Cara Memakai Eyeliner Pensil Agar Tidak Luntur & Tahan Lama, Cocok untuk Pemula

Senin, 28 November 2022 09:43 Reporter : Tantiya Nimas Nuraini
Cara Memakai Eyeliner Pensil Agar Tidak Luntur & Tahan Lama, Cocok untuk Pemula Ilustrasi eyeliner. © StyleCraze

Merdeka.com - Cara memakai eyeliner pensil agar tidak luntur sebenarnya mudah dilakukan. Eyeliner merupakan salah satu kosmetik yang diperuntukkan di area kelopak mata. Penggunaan eyeliner ini bertujuan untuk membantu tampilan mata terlihat lebih besar, indah dan tegas.

Meskipun mudah dilakukan, terkadang saat mengaplikasikan eyeliner bagi beberapa orang terasa sedikit tricky. Terlebih bagi para pemula. Terkadang eyeliner yang diaplikasikan terlihat tidak rapi maupun tidak simetris antara mata kanan dan mata kiri.

Karenanya, ada baiknya bagi kalian para pemula untuk mengetahui cara memakai eyeliner pensil agar tidak luntur dan tahan lama. Saat sudah mengetahuinya, sebaiknya untuk terus mencoba agar tangan bisa semakin lihai dalam mengaplikasikan eyeliner.

Lantas bagaimana cara memakai eyeliner pensil agar tidak luntur dan tahan lama yang cocok untuk pemula? Melansir dari berbagai sumber, Senin (28/11), simak ulasan informasinya berikut ini.

2 dari 5 halaman

Jenis Eyeliner

Sebelum membahas cara memakai eyeliner pensil agar tidak luntur dan tahan lama, ada baiknya untuk mengenal jenis eyeliner. Terdapat beberapa jenis eyeliner yang perlu diketahui, di antaranya:

1. Eyeliner Pensil
Eyeliner pensil adalah jenis eyeliner yang paling populer dan dinilai paling mudah dalam mengaplikasikannya. Jenis eyeliner ini cocok digunakan bagi para pemula. Sebab, eyeliner pensil ini sangat mudah digunakan dan tidak akan meluber seperti halnya eyeliner liquid maupun jenis lainnya.

Akan tetapi, eyeliner pensil ini tidak tahan lama. Sehingga kalian harus sering kali mempertebal kembali eyeliner di area kelopak mata. Terutama jika kalian sibuk seharian. Bukan hanya itu, kalian juga harus membeli rautannya sekaligus saat membeli eyeliner pensil.

Sebaiknya untuk meraut eyeliner pensil setiap kali hendak digunakan. Tujuannya adalah agar terhindar dari bakteri yang bisa saja menempel ketika pemakaian sebelumnya. Namun perlu diingat, jangan terlalu runcing seperti meraut pensil untuk menulis. Hal ini karena bisa membuat kulit mata terluka karena ketajamannya.

3 dari 5 halaman

2. Liquid Eyeliner

Jenis eyeliner ini biasanya dikemas dalam botol kecil dengan tuas yang tipis dan runcing. Liquid eyeliner umumnya berwarna lebih gelap atau pekat. Eyeliner ini juga lebih tahan lama dibandingkan dengan liquid pensil. Cara memakai liquid eyeliner ini lebih rumit karena dapat meluber dan membutuhkan waktu untuk kering.

3. Liquid Pen Eyeliner
Jenis eyeliner ini mudah diaplikasikan dan sangat praktis. Liquid pen eyeliner ini dikemas menjadi satu antara kuas dan cairannya. Sehingga kalian hanya perlu menggunakannya seperti spidol. Eyeliner liquid pen ini pun bisa digunakan di acara apapun. Hal ini karena warna eyeliner yang cukup pekat serta mampu memberikan efek dramatis pada mata.  

4. Gel Eyeliner
Eyeliner jenis ini biasanya dikemas dalam sebuah pot kecil dan bertekstur cukup kental. Warna yang dihasilkan eyeliner ini juga sangat pekat sehingga sering kali digunakan untuk riasan mata saat menghadiri acara formal atau pesta.

Cara memakainya pun tidak terlalu sulit, hanya saja kalian memerlukan kuas dan perawatan khusus. Kuas yang digunakan juga harus tipis dan runcing supaya mudah diaplikasikan. Setelah digunakan, kuas harus segera dibersihkan agar terhindar dari gel yang mengering. Jika dibiarkan, akan membuat kuas tidak bisa digunakan kembali dengan maksimal.

4 dari 5 halaman

Cara Memakai Eyeliner Pensil Agar Tidak Luntur

Adapun cara memakai eyeliner pensil agar tidak luntur dan tahan lama adalah sebagai berikut:

1. Aplikasikan bentuk eyeliner yang cocok dengan bentuk mata
Karena bentuk mata setiap orang berbeda-beda, ada baiknya untuk mengenali bentuk mata kalian masing-masing. Tujuannya adalah saat hendak mengaplikasikan eyeliner, kalian sudah mengetahui bentuk eyeliner yang cocok dengan bentuk mata.

2. Gunakan eyeliner pensil bagi para pemula
Bagi kalian yang baru saja terjun di dunia makeup, sebaiknya menggunakan eyeliner pensil. Penggunaan eyeliner pensil ini lebih mudah bagi para pemula. Selain itu juga, eyeliner ini tidak akan meluber sehingga mudah diaplikasikan.

3. Cara memakai eyeliner pensil agar tidak luntur dengan posisi benar
Coba untuk mengaplikasikan eyeliner dengan posisi duduk dan letakkan tangan pada meja yang stabil. Tujuannya agar tangan tidak bergoyang dan meminimalisir kesalahan yang tidak diinginkan.

5 dari 5 halaman

Cara Memakai Eyeliner Pensil Agar Tidak Luntur & Tahan Lama

4. Dongakkan kepala sedikit saat mengaplikasikan eyeliner
Saat mengaplikasikan eyeliner, dongakkan kepala sedikit ke atas agar bisa melihat garis mata dengan lebih jelas. Cara ini sebagai salah satu pilihan lain agar tidak menarik ujung mata saat mengaplikasikan. Jangan menarik ujung mata, karena bagian tersebut sangat sensitif dan justru dapat mempercepat proses penuaan pada kulit.

5. Buat titik atau garis
Kalian bisa membuat titik-titik atau garis-garis pada kelopak mata sebelum akhirnya ditebalkan. Hal ini agar menghindari ketebalan yang berbeda.

6. Aplikasikan eyeliner ke satu arah dan sekali usap
Agar ketebalan merata, sebaiknya aplikasikan eyeliner dengan sekali usap. Aplikasikan eyeliner dari ujung ke ujung hanya dengan sekali usap setelah membuat titik-titik atau garis-garis. Dengan begitu nantinya ketebalan eyeliner akan merata.

7. Aplikasikan lagi sampai mencapai ketebalan yang diinginkan
Jika dirasa kurang tebal, kalian bisa mengaplikasikan kembali eyeliner dari ujung-ujung. Ingat, dari ujung-ke ujung, jangan dari tengah-tengah.

[tan]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini