Apa Manfaat Olahraga Bagi Tubuh? Ternyata Bisa Menyehatkan Kulit

Senin, 12 April 2021 12:15 Reporter : Mutia Anggraini
Apa Manfaat Olahraga Bagi Tubuh? Ternyata Bisa Menyehatkan Kulit Ilustrasi olahraga. ©Shutterstock/Andresr

Merdeka.com - Apa manfaat olahraga bagi tubuh. Banyak yang seolah mengerti tentang jawabannya, namun tak memahami apa manfaat olahraga bagi tubuh secara lengkap dan sempurna. Bagi sebagian besar orang, olahraga dilakukan dengan tujuan untuk sebatas menjaga kebugaran tubuh.

Rupanya, ada banyak manfaat dari tubuh yang seringkali berolahraga. Hal ini dapat menunjang kita untuk hidup sehat dan bersih. Tentu saja jika diimbangi dengan asupan makanan yang sehat pula.

Terdapat banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan untuk menjaga kebugaran tubuh. Dari mulai olahraga ringan hingga berat seperti stretching, jogging, lari, renang, sepak bola, basket, atau berbagai cabang atletik lainnya.

Untuk mendapatkan manfaatnya, sebaiknya jenis olahraga pilihan Anda tersebut dilakukan secara rutin dalam durasi waktu yang cukup. Membuat jadwal olahraga bagi Anda sendiri merupakan langkah yang tepat untuk meluangkan waktu.

Nah, lantas apa manfaat olahraga bagi tubuh itu? Simak ulasan selengkapnya berikut ini, dirangkum dari berbagai sumber.

2 dari 6 halaman

Menurunkan Berat Badan

Bagi para penderita obesitas, berolahraga bisa menjadi solusi yang tepat untuk menurunkan berat badan secara signifikan. Meski membutuhkan waktu yang tak singkat, namun berolahraga dapat menunjukkan hasil yang maksimal jika dilakukan dengan konsisten.

magang
©2018 Liputan6.com

Dilansir dari healthline, berolahraga mampu meningkatkan proses metabolisme di dalam tubuh untuk membakar kalori dan lemak berlebih. Dengan begitu, berat badan pun akan mudah terkontrol.

3 dari 6 halaman

Meningkatkan Hormon Kebahagiaan

Lalu, apa manfaat olahraga bagi tubuh yang berikutnya? Manfaat lainnya yakni mampu meningkatkan kebahagiaan dan semangat untuk menjalani berbagai rutinitas sehari-hari. Melakukan serangkaian aktivitas fisik terbukti mampu mengurangi hormon penyebab cemas, stres, dan depresi.

Di sisi lain, hormon serotonin, endorphin, dan birepinefrin justru dihasilkan dari rutinnya berolahraga. Untuk itu, ada baiknya bagi Anda untuk segera mengambil waktu terbaik di sela-sela aktivitas untuk berolahraga dan merasa bahagia.

ilustrasi olahraga
mensjournal.com

Menjaga Kesehatan Tulang dan Otot

Siering berjalannya waktu, kepadatan tulang dan kesehatan otot akan berkurang. Untuk menjaga kesehatan tulang dan otot, Anda tetap harus beraktivitas fisik dengan menjalankan jenis olahraga yang tepat.

Melakukan olahraga dengan intensitas ringan hingga sedang disebut justru mampu memperlambat proses tubuh untuk kehilangan masa tulang dan otot. Untuk itu, semakin bertambahnya usia ada baiknya untuk memilih jenis olahraga yang tepat bagi tubuh.

4 dari 6 halaman

Menjaga Kesehatan Otak

Apa manfaat olahraga bagi tubuh berikutnya? Menjaga kesehatan otak merupakan salah satu manfaat yang dapat diperoleh jika berolahraga secara teratur dan intens. Olahraga disebut akan meningkatkan fungsi otak hingga meningkatkan kinerja memori untuk merekam berbagai hal penting.

Saat berolahraga, detak jantung akan meningkat dan melancarkan aliran darah ke oksigen. Otak yang kaya dengan oksigen akan dapat berfungsi secara maksimal.

012 tantri setyorini
©2018 Merdeka.com/Free Images

Meningkatkan Kualitas Tidur

Olahraga teratur disebut mampu meningkatkan kinerja otak hingga membuatnya lebih rileks. Hal ini secara signifikan akan berpengaruh terhadap kualitas tidur yang dimiliki oleh seseorang usai berolahraga secara rutin.

Maka dari itu, melakukan olahraga merupakan terapi yang tepat dan dianjurkan bagi mereka para penderita insomnia atau kesulitan tidur. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah untuk menghindari berolahraga saat menjelang waktu istirahat di malam hari.

5 dari 6 halaman

Meningkatkan Kualitas Saat Berhubungan Intim

Lantas, apa manfaat olahraga bagi tubuh yang lainnya? Kehidupan rumah tangga dari pasangan suami istri pun menjadi berpengaruh dan lebih harmonis bila keduanya rutin berolahraga. Baik dilakukan masing-masing atau bersamaan.

Berolahraga dalam intensitas yang cukup akan meningkatkan gairah saat berhubungan intim. Selain itu, tubuh yang seringkali terbiasa beraktivitas fisik akan mampu beradaptasi saat melakukan hubungan intim dalam jangka waktu yang lama.

ilustrasi olahraga
blog.ochsner.org

Mencegah Risiko Penyakit Kronis

Apa manfaat olahraga bagi tubuh yang selanjutnya? Olahraga ternyata juga mampu mencegah berbagai risiko penyakit kronis seperti serangan jantung, diabetes, hipertensi, hingga kanker.

Olahraga ringan yang dilakukan secara rutin diketahui mampu meningkatkan hormon insulin, menjaga otot jantung dan kardiovaskular, hingga aliran darah. Tubuh akan terasa lebih ringan dan sehat jika diimbangi pula dengan asupan nutrisi yang sempurna.

6 dari 6 halaman

Meningkatkan Stamina

Apa manfaat olahraga bagi tubuh? Salah satunya mampu meningkatkan stamina dan energi bagi tubuh untuk melakukan berbagai kegiatan.

Salah satu studi mengungkapkan, olahraga yang dilakukan secara teratur selama lebih dari enam minggu dapat mengurangi rasa Lelah bagi 36 orang sehat.

ilustrasi olahraga
yurielkaim.com

Menjaga Kesehatan Kulit

Apa manfaat olahraga bagi tubuh? Yang terakhir, rupanya olahraga mampu menjaga kesehatan kulit dari berbagai gangguan. Kulit manusia diketahui secara signifikan dipengaruhi oleh kadar stres oksidatif tubuh.

Saat kandungan tersebut meningkat, maka kulit pun akan terlihat kusam hingga mudah terjadi berbagai penyakit. Saat stres di dalam tubuh dapat dikelola dengan berolahraga, maka kesehatan kulit pun juga dapat terjaga.

[mta]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini