya umum digelar di berbagai kesempatan besar. Nah, apabila Anda berminat untuk mendonorkan darah serta mengetahui golongan darah, maka cara ini bisa saja Anda tempuh.

    donor darah di gpib effatha

    ©Liputan6.com/Johan Tallo

    Saat proses donor darah, Anda tentu akan diarahkan untuk melakukan tes terlebih dahulu. Hal ini tak lain untuk menentukan kondisi tubuh sebelum Anda dinyatakan layak untuk mendonorkan darah.

    Nah, pada saat hal tersebut berlangsung, Anda dapat menanyakan kepada profesional mengenai golongan darah. Namun, biasanya darah tidak langsung diuji. Sehingga Anda kemungkinan memerlukan waktu untuk mengetahuinya.

    3. Tes Darah di Rumah

    Cara mengetahui golongan darah Anda selanjutnya yakni dengan melakukan serangkaian tes di rumah. Cara yang satu ini pun dapat disebut dengan metode cepat dan cenderung menekan biaya.

    Caranya yakni cukup seka jari Anda menggunakan tisu alkohol. Selanjutnya, profesional yang berkunjung ke kediaman Anda akan mengarahkan untuk menusuk jari dengan jarum sekali pakai guna mengambil sampel darah.

    ilustrasi suntikan

    Shutterstock/Anan Chincho 

    Selanjutnya, darah yang keluar pada jari diminta untuk diusapkan pada kartu steril yang tersedia. Tak butuh waktu lama, darah pun akan mengering, menggumpal, atau menyebar.

    Hal ini dapat dibandingkan untuk menentukan jenis golongan darah yang muncul. Selang beberapa menit, Anda dapat melihat jenis golongan darah berdasarkan tes sederhana tersebut.

    (mdk/mta)
    Geser ke atas Berita Selanjutnya

    Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
    lihat isinya

    Buka FYP
    Arti Garis Tangan Lurus, Lengkap Beserta Karakteristiknya
    Arti Garis Tangan Lurus, Lengkap Beserta Karakteristiknya

    Setiap orang memiliki garis tangan yang unik dan berbeda-beda.

    Baca Selengkapnya
    Jenis Ular Hitam dan Penjelasannya, Ada yang Memiliki Racun Mematikan
    Jenis Ular Hitam dan Penjelasannya, Ada yang Memiliki Racun Mematikan

    Ada banyak jenis ular hitam yang tersebar di berbagai lingkungan. Namun, tidak semua ular hitam ini berbahaya dan berbisa.

    Baca Selengkapnya
    13 Manfaat Daun Binahong bagi Kesehatan Tubuh & Begini Cara Mengolah yang Tepat
    13 Manfaat Daun Binahong bagi Kesehatan Tubuh & Begini Cara Mengolah yang Tepat

    Daun binahong memiliki berbagai macam manfaat yang baik bagi kesehatan. Berikut manfaat daun binahong dan cara mengolahnya yang tepat.

    Baca Selengkapnya
    Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
    video untuk kamu.
    SWIPE UP
    Untuk melanjutkan membaca.
    13 Manfaat Daun Kelor bagi Kesehatan Tubuh, Bantu Hambat Perkembangan Sel Kanker
    13 Manfaat Daun Kelor bagi Kesehatan Tubuh, Bantu Hambat Perkembangan Sel Kanker

    Berikut manfaat daun kelor yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

    Baca Selengkapnya
    Bisa Sebabkan Masalah dan Penyakit, Ketahui 8 Bagian Tubuh yang Tak Boleh Disentuh Sembarangan
    Bisa Sebabkan Masalah dan Penyakit, Ketahui 8 Bagian Tubuh yang Tak Boleh Disentuh Sembarangan

    Sejumlah bagian tubuh ternyata tidak boleh kita sentuh sembarangan, terutama dengan kondisi tangan yang belum steril.

    Baca Selengkapnya
    6 Masalah Kesehatan yang Bisa Muncul Akibat Kebiasaan Duduk Terlalu Lama
    6 Masalah Kesehatan yang Bisa Muncul Akibat Kebiasaan Duduk Terlalu Lama

    Ketahui sejumlah masalah kesehatan kesehatan yang perlu diwaspadai akibat kebiasaan duduk terlalu lama yang kita miliki.

    Baca Selengkapnya
    Fakta Orang yang Mudah Tertawa dan Jarang Diketahui, Ketahui Alasan dan Dampaknya
    Fakta Orang yang Mudah Tertawa dan Jarang Diketahui, Ketahui Alasan dan Dampaknya

    Ketahui fakta orang yang mudah tertawa berikut ini, ternyata ada alasan di baliknya.

    Baca Selengkapnya
    Ilmuwan Tiongkok Temukan Golongan Darah Tipe P, Jenis Paling Langka di Dunia
    Ilmuwan Tiongkok Temukan Golongan Darah Tipe P, Jenis Paling Langka di Dunia

    Fakta Seputar Golongan Darah Tipe P yang Ditemukan di Tiongkok, China

    Baca Selengkapnya
    8 Manfaat Daun Jarak bagi Kesehatan Tubuh Beserta Efek Sampingnya
    8 Manfaat Daun Jarak bagi Kesehatan Tubuh Beserta Efek Sampingnya

    Berikut manfaat daun jarak bagi kesehatan tubuh beserta efek sampingnya yang masih belum diketahu banyak orang.

    Baca Selengkapnya