Ada 'Pedang' Raksasa Menancap di Atas Bukit, Lokasinya Tempat Latihan Kopassus

Kamis, 24 November 2022 09:57 Reporter : Billy Adytya
Ada 'Pedang' Raksasa Menancap di Atas Bukit, Lokasinya Tempat Latihan Kopassus Ada 'Pedang' Raksasa Menancap di Atas Bukit, Lokasinya Tempat Latihan Kopassus. Youtube/Yer Tan©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Sebuah 'pedang' raksasa belum lama ini mengundang perhatian masyarakat. 'Pedang' tersebut ada dalam posisi menancap di atas bukit dan terletak di Bandung Barat.

Menariknya benda ini berlokasi di tempat latihan Komando Pasukan Khusus (Kopassus). Usut punya usut, 'pedang' ini juga mempunyai asal-usul dijadikan tanda tempat latihan dari Kopassus.

Simak ulasan selengkapnya seperti dilansir dari sebuah video viral berikut ini, Kamis (24/11).

2 dari 5 halaman

Ternyata Batu Beton Raksasa Bentuk Pedang

Pedang tersebut ternyata bukanlah pedang sesungguhnya, melainkan sebuah batu beton yang dibentuk menyerupai pedang. Lokasinya tertancap di bukit Manik Citatah, Bandung Barat.

Seperti dijelaskan dalam tayangan unggahan saluran Youtube Yer Tan pedang ini berukuran kurang lebih tiga sampai empat meter.

ada 039pedang039 raksasa menancap di atas bukit lokasinya tempat latihan kopassus
Youtube/Yer Tan©2022 Merdeka.com

"Nih teman-teman ternyata ini tembok yah. Tembok yang dibentuk pedang benar-benar menancap ini tuh. Ini benar-benar raksasa tingginya sekitar tiga sampai empat meter lah," ungkap pria perekam video.

3 dari 5 halaman

Dibuat Oleh Kopassus sebagai Tanda Tempat Latihan

Seperti dijelaskan pada keterangan video, ternyata beton raksasa berbentuk pedang ini memang dibangun oleh tim Kopassus. Berbentuk pedang yang menancap di atas bukit, beton tersebut dibangun sejak tahun 2004 lalu.

Bukan tanpa alasan, ternyata pedang raksasa ini memang dibuat sebagai tanda di mana lokasi sekitarnya merupakan tempat latihan panjat tebing Kopassus. Sebelumnya sempat beredar mitos dari asal-usul 'pedang' tersebut yang menyebut bahwa kemunculannya turun langsung dari langit dan menancap di atas bukit.

ada 039pedang039 raksasa menancap di atas bukit lokasinya tempat latihan kopassus
Youtube/Yer Tan©2022 Merdeka.com

Namun semua cerita yang beredar di masyarakat itu ternyata tidaklah benar adanya.

4 dari 5 halaman

Nyala Disaat Malam Hari

Disebutkan pula jika sebelumnya beredar cerita mitos masyarakat turunnya pedang tersebut bebarengan dengan terjadinya bencana Tsunami di Aceh. Namun itu semua tidak benar.

Perlu diketahui pedang raksasa itu juga akan menyala di malam hari karena di sekitarnya telah diberi lampu hiasan.

"Turun dari langit katanya, menancap di bukit Manik ini bebarengan dengan Tsunami Aceh dan gempa di Jawa Barat, nah itu mitosnya yang ada di masyarakat dan ternyata salah, hoax," ujar pria perekam video.

ada 039pedang039 raksasa menancap di atas bukit lokasinya tempat latihan kopassus
Youtube/Yer Tan©2022 Merdeka.com

"Terus ada yang bilang kalau malam pedang ini nyala katanya. Kenyataannya memang benar, karena di sini ada lampu. Jadi kalau malam itu nyala ini ada cahaya di sini beneran karena ada lampu hahaha," imbuh dia.

5 dari 5 halaman

Video Lengkap

Penampakan 'pedang' raksasa menancap di atas bukit Manik, Bandung Barat ini terekam dalam sebuah video yang diambil langsung oleh seorang Youtuber.

Berikut adalah video selengkapnya yang bisa disaksikan.

 

[bil]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini