6 Tips Agar Mobil Matic Irit Bensin

Rabu, 27 November 2019 16:49 Reporter : Billy Adytya
6 Tips Agar Mobil Matic Irit Bensin Ilustrasi mobil matic. © autoguide.com

Merdeka.com - Bagi Anda pengguna mobil matic pasti sangat ingin mengetahui tips agar tetap irit bahan bakar. Memang banyak orang yang beranggapan bahwa mobil matic akan lebih banyak menyerap bahan bakar sehingga membuatnya lebih boros daripada mobil manual.

Hal ini memang terbukti, karena komponen alat yang terdapat pada mobil matic yaitu Torque Converter mengubah torsi menjadi tenaga untuk disalurkan ke roda sehingga dapat bergerak.

Transmisi otomatis itu akan mulai beroperasi ketika RPM nya lebih tinggi dari transmisi manual, jadi dapat membuat mobil matic bergerak dan melaju dengan membakar bahan bakar lebih banyak dari pada mobil manual.

Seiring dengan berkembangnya zaman, kini barang-barang dengan spesifikasi automatic semakin banyak digandrungi oleh masyarakat karena teknik pengoperasiannya lebih mudah dan praktis. Salah satunya adalah mobil matic.

Setelah memutuskan untuk menggunakan mobil matic mungkin Anda akan merasa kurang nyaman perihal bahan bakarnya yang terhitung boros. Namun ternyata ada beberapa cara agar membuat mobil matic Anda tidak boros bahan bakar.

Berikut rangkuman merdeka.com tentang tips agar mobil matic irit bensin yang sudah dirangkum dari beberapa sumber:

1 dari 6 halaman

Perhatikan RPM atau Putaran Mesin

Inilah tips paling jitu untuk menjaga mobil matic Anda tetap irit bahan bakar. Ya, dengan cara memperhatikan putaran mesin atau RPM. Pada umumnya, konsumsi bahan bakar yang efektif dan juga tenaga yang dihasilkan sekitar 2.500 hingga 3.000 RPM.

2 dari 6 halaman

Hindari Penggunaan Idling yang Terlalu Lama

Tips selanjutnya untuk menjaga mobil Anda tetap irit bahan bakar adalah menghindari penggunaan idling yang terlalu lama. Ketika Anda ada di posisi netral atau diam dan mesin dalam keadaan hidup, maka mesin tetap akan bekerja sehingga membutuhkan bahan bakar. Maka dari itu sangat disarankan jika sedang ada dalam posisi diam atau netral sebaiknya Anda mematikan mesin mobil Anda.

3 dari 6 halaman

Jangan Berkendara dengan Agresif

Dalam mengendara Anda harus tetap menjaga ketenangan pikiran dan emosi Anda. Karena ketika Anda tidak dapat mengontrol emosi, maka Anda akan menyetir mobil dengan agresif.

Sehingga dalam mengendara Anda tidak dalam keadaan santai. Anda perlu menerapkan eco driving, karena dengan begitu Anda akan dapat mengirit biaya untuk bahan bakar, tidak hanya itu Anda juga akan terbebas dari risiko kecelakaan saat berkendara.

4 dari 6 halaman

Menggunakan AC Seperlunya

Jika ingin mobil Anda tetap irit ternyata harus memperhatikan penggunaan AC. Ternyata pendingin ruangan ini juga memiliki pengaruh pada bahan bakar mobil Anda. Jadi usahakan Anda untuk menggunakannya seperlunya saja. Pastikan Anda mengaturnya dalam suhu seminimal mungkin untuk mencegah borosnya bensin.

5 dari 6 halaman

Tidak Menginjak Gas Secara Berlebih di Tanjakan

Tips selanjutnya agar mobil matic Anda irit bahan bakar adalah jangan menginjak gas secara berlebih ketika ada di tanjakan maupun ketika menyalip kendaraan lain. Cara ini merupakan kunci, dengan menginjak gas dan konstan akan dapat membuat konsumsi bahan bakar yang normal pada mobil matic Anda.

6 dari 6 halaman

Jangan Mengangkut Penumpang dengan Kapasitas Berlebih

Tidak hanya penumpang saja, namun kelebihan kapasitas apapun termasuk barang yang dibawa akan membuat tenaga mesin menjadi berat. Meminimalisir muatan yang berlebih akan sangat baik dilakukan untuk membuat mesin tidak mengeluarkan tenaga lebih sehingga dapat membakar bensin lebih banyak.

Itulah rangkuman informasi agar mobil matic Anda tetap irit bahan bakar yang bisa Anda perhatikan dan lakukan mulai sekarang. Selamat mencoba.

[bil]
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini