Cara Mematikan STB yang Benar dan Perlu Dipahami, Biar Enggak Bikin Meledak

Senin, 5 Desember 2022 12:34 Reporter : Billy Adytya
Cara Mematikan STB yang Benar dan Perlu Dipahami, Biar Enggak Bikin Meledak Posko Bantuan STB TV Digital Gratis di Jakarta. ©2022 Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Cara mematikan STB yang benar atau Set Top Box memang perlu diketahui. Sebab, apabila cara ini tidak dilakukan bisa membuat STB cepat rusak hingga berkemungkinan buruk dapat meledak.

Ada beberapa penyebab dari Set Top Box bisa meledak. Biasanya alat ini akan mengalami overheat, atau bahkan karena kelalaian si pemilik yang lupa tidak mematikannya saat listrik telah padam.

Belum lama ini masyarakat memang dihebohkan dengan peristiwa meledaknya Set Top Box (STB). Sehingga muncul ragam pertanyaan tentang penyebab meledaknya alat tersebut.

Perlu diketahui penyebab meledaknya terbagi menjadi dua yaitu faktor eksternal di luar perangkat seperti installiasi listrik dengan grounding kurang baik atau masalah internal perangkat itu sendiri.

Itu semua mempengaruhi perangkat listrik yang ada di rumah ketika tegangan naik melebihi batas. Maka perlu adanya edukasi tentang cara mematikan STB yang benar, berikut ulasannya seperti dirangkum dari beragam sumber, Senin (5/12).

2 dari 6 halaman

Penyebab Set Top Box (STB) Meledak

Sebelum memahami cara mematikan STB yang benar, Anda perlu mengetahui apa saja penyebab atau faktor yang bisa membuatnya sampai rusak atau bahkan meledak. Ada empat faktor dan penyebab dari meledaknya STB.

Yang pertama adalah tidak dimatikan ketika listrik padam, sebab keadaan ini membuat berbagai macam barang elektronik yang menempel pada stop kontak menjadi konsleting. STB konslet tidak akan menampilkan lagi gambar dan menangkap sinyal satelit bahkan bisa sampai meledak.

Maka ini perlu dihindari dan pastikan Anda sudah mencabut kabel ketika listrik padam. Sehingga STB awet digunakan dalam jangka waktu yang lama.

3 dari 6 halaman

Berdekatan dengan Perangkat Elektronik Lain

Penyebab STB meledak selanjutnya adalah karena alat dalam posisi berdekatan dengan perangakat elektronik lainnya. Seperti diketahui jika perangkat elektronik mampu menghantarkan panas, maka ada baiknya untuk menghindarkannya dari STB.

Karena ini akan sangat mengganggu frekuensi sinyal dan membuat STB cepat mengalami kondisi panas. Ini akan membuat STB pada nantinya tidak akan awet dan cepat rusak pemakaiannya.

Sebagai pencegahan, hindarilah penyimpanan barang eletronik seperti telepon genggam dan menyimpannya di atas kulkas.

4 dari 6 halaman

TV Dinyalakan ketika STB sedang Keadaan Mati

Apabila Anda ingin keadaan STB dan tv baik-baik saja, jangan lupa menghindari penggunaan TV Digital pada saat STB sedang mati atau off. Sebab ini bisa menyebabkan kerusakan bagian dalam STB karena mengalami panas hingga berpengaruh pada perangkat.

Maka tindakan semacam ini sangat perlu dihindari dan tidak dilakukan. Sehingga pada nantinya tidak menyebabkan kerusakan lebih fatal terhadap perangkat tv digital.

Penyebab lain yang perlu diperhatikan adalah kebersihan dari perangkat STB. Jangan sekali-kali membiarkannya kotor karena debu yang bersarang akan merusaknya secara perlahan.

Kualitas Perangkat STB

Perlu dipahami jika perangkat STB memiliki harga yang beragam pula, mulai dari harga Rp150.000 hingga Rp5 juta yang pastinya mempunya kualitas dan kecanggihan berbeda. Namun adakalanya Anda berhati-hati dan tetap teliti dalam menggunakan STB.

Karena STB abal-abal bisa membuat tv Anda meledak saat dibiarkan kelamaan menonton. Maka, Anda diharuskan cermat memilih perangkat STB sebelum membeli dan menggunakannya.

5 dari 6 halaman

Cara Mematikan STB yang Benar

Apabila sudah memahami beberapa penyebab meledaknya STB, Anda bisa beralih ke cara memtikan STB yang benar. Ada dua cara yang dianjurkan untuk mematikan perangkat STB.

Cara mematikan STB yang benar pertama adalah dengan menggunakan remote. Pertama matikan STB dengan menekan tombol power dari remote, ini sangat penting agar STB mati ketika tak lagi digunakan:

1. Gunakan remote yang sudah tersedia.
2. Matikan STB melalui remote “Power”.
3. Kemudian, matikan televisi yang tak akan digunakan.
4. Tunggu hingga tampilan LCD menjadi strip.

6 dari 6 halaman

Cabut Kabel Listrik STB

Cara mematikan STB yang benar selanjutnya adalah dengan mencabut kabel listrik STB. Anda bisa mencabut kabel listrik STB dari stop kontak. Hal ini bisa membuat perangkat awet dan juga hemat listrik dan jauh dari paparan dampak buruk.

Apabila ingin bepergian jauh, Anda tidak boleh hanya mematikan tombol power dari remote saja. Tapi wajib mencabut dari listriknya pula.

1. Lakukan cara ke-1.
2. Lalu, cabut aliran kabel STB dari stop Kontak.
3. Jangan lupa untuk cabut juga colokan TV dan doongle Wifi jika ada.

[bil]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini