4 Negara yang Lockdown dan Tetap Buka Saat Nataru, Cegah Kenaikan Covid-19

Kamis, 25 November 2021 17:25 Reporter : Kurnia Azizah
4 Negara yang Lockdown dan Tetap Buka Saat Nataru, Cegah Kenaikan Covid-19 ilustrasi bandara. ©2014 Merdeka.com/Shutterstock/NicoElNino

Merdeka.com - Libur panjang akhir tahun identik untuk merayakan Natal dan Tahun Baru (Nataru). Meski begitu, selama pandemi Covid-19 masih terbilang belum aman. Masyarakat diimbau untuk tetap mengurangi mobilitas.

Sejumlah negara bahkan sengaja melakukan penutupan atau mematikan kehidupan publik di akhir tahun. Demi mencegah gelombang kasus terinfeksi dari para pelancong.

Bagi Anda yang ingin tetap bertahan di rumah, sebaiknya manfaatkan waktu dengan kegiatan lain supaya tidak bosan. Namun bagi Anda yang ingin tetap pergi melancong ke luar negeri, pastikan untuk menentukan negara tujuan dengan tepat. Berikut daftarnya, seperti dikutip dari weforum.

Lockdown Saat Libur Nataru

1. Austria

Negara yang diketahui akan tutup atau lockdown adalah Austria. Ini menjadi sekira keempat kalinya mereka melakukan penutupan diri. Austria menjadi negara Eropa barat pertama yang menerapkan kembali sistem lockdown.

Peraturan yang diterapkan di negara ini mirip dengan yang sebelumnya. Namun ada kelonggaran aturan bagi penduduk setempat. Terutama sejak pertama kali diperkenalkan vaksin dan tersedia secara luas di banyak kota.

Sebagian besar fasilitas umum, seperti kafe, bar, restoran, toko non-esensial, teater, dan salon kemungkinan akan diminta tutup selama 10 hari atau mungkin sebanyak 20 hari, kata pemerintah.

2. Jerman

Semenjak Austria mengumumkan akan melakukan tindakan lockdown, Jerman disinyalir akan mempertimbangkan untuk mengikutinya. Apalagi mengingat adanya peningkatan kecemasan atas dampak lonjakan infeksi COVID-19 di Eropa.

3. Belanda

Terjadi peningkatan sekira 33 persen di bulan November 2021. Sehingga pengetatan dan fasilitas umum kembali digalakkan. Bahkan masyarakat disarankan untuk bekerja di rumah.

Negara yang Mulai Melonggarkan

1. Singapura

Negeri Singa kini mulai melonggarkan beberapa pembatasan sosial. Yang sebelumnya terbilang ketat demi menahan penyebaran Covid-19. Setelah sempat mengalami angka stabil, tanpa lonjakan.

2. Australia

Bagi Anda yang hendak melancong, negara Australia akan mengizinkan masuk bagi pemegang visa yang memenuhi syarat. Aturan ini akan digalakkan pada 1 Desember, dengan syarat di vaksinasi penuh di negara asal.

Meski begitu, pastikan untuk tetap selalu menjaga disiplin 5M, yakni mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, dan menjauhi kerumunan. [kur]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini