Cara Membuat Undangan Tahlil dengan Komputer, Mudah dan Tanpa Ribet

Rabu, 28 April 2021 12:52 Reporter : Mutia Anggraini
Cara Membuat Undangan Tahlil dengan Komputer, Mudah dan Tanpa Ribet Ilustrasi menulis. ©2015 Picjumbo/Victor Hanacek

Merdeka.com - Cara membuat undangan tahlil tak sesulit yang dibayangkan. Dengan bantuan teknologi komputer, undangan acara penting berupa tahlilan tersebut dapat dibuat dengan mudah dan tak membutuhkan waktu lama.

Sesuai dengan tradisi masyarakat Jawa pada umumnya, acara tahlil umumnya digelar untuk niatan tertentu. Biasanya, acara tahlilan diselenggarakan tuan rumah dan dilakukan secara bersama-sama dengan orang terdekat hingga tetangga.

Sementara itu, undangan merupakan salah satu cara yang baik untuk mengundang para tamu untuk turut hadir ke dalam acara tahlilan. Tak hanya itu, memberikan undangan kepada pihak-pihak tertentu juga sama halnya dengan perwujudan sikap menghormati orang lain.

Lantas, bagaimana cara membuat undangan tahlil yang mudah dan singkat tersebut? Simak ulasan mengenai definisi, jenis, bagian undangan, hingga cara membuat undangan tahlil yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber berikut ini.

2 dari 5 halaman

Definisi Undangan

Undangan merupakan satu frasa dalam Bahasa Indonesia yang terdiri dari dua kata. Di antaranya yakni terdiri dari kata dasar ‘undang’ dan diberi akhiran ‘-an’ di penghujung kata. Melansir dari laman KBBI, undangan dapat diartikan sebagai hal berupa perbuatan atau cara untuk mengundang atau memberikan panggilan untuk datang.

Di dalam undangan, umumnya terdapat tiga komponen utama yang menyertainya. Pertama, yakni pihak penyelenggara atau pengundang. Untuk acara tahlilan, undangan dibuat oleh pihak yang menyelenggarakan kepentingan untuk menggelar acara tahlil.

Komponen kedua yakni pihak yang diundang. Dalam hal ini, pihak yang diundang umumnya tertera secara langsung di bagian depan undangan.

Sementara itu, komponen ketiga yakni undangan itu sendiri. Biasanya, undangan yang diberikan kepada pihak berkepentingan akan memiliki banyak bentuk. Bisa jadi berupa undangan secara langsung yang tang terbuat dari kertas ataupun undangan berbentuk digital.

3 dari 5 halaman

Jenis-jenis Undangan

cv
©US News Money

Setelah mengetahui dan memahami definisi dari undangan, ada pula jenis-jenis undangan yang harus dipahami. Cara membuat undangan tahlil yakni dengan memahami terlebih dahulu mengenai jenis-jenis undangan yang bisa dibuat. Berikut jenis-jenis undangan yang umum digunakan,

Undangan Formal

Jenis undangan yang pertama adalah undangan formal. Umumnya, jenis undangan yang satu ini banyak digunakan oleh instansi formal untuk memberikan panggilan atas pihak-pihak yang berkepentingan. Ciri-cirinya, terdapat logo dan kop surat yang menyertai undangan.

Undangan Semi Formal

Jenis undangan kedua adalah undangan yang bersifat semi formal. Undangan semi formal merupakan jenis undangan yang diselenggarakan secara personal. Namun, acara yang digelar biasanya bersifat resmi personal.


Undangan Informal

Jenis undangan yang terakhir adalah undangan informal. Undangan informal umumnya dibuat oleh perorangan dengan kepentingan privat atau golongan. Contoh dari undangan yang bersifat informal adalah undangan ulang tahun anak-anak dan lain sebagainya.

4 dari 5 halaman

Bagian-bagian Undangan

ilustrasi menulis
©Shutterstock/YURALAITS ALBERT

Secara umum, undangan memiliki bagian atau struktur yang sama. Terdapat beberapa bagian dari undangan yang perlu ada dan menjadi perhatian bagi penyelenggara acara. Beberapa bagian dari undangan tersebut antara lain sebagai berikut,

1. Kepala Surat

Umumnya, kepala surat terdiri dari beberapa bagian lagi yaitu sebagai berikut,

  • Nama organisasi
  • Alamat instansi
  • Nomor telepon penyelenggara
  • Logo instansi
  • Tanggal surat
  • Lampiran
  • Hal
  • Alamat tujuan surat

2. Isi Surat

Sementara itu, isi surat dalam undangan yakni meliputi beberapa bagian sebagai berikut, 

  • Alasan dan maksud surat
  • Hari dan tanggal acara
  • Waktu acara
  • Tempat acara
  • Acara

3. Penutup Surat

Bagian terakhir yang berupa penutup surat umumnya terdiri dari beberapa bagian sebagai berikut, 

  • Salam penutup
  • Jabatan
  • Nama
  • Nomor induk
5 dari 5 halaman

Cara Membuat Undangan Tahlil dengan Komputer

Cara membuat undangan tahlil tak sesulit yang dibayangkan. Berbekal perangkat komputer, printer, dan kertas, Anda dapat membuat undangan tahlil dalam waktu yang singkat dan efisien. Berikut caranya yang dapat dilakukan untuk membuat undangan tahlil,

  1. Cara membuat undangan tahlil yang pertama yakni dengan membuka aplikasi Microsoft Word pada perangkat PC Anda.
  2. Setelah itu, mulai dengan melihat serta memperhatikan setiap bagian undangan yang telah dijelaskan sebelumnya.
  3. Usahakan untuk memenuhi unsur dan bagian-bagian undangan secara lengkap.
  4. Setelah aplikasi Ms. Word telah terbuka, Anda dapat memulai membuat undangan dengan menuliskan kop surat.
  5. Di bagian kop surat, Anda dapat menuliskan tujuan undangan yakni sebagai undangan tahlilan 100 hari atau sebagainya.
  6. Kemudian, mulai undangan pada bagian pertama yakni salam pembuka. Pada bagian ini, Anda dapat menuliskan kalimat salam dalam abjad Bahasa Indonesia atau Bahasa Arab.
  7. Setelah itu, tulis paragraf pembuka dan sampaikan tujuan pembuatan undangan.
  8. Tak lupa, sertakan nama orang atau pihak yang telah wafat.
  9. Lalu, di bawahnya sertakan tempat dan waktu pelaksanaan acara tahlil.
  10. Terakhir, ungkapkan paragraph penutup dan diakhiri dengan salam.
  11. Untuk mempercantik undangan, Anda dapat menambahkan garis pinggir undangan. Caranya, cukup berikan border berwarna atau cukup hitam.
  12. Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam cara membuat undangan tahlil menggunakan komputer yakni mengenai font serta ukuran huruf. Pilih font yang sekiranya dapat terbaca dengan baik.
[mta]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini